Perkembangan Komputer Dari Generasi ke Generasi

Perkembangan Komputer Dari Generasi ke Generasi
January 21, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA        : MOHAMMAD RAMDHAN DWIJAYA

NIM: 14150032

BAB I

PENDAHULUAN

Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Sejak dahulu kala, manusia telah menggunakan perhitungan dan pengolahan data. Agar hasil yang diperoleh lebih cepat, manusia membuat alat-alat mekanik dan elektronik untuk perhitungan dan proses pengolahan data. Komputer yang ada saat ini merupakan suatu evolusi yang panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala.

Dalam sejarahnya, komputer tidak langsung disebut komputer. Orientasi penggunaan dan kemampuannya pun jauh berbeda dari komputer sekarang. Pada awalnya, komputer hanya berorientasi untuk masalah perhitungan dan masalah matematis. Selanjutnya komputer kemudian berkembang menjadi pengolah kata, dan sekarang komputer menjadi alat penyedia informasi dan berkomunikasi.

Komputer berasal dari kata “to compute” yang berarti menghitung. Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi computer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika (Proboyekti, tanpa tahun).

Komputer saat ini sudah semakin canggih, tidak seperti komputer sebelumnya. Dalam sejarah computer, ada lima generasi dalam sejarah komputer. Makalah ini akan menjelaskan pekembangan komputer dari generasi keempat sampai dengan saat ini. Makalah ini dibuat untuk melaksanakan tugas kuliah dan diharapkan berguna bagi ilmu pengetahuan.

  1. Latar Belakang

Seperti yang kita ketahui dan kita rasakan, bahwa perkembangan teknologi dari tahun ke tahun berkembang begitu pesatnya, misalnya perkembangan pada teknologi komputer. Dalam sejarahnya, komputer mengalami beberapa periode atau generasi, dimana dari generasi-generasi tersebut semakin memudahkan bagi para penggunanya.

Sebelum lebih jauh membahas sejarah komputer, terlebih dahulu kita mengenal pengertian komputer. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

  1. Rumusan masalah

Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah :

  1. Apakah yang dimaksud dengan komputer?
  2. Perkembangan apa saja yang terjadi dari komputer awal hingga sekarang ini !
  3. Apa perbedaaan dan ciri-ciri komputer setiap generasinya ?
  • Tujuan

Berdasarkan latar belakang, batasan masalah dan rumusan masalah, maka tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan pengertian komputer
  2. Memaparkan perkembangan yang terjadi pada komputer awal hingga sekarang ini.
  3. Dapat mengetahui perbedaan dan ciri spesifikasi komputer setiap generasinya.

BAB II

Pembahasan

2.1 PENGERTIAN DAN SEJARAH KOMPUTER

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.”

llmu komputer (bahasa Inggris: Computer Science), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang.

Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).

Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik

Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.

  • PERKEMBANGAN KOMPUTER

Perkembangan komputer untuk mencapai keadaan yang sekarang memerlukan proses yang sangat amat panjang. Berikut ulasan tahapan yang dapat menerangkan hal tersebut:

  1. Generasi Pertama(1944-1959)

Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin.

Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik di dunia yang pertama yakni ENIAC selesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.

Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama di dunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.

Ciri khasnya :

  • Menggunakan ‘Vacum Tube’ (Tabung Hampa)
  • Ukuran sangat besar
  • Memerlukan tempat yang luas
  • Banyak mengeluarkan panas
  • Proses dan kapasitas sangat kecil/terbatas

Contoh komputer generasi pertama : MARK-I, EDSAC, EDVAC, Univac-I, Colosous, IBM-650

Pabrik pembuat : UNIVAC, RCA, Honeywell, Borroughs

  1. Generasi Kedua(1960-1964)

Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas 3 lapis, yaitu: “basic”, “collector” dan “emmiter”. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari 3 lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal.       Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. Dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.

Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar di pasaran. Komputer IBM-7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.

Ciri khasnya :

  • Menggunakan ‘Transistor’
  • Ukuran semakin kecil
  • Kecepatan semakin tinggi
  • Tidak banyak panas
  • Kapasitas memeori besar
  • Sudah mengenal ‘Teleprocessing’

Contoh komputer generasi kedua : NCR-304, IBM-1620, IBM-1401

  1. Generasi Ketiga(1964-1975)

Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan berbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.

Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara 1 arah ataupun berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi “ON” ataupun “OFF” yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Pada setiap bidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili 1 bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada di dalam 1 chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil.

Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory.

Ciri khas :

  • Komputer menggunakan ‘ Solid Logic Technologie’ dan ‘Monolicthic Integrated Circuit’, yang terbuat dari bahan semiconductor dan dikemas dalam bentuk Integrated Circuit (IC).
  • Maka ukuran semakin kecil
  • Kapasitas memori menjadi semakin besar
  • Proses dilakukan dengan cepat
  • Konsep ‘Multiprogramming’ digunakan

Contoh komputer generasi ketiga : ICL 1900, IBM S/360, IBM S/370, UNIVAC-1106

  1. Generasi Keempat(1975-Sekarang)

Microprocessor merupakan chiri khas komputer generasi keempat yang merupakan pemadatan ribuan IC ke dalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal.

Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004. Contoh generasi ini adalah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer. Di samping itu, kemudian muncul TRS Model 80 dengan processor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 menggunakan 64Kb RAM standard. Komputer Apple II-e yang menggunakan processor jenis 6502R serta Ram sebesar 64 Kb, juga merupakan salah satu komputer PC sangat popular pada masa itu. Operating Sistem yang digunakan adalah: CP/M 8 Bit. Komputer ini sangat populer pada awal tahun 80-an.

IBM mulai mengeluarkan Personal Computer pada sekitar tahun 1981, dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit. Dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan komputer lainnya, di samping teknologinya jauh lebih baik serta nama besar dari IBM sendiri, maka dalam waktu yang sangat singkat, komputer ini menjadi sangat popular.

Ciri khas :

  • Menggunakan komponen rangkaian terpadu tingkat tinggi yang lebih kompleks dan rumit

Contoh komputer generasi keempat : IBM-3081, FujitsuM380, Race-6000

  1. Generasi Kelima(Sekarang–Masaldepan)

Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.

Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium 3.

Packard Bell iXtreme 4140i merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processornya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibandingkan dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar RDRAM 128 MB, Harddisk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inchi.

Ciri khas :

  • Mengguakan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor
  • Peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia.
  • Fungsi komputer menjadi lebih cerdas dan memiliki kemampuan yang semakin canggih..
  • Fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana

Contoh komputer generasi kelima : Packard Bell iXtreme 4140i

  1. Komputer Generasi ke 6 (Masa Depan)

Generasi komputer ke-enam merupakan generasi komputer masa depan. Coba bayangkan bagaimana teknologi komputer di masa depan, bisakah Anda membayangkannya? Saat ini saja dengan komputer di hadapan kita, segala pekerjaan dapat kita kerjakan dengan mudah. Kita bisa browsing apa saja yang kita butuhkan dengan komputer saat ini. Dengan teknologi saat ini saja, kita seolah-olah sudah bisa menggenggam dunia.

Ciri khas :

  • Lebih canggih
  • Lebih murah
  • Memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir
  • Mampu membuat kesimpulan seperti manusia

BAB III

PENUTUP

3.1  KESIMPULAN

Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.

  1. Pada dasarnya perkembangan teknologi didunia ini adalah suatu perombakan dari generasi ke generasi yang diakibatkan oleh pemikiran manusia yang menginginkan metode yang diterapkan dalam tenologi agar lebih mudah digunakan untuk membantu pekerjaan manusia itu sendiri. Para ilmuwan berusaha keras agar teknologi tersebut mempunyai kemampuan besar dalam menalankan tugasnya secara spesifik.
  2. Bukan hanya isi dan kemampun teknologi yang dikembangkan, pda kenyataannya bentuk dan rupa dari dari teknologi itu sendiri juga telah bermutasi dari waktu kewaktu berdasarkan kegunaan dan fungsi yang dimilikinya. Sebut saja ketika awal diluncurkannya komputer yang masih menggunakan ruangan hampa udara yang memakan ruang yang besar pada jamannya. Bandingkan dengan masa sekarang dimana dapat kita lihat adanya laptop/komputer jinjing yang sangat efisien untuk dibawa kemanapun bahkan dengan kemampuan yang melebihi komputer dengan kapasitas hampa udara yang telah diluncurkan pertama kali.
  3. Melihat ari perkembangan teknologi didunia dimana para manusianya tidk pernah berhenti untuk berinovasiuntuk mengembangkan karyanya maka tidak menutup kemungkinan jika dimasa mendatang nanti akan ada komputer lainnya dengan desain efisien dan kemampuan super canggih yang akan diluncurkan.
    • Kritik dan Saran

Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.

Diharapkan dengan adanya teknologi computer dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.

BAB I (Pendahuluan):

http://hendrakurniawansyahputra.blogspot.co.id/2013/04/makalah-perkembangan-komputer-dari.html

BABI(Latar Belakang):

http://number1.abatasa.co.id/post/detail/23530/artikel-teknologi-mengenai-perkembangan-komputer.html

BAB I (Rumusan Masalah dan Tujuan) :

http://ndankaprilia.blogspot.co.id/2013/02/v-behaviorurldefaultvmlo.html

BABII (Ciri Khas dan Komputer Generasi ke 6) :

http://koskuliah.blogspot.co.id/2015/06/perkembangan-komputer-generasi-ke-generasi.html

BABII(Pembahasan): http://ourpos.blogspot.co.id/2014/09/contoh-makalah-teknologi-komputer.html

BAB III (Kesimpulan) :

BAB III (Kritik dan Saran) :

http://ourpos.blogspot.co.id/2014/09/contoh-makalah-teknologi-komputer.html

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *