Pengalaman selama praktikum dasar komputer

Pengalaman selama praktikum dasar komputer
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Fahrul solehudin

14150132

Kelas karyawaan

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat, selain membantu memudahkan manusia dalam berkomunikasi dan mencari informasi maupun menerima informasi tetapi juga menuntut manusia untuk berpikir lebih maju. Pada era teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, komputer merupakan hal yang sangat penting sekali. Komputer sangat dibutuhkan dalam kehidupan seseorang, bisnis dan juga pendidikan. Komputer alat komunikasi yang semakin canggih dan bermacam-macam, menuntut manusia untuk

Selain sebagai tugas mata pelajaran PRAKTIKUM KOMPUTER DASAR, disusunnya makalah ini untuk menambah informasi mengenai perakitan komputer, bagian-bagian komputer, cara menginstall windows. Karena makalah yang saya buat ini menceritakan pengalaman selama praktikum komputer.

  • Tujuan
  1. Dapat memahami dan mengerti perakitan komputer.
  2. Dapat memahami dan mengerti cara mereset baterai CMOS.
  3. Dapat memahamindan menegerti cara menginstall windows diVirtualbox.

 

BAB II MATERI

Disemester pertama ini terdapat mata kuliah pratikum komputer dasar. Mata kuliah ini sangat penting karena dalam kuliah jurusan tehnik telekomunikasi dituntut untuk mengetahui bagian bagian komputer. selain itu selama perkuliahan harus menguasai komputer.  Untuk yang basic SMA nya dari jurusan IT mungkin ini sudah biasa, tetapi untuk yang bukan basic IT ini sangat membantu sekali.

Selama satu semester terdapat beberapa pertemuan mata kuliah praktikum komputer dasar. Didalam mata kuliah ini benar benar membahas komputer dari dasar. Mengenai sejarah awal komputer itu,bagian-bagian dari komputer dan seterusnya.berikut praktikum selama praktikum

  1. Pertemuan pertama merakit komputer

Dalam pertemuan pertama membahas perakitan komputer, dalam perakitan komputer dalam perakitan komputer ada beberapa hal yg harus diperhatikan. Mengenai spesisfikasi motherboard dengan prosessornya, hardisk, Ram dan sebagainya.

  • Perakitan komputer

a. Memasang Processor ke Motherboard

b. Memasang fun prosessor

c. Memasang RAM

d. Memasang motherboard ke cassing

e. Memasang power suplay

f. Memasang optical drive

g. Memasang hardisk

h. Memasang kabel motherboard dan cassing

       2. Pertemuan kedua mereset baterai CMOS

Clear CMOS berfungsi mereset sebuah setting BIOS (Basic Input Output System). Perubahan ini diperlukan untuk mengembalikan pada settingan pabrik/default. BIOS merupakan sebuah IC Program yang menyimpan data-data program yang dibutuhkan bagi bekerjanya motherboard dan hubungan antar konektor/interface di komputer.

Bilakah di butuhkan Clear CMOS

  • Clear CMOS diperlukan bila ada hal dalam BIOS yang kita utak-atik hingga komputer tidak berjalan karena kesalahan setting di BIOS. Dengan Clear CMOS, settingan kembali keadaan awal/default hingga semua berjalan.
  • Penggantian/Up-Grade/Down-Grade Processor. Penggantian processor, baik karena processor yang lama mati maupun melakukan Up Grade, bisa mengakibatkan Motherboard tidak bekerja. Hal ini disebabkan settinggan BIOS membaca Bus Clock dan Ratio processor lama yang belum tentu sama dengan processor yang diganti. Tapi tentu saja tidak semua motherboard akan mengalami hal ini, karena banyak motherboard memiliki fasilitas auto detectionyang akan langsung menyesuaikan settingan dengan kondisi processor.
  • Password Unlock. Yaitu, membuka password BIOS. Sering terjadi, saat komputer diberi Password, kita lupa password yang kita buat. Maka, reset BIOS/Clear CMOS adalah salah satu jalan paling mudah untuk membongkar password BIOS.

Cara Melakukan Clear CMOS

Mudah saja, hampir setiap motherboard memiliki fasilitas clear CMOS. Meski ada beberapa cara, prinsipnya sama.
1). Ini cara yang paling umum. Petunjuk di Motherboard juga jelas terbaca Clear CMOSatau Reset BIOS. Biasanya berupa 3 pin jarum dengan ditandai nomor 1 atau tanda panah tanda petunjuk nomor 1. Pin atau Jumper ini, biasanya berada tidak jauh dari Baterai CMOS. Umumnya posisi normal, jumper/penghubung ada di pin no 1 dan 2. Untuk melakukan clear CMOS, pindahkan posisi jumper ke posisi 2 dan 3 atau bisa ikuti petunjuk di motherboard. Tidak perlu dalam kondisi komputer hidup (hal yang seringkali salah dipahami).

       3. Pertemuan ketiga install window di virtualbox

Di pertemuan ketiga membahas cara menginstaall windows divirtual box. Program Microsoft windows adalah sebuah program dasar computer atau bisa di sebut oprating system disingkat program OS yang di kembangkan oleh perusahaan Microsoft . program os ini di program menggunakan bahasa c , c++ dan bahasa rakitan .

Kegunaan program windows adalah untuk mempermudah pengguna computer untuk melakukan semua aktifitas yang mempergunakan computer . disetiap versi nya windows slalu berusaha memanjakan pengguna computer dengan fitur – fitur tambahan yang diberikan oleh microsoft.

Berikut langkah-langkah installs divirtualbox

  • menginstall Virtual Box di komputer masing masing.
  • Untuk OS ( Operating System ) Pilih Microsoft Windows version Windows XP
  • Untuk Memori bebas mau kalian kasih berapa, dan ingat Memori harus di bawah kapasitas RAM Komputer kita. Untuk selanjutnya kalian next next aja itu installer nya.
  • Installasi Winsows XP di Virtual Box :Klik Storage seperti yang ditunjuk pada gambar
  • Setelah masuk di Storage. Klik Empty. Kemudian klik disk yang terdapat di menu Attributes
  • Setelah kalian klik pada disk tersebut. Pilih Choose a virtual CD/DVD disk file
  • Setelah masuk di Choose a virtual CD/DVD disk file… kalian cari lokasi dimana agan simpan File Windows Xp.iso
  • Setelah kalian pilih File Windows Xp.iso.File tersebut akan terdapat di menu Storage, Klik OK.

  • Pada tampilan Virtual Box. Klik Mulai pada bar dikiri atas.
  • Virtual Box sudah dapat di Operasikan.
  • Pada Langkah pertama terdapat Judul Windows XP Professional Setup. Di situ agan diperintahkan untuk membagi partisi sesuai keinginan agan, Klik Enter.
  • Silahkan tunggu loading proses Setup Formats the Partition.
  • Klik Enter pada Format the partition using the NTFS file system <Quick>
  • Muncul tampilan Windows XP
  • Setelah masuk, kita harap menunggu loading dari Installing Device
  • Setelah proses loading selesai, Klik Next
  •  Tuliskan Nama dan Organisasi sesuai keinginan kalian. Klik Next
  • Kemudian tuliskan Nama Komputer kalian sesuai apa yg diinginkan, setelah selesai menuliskan Nama Komputer kalian. Untuk mempercepat proses penginstallan. Klik Next
  • Sesuaikan Date & Time, Time Zone sesuai Lokasi/Wilayah kalian. Klik Next
  • Tunggu proses Loading Installing Network selesai. kalian akan masuk ke proses Starting Windows.
  • Setelah kalian tiba di Welcome to Microsoft Windows. Klik Next.
  • Setelah masuk ke step berikutnya. Pilih Not right now. Kemudian Next.
  • Proses Install selesai !

BAB III KESIMPULAN

Dapat disimpulkan bahwa mata kuliah praktikum komputer dasar penting untuk jurusan tehnik telekomunikasi. Terutama untuk yang basic SMAya bukan dari jurusan TI/TKJ. karena praktikum komputer dasar memeplajari dasar dasar komputer. Tanpa tahu dasar dasar komputer akan cukup sulit dalam memahami pelajaran tehnik komputer yang lain.

SEMOGA BERMANGFAAT. TERIMA KASIH!!!!!!!:-)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *