Menceritakan Pengalaman Praktikum

Menceritakan Pengalaman Praktikum
February 18, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : Endah Kurniawati

NIM   : 14150038

Kelas  : 14 Tel 01

 

  1. Pendahuluan

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas karunianya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya. Dalam kesempatan ini saya akan menceritakan pengalaman saya pada saat praktikum “Bengkel Gambar Teknik”. Praktikum yang telah di jalani haruslah diingat agar bermanfaat di kemudian hari. Oleh karena itu, dalam proses pendalaman materi, tentunya kami mendapatkan bimbingan, pengetahuan, serta arahan dari praktikum tersebut.

  1. Rumusan Masalah
  • Menceritakan Pengalaman Praktikum
  • Kesimpulan dan saran-saran
  1. Isi

      Pada hari terakhir UAS saya dan teman – teman saya sedang berkumpul di Student Center, ternyata saya mendapat kabar bahwa minggu depan setelah UAS kami semua harus “Praktikum Bengkel Gambar Teknik”, pada awalnya kami semua kaget dan bingung karena itu tepat saat liburan.

      Saya kira praktikum ini seperti judulnya menggambar tetapi kami semua di haruskan membawa laptop masing – masing, makin tidak kebayang praktikum ini seperti apa, saat itu saya mencoba install AUTOCAD pada laptop saya, ternyata tidak bisa, saat itu juga saya bergabung dengan teman saya 1 komputer berdua, berbagi ceritanya.

      Praktikum modul 1 sampai modul 4 diawali dengan pengertian AutoCAD adalah sebuah perangkat lunak CAD yang berfungsi untuk menggambar / mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan sistem CAD. AutoCAD adalah software desain yang paling populer di dunia karena keunggulannya dalam mengembangkan produk-produknya. AutoCAD dikembngkan oleh Autodesk yang memiliki banyak versi mulai dari versi pertama yang dikeluarkannya adalah 1.0 (tahun 1982) sampai dengan versi yang sekarang. AutoCAD terus berinovasi dengan mengeluarkan versi-versi terbarunya dan fitur-fitur yang lebih menarik tentunya.

      Fungsi dari AutoCAD : Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam bidang desain grafis, arsitektur, teknik sipil, mekanikal engineering dan berbagai bidang lainnya yang berhubungan dengan penciptaan gambar tertentu. AutoCAD yang diajarkan pada saat praktikum seperti :

  1. Garis lengkung (Ars) berarti busur
  2. Polyline(pl) yang berarti Persegi panjang
  3. Circle © berarti lingkaran
  4. Elips (el) yang membentuk oval
  5. Spl atau kurva
  6. Polegon (pol) berarti segitiga
  7. Revcloud berarti yang membuat awan

Masih banyak lagi perintah – perintah pada AUTOCAD yang diajarkan. Dengan langkah – langkah membuat gambar yang benar, seperti membuat :
Command : Line kemudian 4,0 kemudian @133, 144 kemudian 4,0 kemudian @137, 147 contohnya seperti itu angka – angka yang kami mainkan. Tidak hanya itu masih banyak angka – angka yang kami otak – atik sehingga menjadi gambar – gambar yang dijelaskan.

Setelah membuat berbagai latihan – latihan tak lupa pula diberikan tugas seperti:

  1. Membuat Persegi panjang sesuai dengan perintah yang diberikan.
  2. Membuat Jaringan PSTN dengan mengunakan metode ‘Rec, Pol, c/lingkaran dan lain lain.
  3. Membuat arsitektur ADLS dsb.

Kami tidak sendiri mengerjakan tugas tersebut tentu saja tetap dibimbing oleh dosen kami Bapak Santo.

Kesimpulan

      Dari wacana diatas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan seseorang tidak dapat berkembang tanpa adanya bimbingan dan arahan. Praktikum ini sangat menambah wawasan saya dan pengetahuan saya tentang gambar teknik, terima kasih untuk Bapak Santo yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada kami semua melalui praktikum Bengkel Gambar Teknik.

Saran

      Untuk memaksimalkan pemahaman tentang menggunakan AUTOCAD sangat diperlukan bimbingan dan arahan kembali.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *