MENCERITAKAN KESAN SAAT PRAKTIKUM ‘’BENGKEL GAMBAR TEKNIK’’

MENCERITAKAN KESAN SAAT PRAKTIKUM ‘’BENGKEL GAMBAR TEKNIK’’
February 13, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : NISA ARDILLA

NIM : 14150061

 KELAS : 14 TEL 02

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Kata Pengantar

Assalammualaikum wr.wb

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, saya  panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas tentang “menceritakan kesan saat praktikum Bengkel Gambar Teknik’’

Pada kesempatan ini saya akan menceritakan sedikit tetang pengalaman saya selama melakukan praktikum di Kampus Akademi Telkom Jakarta. Saya berharap pengalaman saya ini bermanfaat dan dapat menghibur . Meskipun saya tau, banyak kekurangan didalamnya.

Dalam penyusunannya, saya mendapat bantuan dari berbagai pihak, salah satunya dari Bapak Santo yang telah membimbing saya dalam praktek Bengkel Gambar Teknik ini, dan saya ucapkan terimakasih juga untuk teman-teman yang turut membantu saya.

Selamat membaca,terimakasih.

Wasalammuaikum wr.wb

1.2 Tujuan

Memenuhi kewajiban mengerjakan tugas dan memenuhi nilai tugas Praktikum Bengkel Gambar Teknik di Kampus ini.

 

BAB II

ISI

2.1 Kesan Saat Praktikum

          Ini bukan pertama kalinya saya melakukan praktikum di kampus Akademi Telkom Jakarta, namun ‘iya’ ini memang pertama kalinya saya melakukan praktikum yang berjudul Bengkel Gambar Teknik. Awal mendengarnya saya sedikit merasa aneh dan bingung (maklum anak IPS) Bengkel? Yang terlintas dipikiran saya bengkel itu tempat benerin yang rusak-rusak. Tapi setelah mengikuti prakteknya ternyata sangat jauh berbeda dengan apa yang saya pikirkan. Jadi lucu sendiri, hehe

          Dalam melakukan praktek ini saya dan teman-teman di bimbing oleh Bapak Santo, beliau mengajari kami dengan jelas, saya dan teman-teman dituntun untuk mengikuti langkah demi langkah untuk mendapatkan suatu model gambar teknik. Beliau sangat baik, dan sangat sabar. Apalagi saat saya kebingungan dengan apa yang saya kerjakan. Beliaulah yang menuntun.

          Pada saat praktek berlangsung Alhamdulilah banget saya ga terlalu bingung. Alhamdulilah bisa ngikutin omongan bapaknya dengan baik. Dalam praktek ini software yang digunakan adalah AutoCAD 2010. Saat praktek saya diajarkan bagaimana cara membentuk lingkaran, segitiga,persegi dll. Dan juga diajarkan bagaimana caranya mengcopy suatu gambar yang terdiri dari garis-garis(line).

          Cara yang masih saya ingat yaitu dengan cara memasukkan berapa point pertama atau berapa ukuran garis yang kita inginkan,misalnya seperti ini:

Command: line(enter)

LINE Specify first point: 8,0

Specify next point or [Undo]: @100<0

Specify next point or [Undo]: @100<90

Specify next point or [Close/Undo]: @100<180

Specify next point or [Close/Undo]: c

          Dan masih banyak lagi, yang jelas dengan praktek ini saya mengetahui banyak hal yang sebelumnya tidak saya ketahui. Saat praktek berlangsung saya merasa praktek ini menyenangkan dan saat praktek selesai rasanya masih kurang dan masih mau mengetahui banyak hal dan banyak kecanggihan dari penggunaan AutoCAD 2010 ini . Praktek berlangsung hari Jum’at 05 Februari 2016 dari jam 10.00-15.00 WIB. Dan tidak terasa menyeselaikan 4 modul itu hanya sebentar.

          Praktek ini menyenangkan dan tidak serius-serius amat ko, saya dan teman-teman aja sambil becanda ngerjainnya. Tetapi dalam praktek ini membutuhkan ketelitian, karena jika tidak teliti gambar yang kita hasilkan bisa berbeda bentuk dengan gambar yang diinginkan dosen. Jika gambar sudah berbeda bentuk mungkin terdapat kesalahan saat pengetikan angka ,maka harus diketik dari ulang lagi ,barudeh akan menghasilkan gambar yang sama dengan gambar yang dosen inginkan.

          Mungkin itu saja pengalaman atau kesan praktikum yang dapat saya ceritakan,mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan, kurang jelas dan mungkin ada yang ngaco omongannya. Maklum masih suasana liburan tapi dikasih tugas, jadi otak belom siap mikir keras wkwk(lebaydikitgppya). Terimakasih bagi yang sudah membaca,semoga bermanfaat dan yang membaca bisa mengambil sisi baiknya saja 😉

BAB III

KESIMPULAN

3.1 Kesimpulan dan Saran

          Software AutoCAD 2010 adalah salah satu software yang digunakan untuk merancang gambar teknik. Misalnya untuk gambar design rumah yang akan dibangun dan masih banyak lagi manfaatnya. Mudah jika kita menguasai software ini . Di dunia kerja juga pasti dibutuhkan orang-orang yang ahli dalam bahasa teknik. Fungsi gambar teknik ini adalah sebagai sebuah alat untuk menyatakan maksud atau pemikiran dari seseorang. Oleh karena itu gambar sering dipakai sebagai alat komunikasi yang pokok di kalangan orang-orang teknik maka gambar disebut sebagai bahasa teknik.

          Saran saya adalah, praktek apapun yang kita jalani lakukanlah dengan serius ,karena pasti bermanfaat untuk kedepannya. Apalagi praktek Bengkel Gambar Teknik ini, dalam mengerjakannya membutuhkan banyak ketelitian. Kerjasama dan saling membantu sesama teman sangat dibutuhkan. Tidak rugi membagi ilmu yang kita miliki kepada orang lain. Salinglah membantu! Mungkin itu saja saran saya. Sukses bareng-bareng yaaa. Semoga cita-cita kita semua terwujud melalui Kampus ini . AAMIINNN.

Jangan lupa… terus SEMANGAT mahasiswa/i Akademi Telkom Jakarta TA 2015/2018J

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *