KESAN & KESIMPULAN SELAMA PRAKTIKUM GAMBAR TEKNIK

KESAN & KESIMPULAN SELAMA PRAKTIKUM GAMBAR TEKNIK
February 15, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama           : Satrio Ardi .N

Kelas           : 14 Tel-03

NIM             : 14150080

  • Kesan dan Pengalaman

Dimulai saat liburan berjalan, saya mendapatkan info bahwa tanggal 1 Februari akan dilaksanakan Praktek Gambar Teknik yang dimana saat itu lagi asyiknya liburan. Ya… mau gimana lagi, daripada nilai 0 saya memutuskan untuk ke kampus meskipun ya lumayan jauh juga perjalanannya. Pagi jam setengah 6 setelah melaksanakan kewajiban yaitu solat subuh sayapun bergegas berangkat ke kampus, untungnya Ayah saya satu arah jalannya jadi saya nebeng deh, hehehe..

Singkat cerita jam tangan mulai menunjukkan jam 8 ketika saya sedang perjalanan dengan busway, dimana keadaannya saat itu sedang macet-macetnya. Sayapun menjadi panik karna takut telat,yaa sebenernya udah masuk telat juga sih.. Sayapun menanyakan salah satu teman saya “udah mulai praktek belum?” dan dengan perasaan lega diapun menjawab “belum”. Setelah sampai dihalte Jembatan Gantung di Depan seberang kampus sayapun langsung bergegas menuju kampus tercinta. Sesampainya di kampus sayapun langsung menuju toilet dulu, karna kebelet sejak di busway. Setelah itu baru deh saya menuju Lab di ruang 203.

Saat membuka pintu lab saya sempat dagdigdug takutnya tidak diperbolehkan ikut karna telat dimana jam menunjukan setengah 8-an, tetapi dengan nafas lega saya diperbolehkan ikut oleh dosennya yaitu, Pak Santo dimana beliau sebagai pembimbing kami selama Praktek ( Terima Kasih Pa’… hehe). Setelah itu saya pun duduk dibangku paling depan dekat meja Pa’ Dosen, usut punya usut ternyata prakteknya ngaret 1 jam. Ya tapi untungnya saja saya diperbolehkan untuk ikut prakteknya. Setelah jam menunjukan angka 9 praktek pun dimulai.

Lanjut cerita, saat praktek kami dijelaskan “Bagaimana Menggunakan AutoCad?”. Disitu kami diajari cara-cara menggambar, tapi bukan menggambar Dua buah gunung yang ditengahnya ada matahari trus mengalir sebuah sungai atau jalan. Tapi sebuah rangkaian jaringan, tapi sebelumnya juga kami diajari berbagai macam dasar penggunaannya dimana isinya itu rumus-rumus ( Lebih jelasnya coba sendiri yaa ). Praktek kamipun memakan banyak waktu dan banyak modul, dimana ada 4 modul harus kita pelajari dalam sehari. Tapi untungnya Pa’ Dosen memberikan waktu istirahat untuk makan dan sholat.

Lanjut lagi saat-saat dimana saya mulai merasa rada ngantuk muncul otak iseng saya,entah dari mana asalnya muncul ide ini secara diam-diam saya mencoba iseng untuk mematikan monitor teman saya yang duduk dibelakang ketika dia lengah, dan saat dia sadar entah dia yang beneran bingung atau engga saya rasa sih dia panik setengah mati pas tau kalo monitornya itu mati secara tiba-tiba. Jujur saja saat itu saya benar-benar ketawa abiss lihat dia panik gitu hahaha.. Dan tanpa disadari salah satu teman saya juga ikut dengan cara melepaskan kabel mouse yang meghubung di CPU, dan lagi dia panik karena kursor mousenya tidak mau bergerak, saya dan teman saya pun tertawa karna melihat kejadian itu, entah setan apa yang merasuki kami tapii berkat itu rasa kantuk sayapun menghilang. Hohoho….

Dan sampai dimana akhirnya tanpa sadar kami semua telah menyelesaikan praktek Gambar Teknik dimana jam menunjukan angka 3, meskipun awalnya panik dan takut karna tidak diperbolehkan ikut sebab telat. Secara kesuluruhan banyak manfaat yang bisa diambil dan karena praktek ini juga saya jadi mengetahui bagaimana pengoperasian AutoCad. Terima Kasih Pak Santo atas ilmunya dan juga terima kasih sudah diperbolehkan ikut praktek kelas bapak.

  • Saran

Perhatikan selalu apa yang disampaikan oleh guru ataupun dosen kalian, karena ilmu bisa didapat dari mana saja. Dan juga lebih semangat dalam mengikuti pelajaran maupun praktek yang akan dihadapi.

 

  • Kesimpulan

Latihlah semua materi dalam praktek yang telah kita dapat, dan ulangi secara terus menerus sampai kita bisa menggunakan atau menerapkan ilmu yang sudah kita dapat.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *