Pengalaman Praktikum “Gambar Bengkel Teknik”

Pengalaman Praktikum “Gambar Bengkel Teknik”
February 13, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : ANANDA ESA PUTRA SUNARTO

KELAS : 14 TEL – 02

NIM : 14150063

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Kata Pengantar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah, Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga saya dapat menyelesaikan tulisan “Menceritakan Kesan dan Kesimpulan selama Praktikum Bengkel Gambar Teknik”.

Dalam penyusunannya, saya memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: dosen khususnya Bapak Santo yang membimbing saya dalam menyelesaikan Praktikum Bengkel Gambar Teknik dan serta teman-teman yang turut membantu. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.

Meskipun saya berharap isi dari tulisan ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar tulisan ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata saya berharap agar tulisan ini bermanfaat bagi semua pembaca.

1.2 Tujuan

Memenuhi kewajiban mengerjakan tugas dan memenuhi nilai tugas Praktikum Bengkel Gambar Teknik.

BAB II

ISI

2.1 Kesan Praktikum

Pada tulisan sebelumnya saya telah menceritakan pengalaman praktikum sebelumnya yaitu Praktikum Dasar Komputer dimana dosen pembimbingnya yaitu Bapak Ma’ruf, dan kali ini saya akan menceritakan pengalaman/kesan selama praktikum Bengkel Gambar Teknik dimana dosen pembimbingnya yaitu Bapak Santo. Pake bahasa sehari – hari ajalah ceritanya biar ga keliatan sok intelek wkwkw, lanjut……

Praktikum ini sejujurnya unik. Kenapa dibilang unik? Soalnya bayangin aja gimana gak unik, lagi asik – asik liburan tiba – tiba dapet LINE dari grup angkatan, (walaupun agak lupa tapi inti pesan/LINEnya gini nih “Besok kita praktikum ya untuk angkatan 14” tercengang lah semuanya seketika ketika denger kabar kaya gini.

Ada yang sampe protes lah kenapa liburan selalu terusik sama kaya beginian tapi ada juga yang no comment. Apalagi banyak temen temen saya yang lagi pulang kampung lah ada juga yang lagi liburan enak keluar kota bahkan keluar negeri (ya keleus).

Hari praktikum pun tiba, saya bersama dengan beberapa onggok temen temen dateng ke kampus dengan mood yang campur aduk. Soalnya kita kesana juga dengan suasana masih liburan. Tapi untungnya saya sendiri sih ga ada rasa yang males sih soalnya liburan juga ga kemana mana dan apalagi saya termasuk orang rajin lah (fitnah) wkwkwk. Awalnya saya menyangka yang membimbing itu Bapak Ma’ruf, soalnya yang ngabarin ke kita buat praktikum itu ya dia eh ternyata bukan dia tapi Bapak Santo.

Lama juga nunggu Bapak Santo dan kepastian bakal jadi praktikum atau enggak, awalnya akhirnya Bapak Santo pun dateng dan ada kepastian kalo kita praktikum hari ini juga(alhamdulillah jadi ga sia sia dah dateng ke kampus).

Praktikum kali ini mahasiswa diwajibin membawa laptop masing – masing, dan menginstall software AutoCAD. AutoCAD sendiri merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan sistem CAD. Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam bidang desain grafis, arsitektur, teknik sipil, mekanikal engineering dan berbagai bidang lainnya yang berhubungan dengan penciptaan gambar tertentu. Dengan perangkat lunak ini, maka lebih mudah dalam menghasilkan model yang tepat, guna memenuhi kebutuhan khusus. Karena gambar bisa dibuat menyerupai bentuk aslinya, dengan ukuran yang disesuaikan.

Cara mengoperasikan aplikasi ini yaitu dengan cara kita harus memberi perintah yang berupa singkatan” dari perintah tersebut, misalnya :

  1. COPY (meng-Copy/menggandakan obyek)

Command: CO

  1. ERASE (menghapus obyek)

Command: E

  1. LINE (membuag garis linear)

Command: L

  1. POLYLINE (membuat garis secara integritas)

Command: PL

  1. MOVE (memindah dan menggeser obyek)

Command: M

  1. FILLET (memotong garis 2 arah sehingga membentuk sudut/radius)

Command: F

  1. ROTATE (memutar obyek dengan sudut radius tertentu)

Command: RO

  1. MIRROR (menduplikat obyek sehingga obyek berlawanan arah)

Command: MI

  1. ARRAY (menggandakan obyek sejajar baris vertikal atau horisontal atau radius)

Command: AR

  1. TRIM (memotong garis secara parsial dalam)

Command: TR

  1. OFFSET (membuat garis konsentrik sejajar obyek secara paralel)

Command: O

  1. JOIN (menyambung 2 garis sejajar)

Command: J

  1. EXTEND (memanjangkan garis hingga ke tepi entiti lainnya)

Command: EX

  1. EXPLODE (memecah obyek block/polygon menjadi per garis entiti)

Command: X

Perintah – perintah diatas merupakan dasar yang Bapak Santo ajarkan dalam menggunakan software AutoCAD dan membuat gambar teknik dengan menggunakan software AutoCAD.

Selesai Praktikum saya udah rasa “waduh gawat nih praktikumnya aja kaya gini suruh buat gambar – gambar gini gimana nanti laporan nih, mana gak ada modul”. Tapi yang alhamdulillahnya kita tidak dimintai sama sekali laporan. Perasaan lega banget wkwkwk.

Mungkin itu saja kesan dan cerita saya selama praktikum bengkel gambar teknik yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Mohon maaf bila ada kata – kata yang kurang berkenan di hati, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT.

BAB III

Kesimpulan dan Saran

3.1 Kesimpulan

Dalam dunia teknik, kita diharapkan untuk bisa merancang sendiri sebuah jaringan/konstruksi yang akan kita realisasikan di dunia nyata. Dan untuk media pembelajarannya kita bisa menggunakan software AutoCAD tersebut.  AutoCAD merupakan salah satu cabang dari ilmu komputer grafis yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan sistem CAD dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi.

3.2 Saran

Sebagai mahasiswa/i yang baik, tentunya kita harus bisa menekuni bidang yang sedang kita pelajari, karena jika kita kuliah hanya karena sekedar untuk mendapatkan ijazah saja itu akan menjadi sia – sia saja. Karena sekecil apapun usaha pasti ada hasil yang akan kita peroleh.

Dengan sering mengerjakan praktikum kita bisa sedikit demi sedikit menguasai bidang yang sedang kita pelajari, apalagi jika kita sering melakukan praktikum kita bisa mengetahui dunia kerja kita nantinya jadi pada saat kita sudah memasuki dunia kerja kita sudah menguasai sebelumnya.

Didalam praktikum Bengkel Gambar Teknik ini sendiri kita diharuskan berkonsentrasi dan teliti. Sikap ini sangatlah penting dalam kehidupan sehari – hari kita. Saran saya adalah, lakukanlah segala aktifitas dengan serius, karena jika kita lakukan dengan serius pasti hasilnya juga akan memuaskan bagi kita sendiri bahkan orang lain.

Sekiranya itu saja yang dapat saya sampaikan.

Sukses terus mahasiswa/i AKATEL Angkatan 14. Semoga cita – cita dan impian kita semua bisa tercapai pada waktunya. AAMIIIN

Terimakasih

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *