pengalaman praktek AutoCad

pengalaman praktek AutoCad
February 13, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

 

 

 

 

Nama Radiansyah (14150133)

Kelas Karyawan

 

BAB I

PENDAHULAN

  • LATAR BELAKANG

 

Assalamu’alaikum wr wb

Di jaman pendidikan yang semakin canggih dan kompeten ini tentu banyak perguruan tinggi / universitas / akademi dan lainya yang bersaing dalam dunia pendidikan agar menjadi kampus yang mempunyai visi serta misi yang bertujuan membangun remaja remaja Indonesia agar menjadi lebih baik dan lebih kompeten dalam dunia kerja. Mungkin sangat banyak kampus / perkuliahan yang mempunyai kualitas saat ini, tapi rata rata semua kampus di peruntukan untuk mahasiswa yang tidak bekerja / focus hanya kuliah saja, dan  sangat sedikit kampus yang memberi kesempatan untuk para karyawan untuk melanjutkan pendididkan tanpa mengganggu jam kerja karyawan tersebut. Untuk itu kali ini saya akan membagikan pengalaman saya selama praktek kelas karyawan  di Akademi Telkom Jakarta.

 

  • RUMUSAN MASALAH

Saya telah menyusun berbagai hal dan masalah tentang pengalaman selama praktikum, yaitu;

  1. Bagaimana cara mengajar dosen selama Praktikum ?
  2. Apakah fasilitasnya sudah lengkap ?
  3. Apakah jam praktek mengganggu / bentrok dengan jam kerja bagi kelas karyawan ?

 

  • TUJUAN PENULISAN

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah;

  1. Menilai cara mengajar dari beberapa pendapat mahasiswa
  2. Mengusulkan fasilitas agak kegiatan praktikum lebih bias di pahami oleh mahasiswa
  3. Mendiskusikan jam praktek agar tidak bentrok dengan waktu kerja

 

 

BAB II

MATERI

Materi Praktikum yang diajarkan saat praktek tempo hari adalah pengertian gambar teknik, fungsi, dasar dasar gambar teknik, serta cara menggambar AutoCad

Dalam praktek tersebut Dosen menjelaskan tentang pengertian gambar teknik, fungsi, dasar dasar gambar teknik, serta cara menggambar AutoCad

Saya rasa cara menjelaskan Dosen kepada mahasiswa cukup jelas karena pada tiap sesi di beri jeda untuk memberi kesempatan pada mahasiswa menanyakan hal yang kurang jelas dan cara menjelaskanya dibawakan secara santai jadi tidak ada rasa tegang pada saat prakek dan hal inilah yang membuat mahasiswa paham karena bias belajar secara rileks.

Tahap setelah Dosen menjelaskan materi Prakikum adalah Mahasiswa mempraktekan materi tersebut secara individu dan memakai laptop sendiri. Hal inilah yang menurut saya kurang efektif, karena tidak semua laptop mahasiswa sudah terinstall AutoCad, akibat kurangnya komputer praktikum.

Saya harap pihak dari kampus bisa mengetahui dan mencari solusi atas hal seperti yang sudah saya sampaikan diatas, karena memang praktik secara individu lebih efektif daripada secara kelompok.

Tentang waktu pelaksanaan praktik sya rasa cukup bailk untuk saya yang kuliah sambil bekerja karena waktu praktek dilakukan pada hari sabtu yang notabenya merupakan hari libur bagi karyawan, dan praktikum juga bisa mengubah jadwal karena praktek di bagi menjadi 3 waktu, yaitu sabtu pekan pertama, sabtu pekan kedua, dan sabtu pekan ketiga.

Tapi alangkah lebih baik jika praktik dilakukan pada hari minggu karena banyak perusahaan yang mempunyai hari kerja senin – sabtu, walaupun bisa melakukan praktik susulan tapi akan lebih baik jika semua mahasiswa dapat mengikuti praktik pada hari yang sama.

 

BAB III

KESIMPULAN

 

Dari Materi di atas dapat di besri kesimpulan bahwa  cara Dosen mengajar dan membawakan  materi cukup efektif karena di lakukan dengan cara yang santai agar mahasiswa tidak terlalu tegang dalam menyerap materi. Fasilitas yang ada cukup baik tapi alangkah lebih baik jika fasilitasnya di tambah agar mahasiswa yang gagal menginstal AutoCad bisa mengikuti praktek bersama sama, dan waktu pelaksanaan praktik cukup fleksibel bagi kelas kayawan karena dilakukan pada akhir pekan.

 

NB  ;  Sekian dari saya dan maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati para pembaca.

Wassalamualaikum wr.wb

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *