TUGAS PRAKTIKUM DESAIN GAMBAR

TUGAS PRAKTIKUM DESAIN GAMBAR
February 14, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : NAGOYA LISTIANA DEWI

KELAS : 14 TEL 01

NIM : 14150027

Kata pengantar
PENDAHULUAN
Assalamua’laikum wr . wb
Segala puji bagi allah alhamdulillah wasyukurillah saya panjatkan rasa syukur kehadirat allah swt atas berkat, rahmat, karunia dan hidayah-nya, saya dapat menyelesaikan tugas ini. Saya menyadari semuanya bahwa apa yang di sajikan dalam tugas ini mungkin masih terdapat kekurangan, oleh sebab itu saya mengharapkan saran dan keritikan yang sifatnya membangun dan bermanfaat bagi saya untuk bisa lebih baik.
Dalam modul laporan ini saya akan menuliskan kesan, saran dan kesimpulan saya selama praktek desain gambar. Karena pembelajaran yang saya dapatkan, lebih terutama memperaktikan langsung agar dapat mengetahui, dengan begitu saya akan mudah mengerti dan memahami.

Kesan
Pelajaran desain gambar ini sangat menarik dan sangat di butuhkan sekali tentunya. Saya sangat senang dalam praktek tersebut. saya menjadi mengerti cara menggambar desain untuk sistem telekomunikasi, sangat membantu untuk pembelajaran yang di ajarkan dosen kepada saya. Karena pembelajarannya menyangkut yang di ajarkan, jadi saya dapat mengerti lebih dalam. Selain sistem dan arti dari telekomunikasi, saya pun mengerti cara menggambar bagan sistemnya.
Cara mengoperasikan aplikasi ini yaitu dengan cara kita harus memberi perintah yang berupa singkatan” dari perintah tersebut, misalnya :
1. COPY (meng-Copy/menggandakan obyek)
Command: CO
2. ERASE (menghapus obyek)
Command: E
3. LINE (membuag garis linear)
Command: L
4. POLYLINE (membuat garis secara integritas)
Command: PL
5. MOVE (memindah dan menggeser obyek)
Command: M
6. FILLET (memotong garis 2 arah sehingga membentuk sudut/radius)
Command: F
7. ROTATE (memutar obyek dengan sudut radius tertentu)
Command: RO
8. MIRROR (menduplikat obyek sehingga obyek berlawanan arah)
Command: MI
9. ARRAY (menggandakan obyek sejajar baris vertikal atau horisontal atau radius)
Command: AR
10. TRIM (memotong garis secara parsial dalam)
Command: TR
11. OFFSET (membuat garis konsentrik sejajar obyek secara paralel)
Command: O
12. JOIN (menyambung 2 garis sejajar)
Command: J
13. EXTEND (memanjangkan garis hingga ke tepi entiti lainnya)
Command: EX
14. EXPLODE (memecah obyek block/polygon menjadi per garis entiti)
Command: X
Itu semua merupakan perintah dasar yang gue pelajarin saat praktikum kemaren dan masih banyak perintah” lain yang bisa digunakan untuk menggunakan/mengoperasikan AutoCAD tersebut.
Saran
Fasilitas yang lengkap yang sangat membantu kami belajar, tentunya dari dosen pengajarpun harus lebih mengontrol mahasiswanya terutama saat praktek. Karena fasilitas bagus pun tak akan bisa membantu kami mengerti tanpa ada ajaran, bimbingan dan arahan dari dosen pengajar. Karena jujur arahan saat praktik sangat di perlukan, karna takut terjadi kesalahan dalam membuat pola-pola dan menulis rumus saat praktik. Saya harap dosen pun lebih memperhatikan dan mengarahkan kami, bila perlu penambahan dosen saat praktek. Jadi bisa ada yang menerangkan dan bisa ada yang mengontrol saat praktik berlangsung.

KESIMPULAN
Setelah selesai pembelajaran, saya ucapakan Terimakasi kepada selaku dosen yang mengajarkan praktik desain ini sehingga sampai kami mengerti. Saya berharap dengan adanya praktik- praktik yang kami lakukan dapat membantu kami dalam pembelajaran langsung nantinya. Mungkin cukup sekian yang dapat saya tuliskan mengenai praktek yang saya dan kawan-kawan lakuakan. Kurang lebihnya saya mohon maaf, apabila dalam penulisan atau dalam kata-kata yang saya ucapkan kurang berkenang. Terimakasih sekali lagi saya ucapkan.
Was’salamualaikum

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *