Sejarah Perkembangan Teknologi Computer dari Dulu Hingga Saat Ini.

Sejarah Perkembangan Teknologi Computer dari Dulu Hingga Saat Ini.
January 21, 2016 1 Comment Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : AGUNG PRAYOGA
KELAS : 14 TEL 01
NIM : 14150006

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Dijaman ini perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Dalam kurun dua dekade alat teknologi informasi dan komunikasi menjadi alat terlaris didunia, hampir disetiap kalangan dan disetiap umur memiliki dan bahkan ahli dalam menggunkan alat ini. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik.
Pada saat “zaman Batu’ teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya. Diantara teknologi informasi dan komunikasi yang hampir setiap kita temukan adalah komputer. Sekarang computer sangat pesat perkembangannya, hampir setiap tahun selalu mengalami perbaharuan, dan ada keluaran atau product baru.
Sekarang Orang bisa menggunkan komputer dimana saja dirumah, dicafe, disekolah dan tempat lainya. Sedangakan model dan design dari komputer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Komputer yang kita seringgunkan ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan malalui proses yang panjang dalam evolusinya.
Hal ini awal munculnya komputer mukin mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus ditemukan di Babilonia(Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan pedagang saat itu. Pada periode selanjutnya ditemukan alat-alar hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun1642, Arithometer oleh Charles XavierThomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly oleh Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman hollerith pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuranyadan kerumitanya pun berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru komputer listrik dimulai sejak ditemukanya komputer elektrik yang menerapkan system aljabar Boolean.

1.2 Tujuan Penulisan

1.2.1 Untuk memenuhi nilai salah satu praktikum dasar computer yang diberikan oleh dosen.
1.2.2 Untuk mengetahui sejarah teknologi computer dari dulu hingga saat ini.
1.2.3 Untuk bisa memahami dan megetahui perbedaan teknologi computer yang dulu dengan yang ada pada saat ini.

BAB II
ISI

2.1 Sejarah Perkembangan Teknologi Computer dari Dulu Hingga Saat Ini

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama (1942-1955) Komputer komersial diawali oleh UNIVAC (Universal Automatic Computer). Ini merupakan sebuah komputer yang dibangun oleh dua ilmuan yaitu Mauchly dan Echert serta digunakan pada sensus Amerika Serikat pada tahun 1947. Kemudian, secara garis besar komputer ini digunakan pada tahun 1942 hingga tahun 1955. Kelebihan : Dapat menghitung data dalam hitungan milidetik Mempunyai vacuum tube yang memungkinkan komputer modern dibuat Kekurangan : Ukurannya sangat besar Mengkonsumsi sangat banyak energi Cepat panas karena terdapat ribuan vacuum tubes Belum dapat diandalkan untuk melakukan pekerjaan berat Memerlukan AC Pemeliharaan yang rumit Biaya produksi yang mahal Penggunaanya yang masih terbatas Lambat dalam bekerja Kemampuan pemrograman terbatas Bahasa mesin terbatas Kapasitas penyimpanan data sangat kurang Tidak fleksibel dan sulit untuk dipindahkan Sejarah Perkembangan.
Komputer Generasi Kedua (1955-1964) Komputer di generasi yang kedua menggunakan transistors. Ilmuan yang bekerja pada Bell Laboratories membuat sebuah transistor pada tahun 1947. Dua dari ilmuan tersebut adalah John Barden, William Brattain, dan William Shockley.
Salah satu dampak nyata penggunaan transistor adalah ukuran komputer yang berkurang. Hal itu karena vacuum tubes yang diganti dengan berbagai transistor di dalam komputer tersebut. Contoh dari komputer yang hadir pada generasi kedua ini adalah IBM 7094 series, IBM 1400 series, dan CDC 164. Kelebihan Lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Komputer lebih handal Menggunakan sedikit energi sehingga tidak membuat komputer terlalu panas Penggunaan komersial yang lebih luas Portabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan komputer generasi pertama Kecepatan yang lebih baik dan bisa menghitung data dalam mikrodetik Menggunakan peripheral lebih cepat seperti tape drive, disk magnetik, printer, dll Akurasi meningkat Kekurangan Sistem pendingin yang masih diperlukan Perawatan konstan yang sangat diperlukan Produksi komersial yang sulit Hanya digunakan untuk tujuan tertentu Mahal dan tidak fleksibel Kartu Puch digunakan untuk input Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Ketiga (1964-1975) Komputer generasi ketiga menggunakan sistem sirkuit terpadu ( IC ).
Jack Kilby mengembangkan konsep sirkuit terpadu pada tahun 1958 dan Ini adalah penemuan penting dalam bidang komputer. IC pertama kali ditemukan dan digunakan pada tahun 1961 denga ukuran sebuah IC sama dengan ¼ inci persegi. Transistor tetap digunakan pada komputer generasi ketiga karena sebuah chip IC dapat berisi ribuan transistor. Beberapa hal yang ditonjolkan melalui pengembangan komputer generasi ketiga ini adalah komputer yang menjadi lebih kecil ukurannya, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih murah.
Contoh-contoh komputer generasi ketiga adalah IBM 370, IBM System/360, UNIVAC 1108 ,dan UNIVAC AC 9000. Kelebihan : Lebih kecil dibandingkan dengan generasi sebelumnya Lebih handal Energi yang diperlukan lebih sedikit, Menghasilkan sedikit panas dan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan komputer sebelumnya Kecepatan yang lebih baik dan bisa menghitung data dalam nanodetik Kipas sudah digunakan untuk pembuangan panas untuk mencegah kerusakan Biaya pemeliharaan rendah karena kegagalan hardware yang jarang sekali terjadi Bertujuan untuk penggunaan secara umum.
Dapat digunakan untuk bahasa tingkat tinggi Kapasitas dan sistem penyimpanan yang baik Serbaguna lebih murah Akurasi yang lebih baik Produksi komersial meningkat Mouse dan keyboard sudah mulai digunakan Kekurangan Memerlukan AC Membutuhkan Teknologi yang sangat canggih untuk pembuatan chip IC Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Keempat (1975) Sejarah perkembangan komputer generasi keempat dimulai dengan penemuan mikroprosesor. Mikroprosesor ini berisi ribuan sirkuit terpadu atau integrated circuit (IC).
Ted Hoff menghasilkan mikroprosesor pertama pada tahun 1971 untuk Intel dan dikenal sebagai Intel 4004. Teknologi sirkuit terpadu telah meningkat secara cepat dan dibuktikan dengan perancangan LSI (Large Scale Integration) sirkuit dan VLSI (Very Large Scale Integration) sirkuit. Dengan adanya teknologi tersebut, maka anda akan mendapatkan ukuran komputer yang jauh lebih kecil.
Ukuran Mikroprosesor modern biasanya hanya satu inci dan dapat berisi jutaan sirkuit elektronik. Contoh-contoh komputer generasi keempat adalah Apple Macintosh dan IBM PC. Kelebihan : Lebih kuat dan dapat diandalkan dibandingkan generasi sebelumnya Ukuran yang jauh lebih kecil Kekuatan pemrosesan yang cepat dengan konsumsi daya yang lebih kecil Menggunakan kipas untuk pemakaian dan menjaga suhu komputer itu sendiri Tidak memerlukan AC Benar-benar untuk tujuan umum Produksi komersial Tidak terlalu membutuhkan perbaikan secara rutin Termurah di antara semua generasi Semua jenis bahasa tingkat tinggi dapat digunakan dalam komputer Kekurangan Teknologi yang sangat canggih dan terbaru diperlukan untuk pembuatan Mikroprosesor Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kelima Para ilmuwan bekerja keras pada komputer generasi ke-5 dengan beberapa terobosan. Hal ini didasarkan pada teknik Artificial Intelligence ( AI ).
Komputer bisa memahami kata-kata yang diucapkan & meniru nalar manusia. Dapat merespon lingkungannya menggunakan berbagai jenis sensor. Para ilmuwan terus bekerja untuk meningkatkan kekuatan pemrosesan komputer. Mereka mencoba untuk menciptakan sebuah komputer dengan IQ nyata dengan bantuan pemrograman canggih dan teknologi. IBM Watson computeris salah satu contoh komputer yang begitu canggih. Komputer portabel pertama yang menyerupai laptop modern diperkenalkan oleh Apple Powerbooks, dengan built-in trackball, dan kemudian trackpad, dan berlanjut ke opsional warna layar LCD.
IBM ThinkPad sebagian besar terinspirasi oleh desain Powerbook, dan PowerBook akhirnya digantikan oleh yang modern MacBook. Banyak dari evolusi komputer portabel telah diaktifkan oleh evolusi mikroprosesor, display LCD, teknologi baterai dan sebagainya. Evolusi ini akhirnya memungkinkan komputer yang lebih kecil dan lebih portabel dari laptop, seperti PDA, tablet, dan smartphone. Kemudian, tentu kemajuan dalam sejarah perkembangan komputer di teknologi modern akan lebih merevolusi komputer di masa depan.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dari keterangan tersebut dapat di pahami bahwa dalam perkembangannya computer mengalami beberapa kali perubahan pada componennya ,namun pada dasarnya tetap saja computer merupakan sarana untuk membantu user (pengguna) dalam hal pekerjaan kantor dan lainya.
Jadi, seiring dengan waktu pasti akan terus mengalami perubahan tapi tetap saja hakikatnya adalah alat pemrograman untuk membantu user dalam hal pekerjaan

3.1 Referensi

http://www.putrapunyacerita.com/2012/09/makalah-evolusi-computer-pengenalan.html
http://blogandry.pun.bz/sejarah-komputer-lengkap-serta-kelebihan.xhtml

About The Author
Leave Comment
  1. 1

    Sejarah Perkembangan Teknologi Komputer Dari Dulu Sampai Sekarang | Laboratorium Akademi Telkom Jakarta

    […] Sejarah Perkembangan Teknologi Computer dari Dulu Hingga Saat Ini. […]

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *