Perkembangan sejarah komputer dari dulu hingga sekarang

Perkembangan sejarah komputer dari dulu hingga sekarang
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA        : RAHMAT IRAWAN

KELAS       : 14 TEL 03

N I M : 14150101

Kata Pengantar
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmatnya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat pada waktunya. Makalah ini berisikan tentang bagaimana sejarah perkembangan komputer dari awal mulanya hingga seperti saat ini. Makalah ini merupakan tugas ospek yang diberikan  oleh panitia ospek.

Mengingat waktu yang begitu singkat yang diberikan, tentu saja makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik yang membangun agar dapat menambah kekurangan dari makalah ini.

Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1  Latar belakang

 

Di zaman modern seperti saat ini komputer bukan lagi barang yang aneh. Komputer begitu penting  terutama sebagai penunjang kegiatan bisnis. Dengan menggunakan computer seseorang dapat memudahkannya dalam bekerja. Dan besarnya manfaat computer bisa dirasakan  dalam hal : efisiensi waktu, biaya, tenaga, kecermatan dan ketelitian dalam menghitung, ketetapan suatu analisa jumlah data yang dapat diolah besar dapat memecahkan masalah-masalah yang rumit  yang tidak dilakukan tanpa computer. Semua orang mungkin tau apa itu computer namun tak semua orang tau bagaimana sejarah computer hingga bisa seperti sekarang dan dapat memudahkan pekerjaan kita. Oleh karena itulah makalah tentang sejarah perkembangan computer ini dibuat ini dibuat dan juga untuk tugas ospek yang diberikan.

 

1.2 Rumusan masalah

 

  1.      Apa Pengertian Komputer?
  2.      Bagaimana sejarah computer dari awal hingga saat ini?

 

3.1  Tujuan

  1.      Mengetahui apa itu computer
  2.           Mengetahui bagaimana sejarah computer dari awal hingga saat ini

 

 

 

BAB II

ISI

 

2.1 Awal Perkembangan Komputer

 

Terciptanya computer diawali dengan perkembangan alat hitung, angka dalam meninjau perkembangan computer kita tak lepas dari  perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih digunakan  adalah abcus ( di Indonesia masih dikenal dengan semphoa) alat ini berasal dari timur tengah dikenal di eropa pada Marcopolo

Pada tahun 1642 seorang pemuda berumur i6 tahun bernama Blaise Pascal membuat sebuah mesin jumlah (mechanical Adding Mavhine) yang digunakan pada kantor ayahnya di Rouen Perancis pada tahun 1967, seorang phyosopy jerman bernama Leibniz membuat mesin hitung yang dapat menambah dan mengalikan. Pada tahun 1975 seorang Peranviz bernama Joseph Mario Jacuard, merancang sebuah metode penggunaan lubang-lubang pada kartu untuk mengontrol benar0benar pada penenum tekstil. Pada tahun 1833, Charles Babbage menggunakan konsep yang mendekati stored program pada computer modern dan mesinnya disebut Analytical Engine. Pada tahun 1854, George boole menerapkan operasi matematika logic, penemuan ini merupakan sumbangan besar dalam perkembangan menuju abad computer.

Pada tahun 1880, Dr. Herman Hollerith dari United States Census Bureau menemukan metode dengan menggunakn punch card untuk merekam data dalam mesin sensusnya. Hal ini membawa ollerth kearah suksesnya pada tahun 1886 ia mendirikan tabulasi Machine Company dikemukakan hari Tabulating Machnie Company dan berkembang menjadi internasional Bussines Machine Corporation (I.B.M.). Pada tahun1908 james Power dari Census Baeau merencanakan mesin untuk memproses dngan menggunakan punch car dan mesin ini digunakan pada tahun 1910. Pada tahun 1911 ia membentuk Power accounting Machine Company yang kemudian hari menjadi Remington Rand Company.

  1.    Generasi Komputer

Hingga saat ini perkembangan computer dapat  dapat dikatakan telah mengalami 6 regenerasi yaitu

  •         pra generasi ( sebelum tahun 1946 ),
  •         generasi I ( tahun 1946-1959),
  •         generasi II (tahun  1959-1965),
  •         generasi III ( tahun 1965-1970),
  •         generasi IV ( sejak tahun 1970),
  •         generasi V ( sekarang dalam tahap perkembangan)
  1.     Komputer Generasi Pertama
  •            Komponen utama yang digunakan adalah transistor sirkuitnya
  •            Program yang dibuat dengan bahasa tingkat, seperti : Fortran , Cobol, Alkgol
  •            Kapasitas memori utamanya sudah cukup besar
  •            Ukuran fisik computer lebih kecil
  •            Proses operasi sudah cepat dapat memproses jutaan  operasi perdetik

 

  1.     Komputer generasi III ( tahun 1965-1970)
  • Komponen yang digunakan adalh IC (integral Circuit)
  • Prosesnya lebih cepat hamper 10.000 kali dari computer generasi pertama
  • Kapasitas memori lebih besar dapat menyimapn ratusan ribu karakter
  • Penggunaan listrik lebih hemat
  • kemampuan melakukan data dari computer satu engan lainnya, misalnya lewat alat telekomunikasi telepon  contohnya: IBM S/ 360, NOVA

 

  1.    Komputer generasi IV ( sejak tahun 1970)

Sejak dari generasi ketiga orang mulai sulit membayangkan computer generasi selanjutnya, karena telah banyak sekali perkembangannya. Perkembangan yang telah terjadi yang sebelumnya belum dipikirkan  tetapi sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai computer generasi keempat. Yang pertama adalah penggunaan Large Scale Intergation (LSI) . LSI merupakan pemedatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip. LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Intergation). Yang kedua adalah dikembangkan nya computer mikro yang menggunakan microprocessor dan semi conductor yang berbentuk chip untuk memri internal komputer.

Contoh computer generasi keempat yang pertama :

  • Tahun 1970, IBM 370 telah menggunakn LSI yang merupakan computer generasi keempat pertama
  • Tahun 1977 perusahaan detepoint corporation mengumumkan Arcnet yang merupakan komputer Local Area Network (LAN), LAN adalahjaringan computer yang saling berhubungan satu dengan computer yang lainnya yang dihubungkan dengan kabel satu area lokal.
  • Tahun 1977 merupakan perkembangan yang sangat penting dalam dunia computer mikro sejak saat ini mempunyai bentuk fisik yang kecil dengan harga murah yang dapat digunakan oleh masyarakat sehingga disebut dengan computer personal.
  • Tahun 1981 Xerox komputer  memperkenalkan computer di atas meja desktop computer yang dapat menampilkan beberapa bentuk dilayar sekaligus dalam bentuk jendela dan menggunakan alat mous yang pertama.

 

  1.     Komputer Generasi kelima

 

Komputer generasi kelima sedang dalam perkembangan computer yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Intergation) disamping menggunakan VLSI juga sedang dilakukan pengembangan terhadap Josephson Junction  yang memungkinkan bisa mengganti chip. Josephson mempunyai keampuan memproses milyard oprasi per detik. Jepang adalah egar yang mempelopori perkembangang generasi kelima.

 

 

BAB III

Kesimpulan

 

Secara umum pengertian computer adalah seperangkat alat elektronik yang mengolah data-data menjadi informasi bantuan instuksi yang dimengerti oleh computer yang disebut bahas pemograman.

Komputer begitu penting  terutama sebagai penunjang kegiatan bisnis. Dengan menggunakan computer seseorang dapat memudahkannya dalam bekerja. Dan besarnya manfaat computer bisa dirasakan  dalam hal : efisiensi waktu, biaya, tenaga, kecermatan dan ketelitian dalam menghitung, ketetapan suatu analisa jumlah data yang dapat diolah besar dapat memecahkan masalah-masalah yang rumit  yang tidak dilakukan tanpa komputer.

Hasil computer dapat disajikan lebih baik dan menarik. Komputer bermacam-macam jenis dan ukurannya, tetapi berdasarkan kemampuannya, kecepatan, kapasitas memori dan ukurannya. Komputer dapat dikelompokkan berdasarkan jenis datanya berdasarkan kemampuannya dan berdasarkan segi kegunaannya.

Sejarah perkembangan computer dapat dikatakan telah mengalami 6 regenerasi yaitu pra generasi ( sebelum tahun 1946 ), generasi 1 ( tahun 1946-1959), generasi II (tahun  1959-1965), generasi III ( tahun 1965-1970), generasi IV ( sejak tahun 1970), generasi V ( sekarang dalam tahap perkembangan)

 

Daftar Pustaka

  •         Berbagai sumber

Sumber : http://cerdasnya-article.blogspot.co.id/2013/02/makalah-sejarah-perkembangan-komputer.html

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *