Pengalaman Praktikum Bengkel Gambar Teknik

Pengalaman Praktikum Bengkel Gambar Teknik
February 19, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : YOSHUA

NIM    : 14150093

KELAS : 14 TEL 03

 

BAB I

PENDAHULUAN

  1. KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya dapat menyelesaikan tulisan saya tentang “Pengalaman Kesan dan Kesimpulan selama Praktikum Bengkel Gambar Teknik”.

Tulisan ini dibuat digunakan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Dosen saya Bapak Santo . Semoga tulisan ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam pendidikan.

  1. TUJUAN

Tujuan saya membuat tulisan ini Untuk memenuhi nilai tugas Praktikum Gambar teknik di Akademi Telkom Jakarta.

 

BAB II

ISI

Awal praktikum saya dimulai dari saat saya selesai UAS, saya dapat informasi praktik dari teman saya, dan saat pertama praktek mungkin saya agak sedikit bingung apa itu AutoCad, tapi setelah di ajarin sama pak santo, sedikit-sedikit saya mulai mengerti apa itu aplikasi AutoCad, Pak Santo menjelaskan dengan sangat mendetail meskipun volume suaranya agak sedikit kecil.

Dengan menggunakan aplikasi AutoCad saya jadi menambah pengetahuan saya jadi mengerti dan fungsi nya , antara lain:

 

 

  1. COPY (meng-Copy/menggandakan obyek)

Command: CO

  1. ERASE (menghapus obyek)

Command: E

  1. LINE (membuag garis linear)

Command: L

  1. POLYLINE (membuat garis secara integritas)

Command: PL

  1. MOVE (memindah dan menggeser obyek)

Command: M

  1. FILLET (memotong garis 2 arah sehingga membentuk sudut/radius)

Command: F

  1. ROTATE (memutar obyek dengan sudut radius tertentu)

Command: RO

  1. MIRROR (menduplikat obyek sehingga obyek berlawanan arah)

Command: MI

  1. ARRAY (menggandakan obyek sejajar baris vertikal atau horisontal atau radius)

Command: AR

  1. TRIM (memotong garis secara parsial dalam)

Command: TR

  1. OFFSET (membuat garis konsentrik sejajar obyek secara paralel)

Command: O

  1. JOIN (menyambung 2 garis sejajar)

Command: J

  1. EXTEND (memanjangkan garis hingga ke tepi entiti lainnya)

Command: EX

  1. EXPLODE (memecah obyek block/polygon menjadi per garis entiti)

Command: X

Perintah – perintah diatas merupakan dasar yang diajarkan sama pak Santo dalam menggunakan software AutoCAD dan membuat gambar teknik dengan menggunakan software AutoCAD

Dalam Praktikum Pak Santo terlalu serius dalam menjelaskan, saya jadi agak jenuh dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh Pak Santo. Tapi tetep serulah hehehe.

Dan tidak terasa saya dan teman-teman lainnya telah menyeselaikan 4 modul, Praktikum ini menyenangkan dan lumayan mengasyikan, saya dan teman-teman saya sambil bercanda mengerjakannya dan terkadang saya seling dengan menonton film agar tidak terlalu jenuh. Tetapi dalam praktikum ini saya dan teman-teman membutuhkan ketelitian, karena jika tidak teliti gambar yang kita hasilkan bisa berbeda bentuk dengan gambar yang diinginkan oleh Pak Santo.

Meskipun ada beberapa teman saya yang tidak hadir pada saat praktik tapi suasana lab tetap ramai seperti pasar. Intinya seru, dan banyak ilmu yang didapat dari praktik AutoCad bersama pak Santo.

Mungkin itu saja yang dapat saya ceritakan tentang pengalaman saya saat Praktikum Bengkel Gambar Teknik saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan, kurang jelas. Terimakasih bagi yang sudah membaca semoga tulisan saya ini bermanfaat.

 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

 

AutoCAD adalah sebuah perangkat lunak CAD yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan sistem CAD. AutoCAD adalah software desain yang paling populer di dunia karena keunggulannya dalam mengembangkan produk-produknya. AutoCAD dikembngkan oleh Autodesk yang memiliki banyak versi mulai dari versi pertama yang dikeluarkannya adalah 1.0 (tahun 1982) sampai dengan versi yang sekarang. AutoCAD terus berinovasi dengan mengeluarkan versi-versi terbarunya dan fitur-fitur yang lebih menarik tentunya.

Saran saya adalah supaya lebih bisa baik lagi dalam penataan bengkel, agar lebih baik dan nyaman lagi praktikumnya. Dan volume suara pembimbing kalau bisa lebih ditinggikan lagi, kalau bisa pakai Mic.

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *