Perkembangan Teknologi Komputer Dari Dulu Sampai Sekarang

Perkembangan Teknologi Komputer Dari Dulu Sampai Sekarang
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Moch Ginanjar K S

14 Tel 02

14150046

BAB I

PENDAHULUAN

Menapaki kehidupan yang kian menggeliat akan kemajuan dan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi, tentu saja mengundang banyak cendikiawan untuk terus bereksplorasi dan berlomba lomba menciptakan teknologi terbaru kian mudah dan praktis. Pada dasrnya komputer yang kita gunakan saat ini, tidak serta merta datang begitu saja, melainkan melalui beberapa tahapan yang kompleks dalam evolusinya. Kita bisa saja mengingat kembali mengenai sejarah Abacus, ditemukan di Babilonia irak. Sekitar 5000 tahun yang lalu. Sebagai alat manual hitungan yang pertama. Baik bagi kalangan sekolah atau pedagang pada saat itu. Lalu pada tahap selanjutnya, telah banyak ditemukan berbagai jenis alat hitung mekanikal, seperti pascaline, yang ditemukan oleh blaine pascal pada tahun 1642. Arithometer oleh charles xavier thomas de colmar pada tahun 1820. Babbages folly oleh charles babbage, pada tahun 1822. Dan hollerith, oleh herman hollerith, pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya, tanpa tenaga listrik. Ukuran dan struktur komputernya masih berdasarkan tingkat kerumitan dan pola pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Sampai akhirnya, barulah pada tahun 1940, era komputer elektrik dimulai. Sejak ditemukannya penemuan komputer elektrik yang menerapkan sistem operasi aljabar boolean.

BAB II

PEMBAHASAN

Sejarah Perkembangan Komputer

Inovasi-inovasi cerdas telah ikut andil dalam perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat. Perkembangan inovasi komputer tersebut terbagi dalam lima generasi. Berikut adalah ulasan tentang sejarah perkembangan komputer dari awal sampai sekarang, dari generasi ke generasi:

Komputer Generasi Pertama

Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman.

Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Ya, “central processing unit” yang terdapat dalam komputer generasi I merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer. Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah “machine language”.

Komputer Generasi Kedua

Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua ini. Adalah transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua.

Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.

Komputer Generasi Ketiga

Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian. Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.

Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pun, pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.

Komputer Generasi Keempat

Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen.

Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tak berhenti sampai disitu, muncullah perangkat komputer yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.

Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik. Ya, komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer generasi masa depan. Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik (menyentuhnya), tetapi menggunakan otak.

BAB III

PENUTUP

A. KESIMPULAN

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasanya, komputer memiliki beberapa fase sebelum mencapai bentuk yang canggih seperti sekarang. Yang bertujuan untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaan kantor dan semacamnya dengan aplikasi dan program yang ada didalamnya.

B. SARAN

Dengan terus menggeliatnya perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi, alangkah baiknya jika dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia yang kompetitif sekaligus berkarakter religius, sehingga mampu untuk menggunakan teknologi dengan mindset yang kritis terhadap kemajuan iptek, dan bersumbagsi untuk orang-orang disekitar.

Referensi :

http://tekno-hp.blogspot.co.id/2015/06/sejarah-perkembangan-komputer-dari-awal.html

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *