”Pengalaman, Kesan dan Pesan Selama Praktikum Gambar Teknik”

”Pengalaman, Kesan dan Pesan Selama Praktikum Gambar Teknik”
February 12, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : Adinda Putri Rachmadany
NIM : 14150100
KELAS : 14 TEL 03

Pengalaman, Kesan dan Pesan Selama Praktikum Gambar Teknik

Hari Senin, 1 Februari saya melalukan praktikum gambar teknik. Ini adalah praktikum pertama setelah UAS semester 1. Dan yang membuat praktikum kali ini berbeda adalah disini satu kelas dapat masuk keruang 203 atau Lab Komputer. Sebenarnya dapat masuk semua juga karena banyak yang tidak hadir karena sedang pulang kampung. Ya sebenarnya waktu diadakannya praktikum kurang tepat karena mahasiswa sedang menjalani masa liburan.
Praktikum kali ini dimulai jam 10, seharusnya jam 9 tetapi banyak yang belum hadir jadi kami menunggu sampai semuanya hadir. Selama menunggu yang lain, seperti anak pada umumnya kami mengobrol dan bercanda. Kami juga berpindah-pindah tempat karena banyak komputer yang tidak menyala. Sebagian yang tidak mendapat komputer menggunakan laptop atau notebook mereka sendiri. Sebelumnya juga sudah dihimbau untuk membawa laptop atau notebook sendiri, dan kebetulan saya menggunakan komputer yang ada dilab.
Ketika sudah mulai banyak yang hadir, Pak Santo selaku dosen pengajar mulai membagikan software yang akan dipakai untuk praktikum kepada mahasiswa yang menggunakan laptop atau notebook. Software yang digunakan adalah Autocad. Mengcopy software Autocad sedikit memakan waktu karena hanya satu flashdisk yang diedarkan, sedangkan banyak yang belum memiliki software tersebut. Untungnya menginstalnya tidak terlalu lama. Setelah semua sudah mengsinstal, praktikum akhirnya dimulai.
Pada praktikum kali ini kami mengerjakan 4 modul sekaligus dalam sehari. Praktikum dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dan sesi kedua setelah istirahat. Sesi pertama kita belajar membuat garis, lingkaran, persegi, segitiga dan sebagainya menggunakan aplikasi Autocad. Untuk membuatnya kita harus tau istilah-istilah yang digunakan seperti garis : line, lingkaran : rec, dan lain-lain.
Setelah sesi pertama dan istirahat sebentar, kita memulai sesi kedua. Disesi ini kami belajar mirror, move, delete, dan copy. Kita membuat garis dan kita akan menghapusnya, menngcopynya, dan memindahkannya. Setelah kita menguasainya, kita di tugaskan membuat desain grafis seperti yang dicontohkan. Ternyata menggambar menggunakan Autocad tidak terlalu susah jika kita sudah mengerti.

Kesan
selama praktikum itu enak karena santai. Dosennya juga sabar, kalau kita tidak mengerti maka penjelasannya akan diulang lagi. Bahkan tidak marah kalau kita berisik karena kurang mengerti. Pak Santo juga suka menghampiri kita jika kita kesusahan saat mengerjakan dan tidak mengerti.

Saran
Saran saya semoga komputernya diperbaiki yang rusak. Lebih dilengkapi lagi komputernya.

Kesimpulan
Dari praktikum gambar teknik : Autocad adalah aplikasi desain grafis untuk menghasilkan gambar 2 dimensi dan 3 dimensi. Kegunaan Autocad adalah untuk memudahkan pekerjaan desain interior, insinyur mesin, dan arsitek.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *