PRAKTIKUM BENGKEL GAMBAR TEKNIK

PRAKTIKUM BENGKEL GAMBAR TEKNIK
February 16, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : BAYU ARI WIBOWO
Kelas : 14 TEL 02
NIM : 14150070

BAB I
1.1 Kata Pengantar

Assallamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillah, banyak nikmat yang ALLAH berikan kepada kita semua tentunya, yang mana nikmat tersebut tak akan bisa ternilaikan harganya, sehat jasmani rohani dan segala nikmat yang kita terima. Sehingga rasa syukur beribu rasa syukur sangatlah pantas untuk kita ucapkan pada setiap saat. Dan kesehatan yang sangat luar biasa ini juga saya ingin gunakan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen “Bpk Santo” untuk menyelesaikan langkah langkah dalam proses perkuliahan ini, yaitu “Menceritakan Kesan dan pesan selama Praktikum Bengkel Gambar Tekhnik”.

1.2 Tujuan
Menyelesaikan tugas Praktikum Bengkel Gambar Teknik,

BAB II
2.1 Kesan Praktikum

Pertama saya berterimakasih atas diadakannya Pratikum ini, dan berterikasih kepada Bapak SANTO selaku dosen. Karena dengan pratikum ini saya dapat mengenal dan mempelajari salah satu aplikasi edit gambar yang membuat saya tertarik untuk mempelajarinya lebih jauh lagi. Sebenarnya dengan diadakannya pratikum ini saya lebih merasa senang bila dilaksanakannya tidak disaat masa liburan yang sangat singkat menurut saya. Kenapa singkat? Ya,singkatkarena masih terpotong dengan pengurusan daftar ulang dan perwalian yang tidak bisa ditentukan kepastiannya…alhasil berlibur bolak balik kampus yang saya dapatkan. Walau seperti itu,saya tetap senang karena bisa mempelajari aplikasi ini.
Praktikum ini dilakukan dengan software “AutoCad”. Bapak SANTO pun menjelaskan apa yang akan saya lakukan dengan AutoCad ini.
Dimulai dengan kode-kode yang kami pelajari seperti :
o L Line (membuat garis)
o Co Copy (mengcopy)
o M Move (memindahkan posisi objek)
o RO Rotate (memutar gambar)
o O Offset (menciptakan suatu gambar yang sejajar)
o PL Pline (membuat garis menyatu)
o POL Polygon (membuat gambar segi banyak)
o A ARC (membuat garis melingkar)
o C Circle (membuat lingkaran)
o SPL Spline (membuat garis melengkung)
o EL Elipse (membuat elipse)
o REC Rectangle (membuat kotak persegi)

Ada banyak lagi yang bisa dipelajari dengan aplikasi AutoCad ini, dan saya juga melakukan latihan dan tugas yang diberikan oleh Pak Santo. Beberapa modul saya kerjakan dengan mudah, dan saya juga membantu apabila ada beberapa teman yang tidak mengerti tentang perintah-perintah yang diberikan oleh Pak Santo. Jia ingin lancar maka dengarkan intruksi yang diberikan, maka Insyaallah akan dimudahkan
Praktikum yang saya lakukan kurang lebih 5 jam, dan diberikan waktu istirahat selama 1 jam untuk , dari praktikum ini membuahkan hasil yang baik. Saya jadi lebih mengerti dan paham tentang kode-kode yang ada di AutoCad, dan bisa mengajari teman teman yang belum paham tentang kode aplikasi ini.

BAB III
3.1 Kesimpulan

Autocad adalah sebuah aplikasi yang sering digunakan di bidang perancangan bangunan maupun alat-alat Industri. Dimana aplikasi isi memerlukan ketelitian dan keakuratan yang sangat tinggi. Mungkin didunia telekomunikasi aplikasi ini lebih dimanfaat untuk merancang tower pemancar atau alat pemancar l;ainnya. Praktikum ini sangat berguna, mungkin tidak untuk sekarang, tetapi untuk nanti berguna dalam dunia kerja.

3.2 Saran
Sedikit saran dari saya untuk pratikum kemarin, setidaknya jika akan diadakan pratikum yang memerlukan aplikasi yang memerlukan spesifikasi komputer khusus mohon untuk menyediakan PC/Komputer dari kampus sendiri. Karena laptop dengan spesifikasi yg tidak memadai akan menghambat kegiatan pratikum ini.
Saran untuk Bapak dosen agar lebih aktif dalam mengecek mahasiswa/i saat melakukan pratikum, agar tahu mana yang tidak bisa dan malu bertanya dengan yang sudah bisa mengikuti
Saran untuk seluruh mahasiswa/i untuk lebih giat belajarnya, jika tidak paham atau tertinggal dengan intruksi yang diberikan oleh Bapak Dosen diharapkan jangan malu bertanya.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *