SEJARAH KOMPUTER

SEJARAH KOMPUTER
January 23, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : Mauludfi Achmad Danang
NIM : 14150028
Kelas : 14 Tel 01

BAB I
PENDAHULUAN

Dalam situs Computer science Lab pada artikel Ilustrasi sejarah komputer menyebutkan bahwa istilah komputer dikaitkan dengan sebuah profesi pekerjaan sebagaimana istilah mesin mekanik komputer saat ini karena mesin ini melakukan pekerjaan yang sebelumnya telah diberikan kepada orang-orang yang awalnya nama pekerjaan, sejarah istilah komputer ini digunakan untuk menggambarkan mereka (manusia terutama perempuan) yang tugasnya melakukan perhitungan berulang yang diperlukan untuk menghitung hal-hal seperti tabel navigasi, grafik naik turun dan posisi planet untuk almanak astronomi.
Ada yang menyebutkan bahwa Sejarah Komputer berawal dari 5000 tahun yang lalu ketika ditemukannya alat hitung pertama. Alat ini disebut abakus atau sempoa. Alat hitung ini ditemukan pertama kali dalam sejarah Babilonia kuno, berbentuk belahan papan diatasnya ditaburi pasir sehingga orang bisa menulis atau menghitung. Oleh karena itu maka alat ini disebut abakus, asal kata dari bahasa Yunani ABACOS, artinya menghapus debu. Oleh bangsa Cina mengembangkan abakus ini menjadi 2 bagian. Pada terali atas dimasukkan 2 bijian dan 5 bijian pada terali bawah. bentuk inilah yang yang populer hingga saat ini untuk melakukan perhitungan aritmatika. sampai saat ini penemuan Abakus atau sempoa ini dapat dianggap sebagai awal mula Sejarah Komputer.

BAB II
PEMBAHASAN

* Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama.
Tahun 1941, seorang insinyur asal Jerman yang bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali. Komputer pada Generasi pertama ini dapat dikarakteristikan dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut dengan “Bahasa Mesin” dalam bahasa inggrisnya adalah “Machine Language”. Hal ini menjadikan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah pemakaian tube vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu tampak berukuran sangat besar) dan silinder magnetik yang berfungi untuk sebagai penyimpan data.
Ciri-ciri komputer generasi pertama :
1) Silinder magnetik untuk menyimpan data
2) Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
3) Kapasitas penyimpanan kecil.
4) Program cuma bisa dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
5) Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
6) Cepat panas.
7) Proses kurang cepat.
8) Memerlukan dya listrik yang besar.
9) Orientasi pada aplikasi bisnis.

Berikut ini adalah beberapa contoh computer yang lahir pada generasi pertama adalah sebagai berikut; 1.) Z3 dibuat oleh Konrad Zuse dari Jerman pada tahun 1941. Computer ini digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali pada perang dunia kedua. 2.) Colossus dibuat di Negara Inggris pada tahun 1943, yang dulunya digunakan untuk memecahkan kode rahasia buatan Jerman. 3.) The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, computer ini dibuat di Negara Amerika melalui tangan Ir. Harvard, Howard H. Aiken. Ukuran panjangnya setengan lapangan sepak bola. Renteng kabel hingga 500 Mil. Computer ini biasa dikenal juga dengan sebutan Mark 1.

* Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kedua
Ditemukannya Transistor transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer. Tube vakum terganti oleh transistor pada radio, televisi dan komputer. hal ini menyebabkan ukuran mesin-mesin elektrik diperkecil, karena penggunaan tabung telah digantikan oleh transistor dan diode Vakum meskipun sifatnya sangat mudah terbakar. Cara baru untuk menyimpan memori yaitu inti Magnetik diperkenalkan. Alat ini menggunakan kawat halus yang dililit. Kemampuan pengelolaan lebih besar. Dan mulai menggunakan bahasa pemrograman level tinggi yaitu dengan FOTRAN (1954) dan COBOL (1959) untuk menggantikan bahasa mesin. Minikomputer dihasilkan yang hemat energi dan harganya pun lebih murah dan lebih kecil dibandingkan dengan komputer terdahulu. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah super komputer yang bernama LARC dibuat Sprery-Rand dan kompputer yang bernama Stretch diciptakan oleh IBM. Komputer- komputer ini, yang dikembangkan untuk lab. energi atom, adan dapat menangani sebagian besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.

Ciri-ciri komputer Generasi kedua :
1) Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage
2) Berorientasi pada bisnis dan teknik.
3) Tidak terlalu banyak mengeluarkan panas.
4) Program dapat di buat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
5) Proses operasi sudah cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
6) Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
7) Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)

* Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Ketiga
Perkembangan komputer pada generasi ketiga terjadi sekitar tahun 1964-1970 dengan ditemukanya teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT.

Ciri-ciri Komputer Generasi ketiga :
1) Ditemukannya IC sehingga mengubah arsitektur komputer secara keseluruhan
2) Sudah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
3) Kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
4) Peningkatan dari sisi software.
5) Kapasitas memori sudah lebih besar dari pada versi sebelumnya, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
6) Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
7) Pemakaian listrik lebih hemat dan lebih efisien.
8) Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.

* Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Keempat
Komputer generasi ini merupakan kelanjutan dari generasi III dan perbedaanya adalah IC pada generasi empat lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang di anggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang di jadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.

Ciri-ciri komputer Generasi keempat :
1) Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori computer.
2) Penggunaan Large Scale Integration (LSI) atau Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan ribuan IC menjadi sebuah chip.
 

* Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kelima
Pada masa ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor yang ditanam pada sebuah microprocesor, serta munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Komputer Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam dan keunggulan lainya adalah kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

Ciri-ciri komputer Generasi kelima
1) Mempunyai desain yang lebih kecil
2) Pengembangan VLSI ( Very Large Scale Integration)
3) Pengembangan Josephson Junction
4) Dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat.

Demikian adalah sejarah perkembangan computer dari generasi pertama hingga saat ini yang memiliki fungsi masing-masing antar generasi tersebut sehingga tercipta komputer yang dapat melakukan semua fungsi dari lima generasi diatas tadi yaitu computer yang biasa kita gunakan sasat ini. Kemudahan dan kecanggihan yang dihasilkan dari computer masa kini adalah tujuan utama para produsen computer ternama saat ini guna untuk memudahkan kinerja manusia. Dan tercipta pula computer mini yang dapat dibawa kemana-mana oleh penggunanya yang biasa disebut dengan nama Laptop. Laptop adalah computer terbaik dan tercanggih yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun, selagi tidak Low Batter

BAB III
PENUTUP

* Kesimpulan
Adanya perbedaan perkembangan computer dari generasi ke generasi akan selalu membaik hingga saat ini. Banyaknya produsen dengan merek ternama di dunia yang berlomba menghadirkan kecanggihan dari kinerja computer yang dapat memudahkan kerja manusia.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *