Pengalaman Praktikum Bengkel Gambar Teknik

Pengalaman Praktikum Bengkel Gambar Teknik
February 14, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : Salma Riswana

NIM : 14150090

Kelas : 14 tel 03

 

Pendahuluan

Alhamdulilahhirrobilalamin, puji syukur kepada ALLAH S.W.T yang telah memberikan kesehatan serta hidayahnya sehingga saya dapat membuat sebuah artikel sederhana ini
Didalam artikel ini saya akan menceritakan pengalaman selama saya praktikum Gambar Tehnik di Akademi Telkom Jakarta.

Kesan Pengalaman

Waktu disela sela liburan saya mendapatkan info dari teman – teman bahwa ada jadwal praktikum gambar teknik. Saya bingung loh kok ada praktek lagi bukannya sudah selesai?. Saya tidak kepikiran kalau ada mata kuliah praktikum bengkel gambar teknik.

Pada tanggal 1 februari saya datang ke kampus untuk praktek. Dengan membawa laptop yang sangat berat ini. Dikampus ada teman yang bilang bahwa kita akan praktek menggambar di sebuah software. Loh kok menggambar? Pakai software photoshop kah? Di otak saya masih penuh tanda tanya.

Akhirnya jam 8 saya masuk ke ruang lab komputer, disana sebagian ada komputer yang masih bisa berfungsi. Akhirnya saya memilih komputer yang masih bisa berfungsi karena saya tidak mau menunggu lama menginstal software di laptop heheh. Oh iya yang mengajarkan praktikum gambar teknik itu pak santo, saya kira yang akan diajarkan lagi oleh bapak maruf. Sambil menunggu teman – teman datang dan ada sebagian teman yang sedang menginstal, lumayan lama juga sih menunggunya hingga sampai jam setengah 10 baru dimulai.

Dimulainya praktikum pada modul 1 kami menggunakan software AutoCad. AutoCAD adalah sebuah perangkat lunak CAD yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan sistem CAD. AutoCAD adalah software desain yang paling populer di dunia karena keunggulannya dalam mengembangkan produk-produknya. Lalu kami diajarkan menggambar yang baik dan benar. Saat mengikuti langkah step by step saya mulai panik karena ada kesalahan saat pengetikan pada kolom dan alhasil saya pun mengulang gambar dari awal dan juga dibantu oleh teman.

Di praktikum kali ini ada pembagian dua sesi yaitu sesi pertama modul 1 sama 2 dan sesi kedua modul 3 sama 4. Sekali pertemuan langsung 4 modul. Seru dan asik karena saya mendapatkan pengalaman dan ilmu bermanfaat dari beliau. Selaku dosen pak santo saya berterima kasih sudah mengajarkan kami dengan sabar meskipun kelas kami rusuh gak karuan tetapi ilmu bapak kasih akan kami gunakan di dunia kerja.

Kesimpulan :

Autocad adalah aplikasi desain grafis untuk menghasilkan gambar 2 dimensi dan 3 dimensi. Kegunaan Autocad adalah untuk memudahkan pekerjaan desain interior, insinyur mesin, dan arsitek.

Saran :

Lebih perbanyak lagi sarana ruang lab seperti komputer dan perbaiki komputer yang rusak.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *