pengalaman saya selama praktikum

pengalaman saya selama praktikum
January 21, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : MOCHAMAD IMAM SANTOSO
KELAS : 14 TEL – 03
NIM : 14150086
Tugas : dasar computer
Dosen : muhamad ma’ruf

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas hasil laporan Praktikum Dasar Komputer ini.

Dalam penyusunannya, saya mengucapkan terimakasih kepada Dosen Dasar Komputer saya yaitu Pak Muhammad Ma’ruf yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.

Meskipun saya berharap isi dari laporan praktikum saya ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas makalah praktikum Dasar Komputer ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata saya mengucapkan terimakasih, semoga hasil laporan praktikum saya ini bermanfaat.

Jakarta, 18 Januari 2016

Mochamad Imam Santoso

Saya Mochamad Imam Santoso, saya adalah seorang Mahasiswa Akademi Telkom Jakarta (AKATEL) dan saya generasi Angkatan 14 dikampus ini. Saya adalah mahasiswa baru Semester Satu dikampus ini. Dan saya kuliah disini mengambil Jurusan atau Fakultas Teknik Telekomunikasi. Saya menulis artikel atau tulisan ini untuk menceritakan pengalaman saya selama menjalani atau mengikuti PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER (DASKOM). Yang dipimpin oleh Dosen MUHAMMAD MA’RUF dan yang membimbing saya dibidang dunia computer selama saya kuliah disini di Akademi Telkom Jakarta (AKATEL).
Sebelum saya bercerita tentang pengalaman saya selama menjalani dan mengikuti PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER (DASKOM). Saya ingin bercerita kenapa saya kuliah dan masuk di Akademi Telkom Jakarta (AKATEL) ini. Biarkanlah saya memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum saya bercerita. Saya adalah kelahiran Jakarta, 21 Juni 1994 dan saat ini saya berusia 21 Tahun. Dan banyak orang-orang bertanya kenapa baru Kuliah sekarang, padahal saya lulus Sekolah Menengah Akhir dari tahun 2013. Dan dari angkatan saya hanya sayalah yang paling tua usia, ibarat bahasa betawinya bisa disebut bangkotan. Tapi soal masalah usia saya tidak terlalu penting karna bagi saya WALAUPUN SAYA TERLAMBAT TAPI TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR DAN PENDIDIKAN. Dan bagi saya ini adalah jalan untuk memperbaiki nasib makanya saya manfaatkan jalan dan suasana ini untuk kuliah saya. Sebelum saya kuliah disini saya sebelumnya bekerja kurang lebih 1 tahun 5 bulan lamanya, dan saya juga sempat menjalani pendidikan agama atau bisa disebut pesantren disalah satu daerah Panegelang Banten. Sebelum saya kuliah berbagai pekerjaan saya telah merasakan contoh seperti Kuli Bangunnan , Security, Cleaning Service, Sales Marketing Finance, Karyawan Pabrik, dan yang terakhir menjadi Pegawai Restoran/Café Jepang didaerah Jakarta. setelah saya bekerja lumayan begitu lama tiba-tiba kakak Laki-Laki saya menelpon saya menawarkan saya untuk kuliah atau menjadi Polisi dan soal biaya kakak saya menampungnya. Abis kakak saya kasian melihat selama bekerja gak ada hasil sama sekali. dan sebenarnya saya ditawarkan kuliah dari tahun 2013 namun saya terus menolaknya karna saya mau merasakan dunia bekerja dan masih terbiasa untuk main-main. Dan selama saya bekerja banyak pengalaman saya dapatkan dan tahu apa arti kerasnya kehidupan ini. Saya juga sempat terlintas penyesalan akibat saya menolak kuliah pada tahun 2013 karna keegoisan saya. Memang allah itu maha penyayang rezeki tidaklah kemana pada tahun 2015 saya ditawarkan kuliah atau mdnjadi polisi, yang saat itu saya sedang menjadi pegawai restoran/café jepang dan saat itu sedang nyaman-nyamannya saya bekerja. Dan akhirnya saya setelah pulang bekerja jam 6 sore saya mampir kerumah abang saya untuk memutuskan saya ingin kuliah atau jadi polisi. Namun kakak saya malah lebih mendukung saya jadi polisi Cuma sayanya tidak ada niat untuk menjadi aparat kepolisi karna ada alasan tertentu yang ada pada diri saya. Akhirnya, saya memutuskan untuk kuliah tapi kuliah difakultas yang sesuai dengan jurusan dan bakat saya yaitu music atau sastra bahasa. Namun abang saya ingin kuliah disini di Akademi Telkom jakarta (AKATEL). Yaudah karna saya harus sadar diri saya harus nurut saja mungkin ini adalah jalan terbaik yang dikasih allah dan sejujurnya saya tidak ada ilmu sedikitpun difakultas Teknik Telekomunikasi yang saya jalani sekarang. Tapi saya mau tidak mau harus terus belajar biar tau apa itu Teknik Telekomunikasi. Walaupun saya tidak ada bakat dibidang ini tapi itu bukan alasan saya untuk menyerah karna ini adalah hidup yang penuh tantangan dan ini salah satu cara agar membuat keluarga bangga terhadap saya.
Itulah cerita saya sebelum saya kuliah disini dan memutuskan untuk kuliah disini. Walaupun saya kuliah disini bukan kemauan saya tapi saya harus tetaplah semangat dan manfaatkan keberuntungan yang ada. Karna saya sangatlah beruntung banyak orang yang belum bisa kuliah dan banyak orang ingin kuliah dikampus ini, tapi belum sempat dan belum seberuntung saya yang bisa kuliah disini. Karna usut punya usut kuliah disini hanyalah orang-orang yang nilai kelulusannya pada saat sekolah dulu nilainya tinggi dan hanya orang yang terpilih disini itu katanya sih !!! tapi waktu saya daftar disini saya diberi tahukan katanya nilainya minimalnya rata-rataa 7,5 . dan saya masuk karna nilai saya 7,6. Alhamdulilah inilah rezeki yang diberi allah dan sekarang tinggal sayanya yang berusaha. Dan sekarang saya lanjutkan cerita pengalaman saya selama saya mengikuti praktikum dasar computer.
Awalnya saya didunia perkomputeran sih gak tau dan gagap teknologi. Karna saya saja dirumah tidak punya computer ataupun laptop. Maklum saja, namanya juga terlahir dari keluarga yang sederhana dan hidup/berkembang diperkampungan makanya wajar saja saya gagap teknologi. Saat kuliah saja saya baru dipinjamkan laptop oleh abang saya makanya saya dikit demi sedikit belajar dengan yang lebih pengalaman. Dan semenjak kuliah semester satu sudah mulai beranjak kesemester dua saya dikit demi sedikit bisa memainkan sejenis computer/laptop. Memang sih, sebelum itu saya mengerti sedikit tentang dunia perkomputeran, contonya seperti dunia internet seperti facebook . namun, saya tidak tau bahwa dunia internet dan dunia computer itu luas sekali. makin lama kelamaan saya makin penasaran. Contoh saya saja kagum teknologi ini makin berkembang ternyata handpone android saja bisa menjadi remote laptop atau computer bahkan bisa menjadi remote televise dan elektronik lainnya. Dan disinilah saya mencoba dan terus mencoba untuk menggali lagi ilmu ini agar lebih berwawasan lagi. Namun , pak Ma’ruf sebagai dosen saya mengatakkan “ sebelum kamu belajar lebih tahu kedunia teknologi dan dunia internet kamu harus tau dulu ILMU DASAR KOMPUTER “ . makanya saya waktu sangatlah semangat walaupun agak malas sih hehe…. Tapi walaupun bagaimanpun saya harus mencoba biar saya tau.
Pada saat Hari Selasa, Tanggal 2015 saya pertama kali mengikuti Praktik Dasar Kompoter. Dengan membawa modul 1 dan Modul 2 sebagai buku panduan saya saat Praktik nanti dan dibimbing juga oleh Pak Ma’ruf. Walaupun saya pada saat itu saya terlintas rasa malas untuk mengikuti Praktik, karna pada saat itu yang seharusnya saya libur dan tidak kekampus. Diharuskan untuk datang hanya untuk praktik saja karna mau tidak mau saya harus data dari pada saya tidak masuk nilai saya nanti berkurang dan ada sangsi tertentu bila tidak mengikuti praktik. Karna ini juga sudah menjadi prosedur yang ada dan saya harus mengikutinya. Dengan dibagi perkelompok pada saat itu untuk praktik saya menuju ruangan praktik. Dan yang saat itu saat praktik dengan bersama teman saya yaitu Muhammad Azzam Ramadhan, Piden Alwi, Alvian Dimas, Cahaya Sihaan, Willys Fitriana, Hany, dan Salma. Itu semua dibagi dua kelompok yaitu kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Saat itu saya baru pertama ketemu dengan pak Ma’ruf yang sebagai pembimbing Praktik saya. Awalnya saya melihat wajah pak Ma’ruf adalah seorang dosen yang galak, namun saya salah menilai ternyata pak Ma’ruf dibalik sikap kewibawaannya ternyata sikapnya seperti anak muda beliau bisa membawa saya dan teman-teman tertawa walaupun pada saat itu sedang praktik dan belajar karna sifat humorisnya itu tak seperti saat sedang belajar ataupun praktik.
Saat itu pak Ma’ruf menjelaskan dan menerangi dari buku yang saya genggam yaitu modul 1 tentang “ SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER “. Beliau menjelaskan secara perlahan dan singkat sekali namun dapat dimengerti oleh saya dan teman-teman. Dan banyak ilmu yang saya dapat dari yang dijelaskan oleh beliau. Dan saya baru tau bahwa banyak perkembangan yang terjadi dari teknologi computer ini. Arti dari pengertian computer pun saya baru tau dan kapan computer itu ditemukan. Dan selain itu pak ma’ruf mejelaskan semua spesifikasi dan alat computer yang ada dan saya sekarang menjadi paham.
Dan setelah modul 1 selesai pak maruf menjelaskan modul 2 yang mengenai tentang “ PERAKITAN KOMPUTER “. Dan disini pak ma’ruf lagi-lagi menjelaskan cara-cara untuk merakit computer . beliau memberikan teori dan langsung Praktiknya, dengan memasang alat-alat computer yang saya tidak tahu. Namun ada suatu ketika saya kesetrum kabel computer dan saya ditertawai oleh semua yang ada pada saat ini dan setelah itu saat sempat berphoto selfie dengan teman-teman dan pak ma’ruf tertawa saja dan akhirnya prakitikpun selesai saya bergegas pulang. Dan hari itu saya mendapatkan ilmu dan tugas pula yang membuat saya lelah pak ma’ruf menyuruh saya dan teman-teman menyalin dan mengerjain materi yang dimodul 1 dan modul 2 dirumah dengan tulis tangan dan harus pakai gambar dengan deadline satu minggu harus selesai dan dikumpulkan. Saya menulis modul 1 satu ada sekitar kurang lebih 14 lembar dan modul 2 ada 13 lembar berikut gambar yang harus dicetak. Sesampainya saya dirumah istirahat sejenak saya mengerjainya pertama saya membeli kertas dan mencetak gambarnya. Seusai saya selesai itu saya menulis semua modul selama 2 hari 1 malam sehari saya tidak tidur begadang dan berapa gelas kopi hitam pahit saya habiskan sudah tidak terhitung hehe dan uangpun menipis karna mengerjai itu harus beli kertas, cetak gambar, kopi dan lain-lain deh kaya cemilan hehe itu suka dukanya saya menulis tangan kurang lebih 30 lembaran lumayan lelah saya dan setelah itu selesai semua rasanya seperti tenang tanpa beban.
Setelah selang dua minggu kemudian ada lagi praktikum lagi dari pak Ma’ruf pada hari selasa dan ditambah pada hari jumatnya ada lagi praktikum dari dosen pak Yusuf adalah praktikum Rangkaian Listrik dan Fisika Terapan. Dan pada saat itu hari senin saya mendapat jadwal praktikum dan saya bersiap-siap pasang badan lagi minggu ini akan mendapatkan 4 modul dan harus begadang buat menulis tangan dan siap-siap juga mengumpulkan uang buat beli kopi, cemilan dan kertas buat nanti saya menulis tangan modul tersebut. Dan sayapun bergegas menemui Dosen Pembimbingnya untuk mengambil Modul untuk belajar untuk persiapan jelang menghadapi Praktikum nanti, sambil hitung-hitung mengicil tugas saya agar cepat selesai hehehe….. namun sebelum saya bertemu saya bertemu senior kampus saya dia adalah bang Hendro seorang Ketua Senat Mahasiswa kampus ini dan dia adalah angkatan 12 dikampus ini, saya juga sempat mengobrol sejenak dengan dia
“ mau kemana lu mam ? “ ujar bang hendro
“ gue mau ngambil modul bang, ama Pak Ma’ruf dan Pak Yusuf bang “ jawablah diri saya.
“ yaudah lu samperin dulu dah ntar kemari lagi yah “ bang hendro menjawab
“ iya bang tugas Negara nih bang yang bikin tekanan batin gue hehehe…. “ saya menjawab
“ jiah hehehe…. Bisa aja lu mam, koq tekanan batin sih ? “ jawablah bang hendro
“ hehehe iya bang baru dua minggu kemaren gue nulis modul kurang lebih 25 lembaran, dan itu harus tulis tangan bang hehehe…. “ saya menjawab
“ yaelah lebay lu, lu mah masih beruntung mam. Coba gue dulu lu bayangin dulu gue nulis laporan lebih dua kali lipat kaya lu mam, lu bayangin dah itu gak boleh ada coretan yang salah dan goresan tipe-x. dan waktu Cuma kurang lebih tiga sampe 5 hari dan itu juga kalo di ceknya lolos ama Asdosnya kalo di ceknya gak lolos gue harus nulis ulang mam dan buat nulis ulang Cuma dua harian doang “ bang hendro berbagi pengalaman buat saya.
“ ah yang bener lu bang masa iya sih ? “ saya merasa ragu.
“ yaelah gue ngapain boong coba ? kalo lu gak percaya lu Tanya angkatan diatas lu mam “ bang hendro sambil menunjuk kearah senior yang lainnya.
“ yaudah deh bang guepercaya, yaudah gue kekantor dulu dah, gue kan ketua kelas 14 Tel – 03 bang. Masalahnya ini gue ngambil modul buat satu kelas nih hehehe…. Ntar gue balik lagi bang, thanks yah bang “ saya pamit permisi kepada bang Hendro.
Akhirnya saya bergegas untuk menuju Ruangan Kantor Dosen, buat mengambil Modulnya. Yaitu Modul Dasar Komputer, Fisika Terapan, dan Modul Rangkaian Listrik kepada para Dosen Pembiming Praktikumnya. Masing-masing Modul ada dua Modul, Modul 1 dan Modul 2. Akhirnya saya bertemu dengan masing-masing Dosen Pembimbingnya. Dan saya pun mulai mengambil modulnya dan membagikan kepada teman-teman sekelas saya. Seusai mengambil dan membagikan modulnya saya menghitung berapa lembarkah dari masing-masing semua Modul yang saya ambil dari Dosen Pembimbingnya. Ternyata, total semua Modul yang saya dapat dan teman-teman semuanya kurang lebih ada 40 lembar berikut harus ditempel gambar yang sama percis dari yang ada dimodul tersebut. Dan waktunya hanya seminggu saya sudah harus terkumpul dan akhirnya saya persiapan pasang badan yang tegak dan kuat untuk begadang nanti malam agar cepat selesai walaupun praktikumnya saya belum melaksanakan lagi tapi saya menyicil dikit demi sedikit agar cepat selesai dan tidak jadi beban hehe… karna masih banyak tugas yang saya belum kerjakan juga.
Keesokan harinya adalah hari selasa dan saya memulai praktikum Daskom. Dan kecerobohan saya, saya lupa membawa Modulnya tertinggal dirumah. Seusai menulis Modul semalam sampai jam 3 malam. Dan akhirnya saya meminjam modul teman saya yang bukan dari kelompok saya. Saya pun mulai memasuki ruangan praktikum walaupun telat saya terus masuk saja. ternyata, praktikum pun belum mulai masih menunggu saya dan masih ada yang telat pula. Sayapun senang karna bukan saya aja yang telat ternyata masih adapun yang telat.
Beberapa menitpun kawan saya yang telatpun datang dan praktikumpun dimulai. Baru aja beberapa menit diruangan tersebut namun saya sudah merasa ngantuk karna kurang tidur dan ditambah ruangan yang dingin karna AC membuat saya ngantuk dan menjadi lemas dan menjadi tambah tidak konsentrasi. Walaupun, merasa mengantuk tapi mau tidak mau saya harus mengikuti pelajaran ini sampai selesai.
Hari ini pak ma’ruf mengajarkan materi CARA INSTAL WINDOWS 7 DIDALAM VIRTUALBOX yang ada pada modul 3. Pertama-tama saya dan yang lainnya sebelum langsung praktek,saya dijelaskan mengenai SEJARAH SYSTEM OPERASI terlebih dahulu. Dari beberapa generasi yang sudah telah terjadi dan tercipta. Mungkin pak ma’ruf melihat saya sedang merasan mengantuk dan beliaupun memerintahkan untuk membaca modul 3. Dan sedang asyiknya membaca saya disuruh berhenti sejenak dan dia menjelaskan semua tentang yang say abaca tadi. Dan setelah dia menjelaskan, saya dan yang lainnya langsung memulai praktikum untuk install windows 7 dalam virtualbox. Dan seusaikan kami praktik tersebut saya mulai bertanya. Karna yang saya tau kalau menginstal memakai DRIVERPACK SESUAI JENIS LAPTOP/KOMPUTER/PC NYA TERSEBUT. Dan pak ma’ruf memeng benar itu juga bisa tapi ini yang diajarkan pak ma’ruf Cuma teori yang sederhananya saja dan saya suruh belajar dan mencari refrensi sendiri.
Akhirnya perjelasan dan pelajaran untuk modul 3 sudah selesai saya dan yang lain melanjutkan kemodul 4. Yang mengenai CARA RESET PASSWORD. Disini saya dijelaskan cara akses bios dan mereset password dari bios. Dan saya lagi disuruh membaca biar tidak mengantuk. Dan setelah saya membaca pak maruf mulai menjelaskan seperti biasa. Seusai menjelaskan saya dan yang lain langsung praktek yang sudah dijelasan pada computer/alat yang sudah dijelaskan oleh pak ma’ruf. Computer dan alatnya sama seperti praktek yang lalu computer/alatnya Cuma ada dua untuk dua kelompok. Sayang sekali fasilitasnya Cuma dua buah aja. Namun itu, tidaklah menghambat untuk praktek. Saya dan yang lainpun mulai praktek.
Waktupun telah menjelang hampir sore, praktikpun sudah slesai. Alhamdulilah saya dapat ilmu hari ini. Maklum saya adalah orang yang masih GAGAP TEKNOLOGI sebelum saya masuk kampus ini. Saya pun beranjak dan bersiap pulang kerumah untuk mengerjakan dan melanjutkan untuk menulis tugas modul yang diberikan pak maruf. Sebelum saya berangkat untuk pulang saya mengembalikan modul yang saya pinjam tadi keteman saya. Saat saya mengembalikan modul yang saya pinjam itu. ternyata yang punya modul dan teman saya yang lainnya lagi membahas modul tersebut. Mereka ada rasa mengeluh karna dikit lagi UTS dan dikit lagi minggu tenang saatnya para mahasiswa tenang untuk belajar buat menyambut UTS nanti. Namun inilah yang disebut anak teknik saat liburan bukan untuk bersenang-senang tapi untuk KERJA RODI hehe…. KERJA RODI adlah sebutan yang diciptakan ANGKATAN 14 karna mengerjakan tugas yang menumpuk dan membuat fikiran gak tenang dan bagi saya ini adalah tekanan batin hhehe…
Akhirnya sayapun mulai beranjak untuk pulang karna waktu sudah sore hari. Dan sudah cirri khas kampus ini kalau suasana sudah tercium aroma harumnya kecap berarti waktupun sudah sore hehe… maklum sebrang kampus adalah perusahaan industry/pabrik kecap terbesar dijakarta. Namun ketika saya melihat jalanan dan lalulintas macet. Saya pun menjadi malas untuk pulang melihat macetnya jalanan. Tapi mau gak mau yah saya harus pulang karna saya belum bebenah atau merapikan rumah dan tugas kampuspun banyak numpuk. Dan sayapun mulai pulang dengan menaiki motor yang saya bawa.
sesampainya dirumah sayapu kena omelan ayah saya, karna sudah 3 hari saya tidak merapikan rumah. ayah saya melihat cucian piring dan baju menumpuk, rumahpun berantakan kaya kapal pecah. Maklum, saya dirumah hanyalah tinggal berdua hanya saya dan ayah saya, dan itu semua hanya laki-laki semuanya saja. ayah ngomel lagi melihat saya lupa masak nasi tadi pagi. Padahal saya baru saja mau cuci piring namun saya langsung aja masak nasi. Seusai masa nasi saya mulai cuci piring dan habis itu melanjutkan pekerjaan rumah yang lainnya.
Waktupun menunjukkan jam 8 malam lewat. Saya baru selesai mengerjakan pekerjaan rumah. Badan terasa capek dan lelah. Duduk sambil menonton televisi dengan ditemani segelas kopi untuk saya istirahat sejenak dikamar, buat melanjutkan tugas kampus yang menanti dimeja dikamar saya. Setelah saya istirahat tak sengaja mata terpejam dan saya tertidur pulas. Saat pagi hari saya kaget tidak mengerjakan tugas kampus. Akhirnya saya dipagi hari berangkat kuliah dan membawa modul daskom. Berniat untuk mengerjakanlah dikampus saja.
akhirnya saya sampai dikampus jam 7 pagi lewat, hari ini saya ada mata kuliah jam 9 pagi. Sambil menunggu saya mengerjakan modul daskom tersebut. Walaupun belum sarapan saya lanjutkan pekerjaan saya ini walaupun juga masih merasa ngantuk. Tapi saya harus mengerjakan perlahan dikit demi sedikit. Dan teman saya pun ada yang datang. Dan dia member tahu ada tugas dari dosen yang lain dalam mata kuliah Dasar Telekomunikasi mengirim artikel lewat email. Dan ada tugas lagi mengerjakan tugas aljabar dikertas polio. Sayapun jadi malas mengerjakan tugas yang kerjakan makin puyeng dan pusing. Karna tugas daskom aja baru aja selesai satu modul masih tersisa satu modul. Dan fister masih ada dua belum nulis dan ditambah lagi aljabar. Dan temen saya mengasih tahukan saya gambar modul belom juga. Akhirnya saya hentikan saja saya menulis lanjutkan dirumah ajalah pusing ngedengernya saya lebih baik mengirim email dulu biar gak puyeng lagi. Dan mendingan saya ngopi lagi dah biar gak puyeng. Dan waktupun menunjukkan jam 9 pagi saat saya masuk kelas. Namun setelah saya menunggu selama 30 menit dosen gak datang gak masuk. Dan saya bertanya kekantor saat bertanya semua dosen mata kuliah hari ini gak ada yang datang. Hati dan pala makin puyeng. Sia-sia hari datang. Dan saya pun bernjak pulang aja buat mengerjakan modul dan tugas saya.
Jam 11 siang saya sampai dirumah, saya langsung menulis dan mengerjakan modul itu. jam 2 siang akhirnya modul daskom semuanya sudah selesai tinggal mencari gambarnya saja. itu saya mengerjakannya dengan terburu-buru. Dan saya melanjutkan menulis modul lagi yaitu modul fister. Dan modul fisterpun selesai jam 5 sore. Sayapun mulai istirahat dan tenang tinggal mencari gambar daskom. Saya tenang karna semua modul sudah selesai dan modul daskom walaupun masih lama waktunyapun jhari selasa depan. Yang terpenting masalah gambar mah gampang itu tunggal diprint/dicetak. Karna saya binggung kalo mencari sendiri gambar dimodulnya tidak jelas fotocopynya karna kalo disamain dari internet percuma kalau tidak tau gambarnya ntar yang ada ngacak gambarnya.
tiga hari kemudianpun hari sabtu saya masih bersantai-santai saja padahal hari selasa mulai dikumpulkan tugas modulnya. Senin depan pun sudah mulai UTS saya lebih baik belajar aja buat UTS aja deh walaupun masih lama UTSnya saya harus punya materi buat UTS.
Saat hari seninpun saya bingung teman-teman mau mengumpulkan tugas modul itu. dan saya belom juga gambarnya. Yaudah saya panic dan pusing. Akhirnya satu kelas saya Tanya ada yang menimpan fil gambar untuk semua modul daskom tidak. Alhamdulilah saya dapat gambarnya ternyata masih ada yang menimpan file gambar tersebut . dan saya mencetak dikoperasi Senat mahasiswa. Dan meminjam lem dan gunting untuk menempelkan gambarnya. Namun saya binggung nih gambar menyocokkan gimana masalahnya gambarnya dimodul yang diberikan tidak jelas fotocopynya akhirnya saya ngasal aja menempelnya dari pada saya besok sendiri ngumpulin tugas tersebut besok. Akhirnya saya merasa tenang seusai dikumpulkan dan tugas berkurang satu tugas.

nah, itulah cerita pengalaman saya. Saya rasa cukup saya menceritakan pengalaman selama saya praktikum. Semoga bermanfaat, dan mohon maaf bila ada salah kata atau ketikan ataupun bahasa yang tidak berkenan dihati anda.

kesimpulan :
Kesimpulan yang saya dapat dari selama praktikum saya harus giat dan jangan menyia-nyiakan waktu. Dan giat untuk praktikum karna ini cocok buat saya yang gaptek.

Saran :
– Kalau bisa fasilitas untuk praktikum agar diperbanyak biar satu mahasiswa satu buah jangan satu buah untuk empat orang.
– dan pak mar’uf kalau bisa buat mengerjakan tugas laporan/modul waktunya diperpanjang sedikit jangan Cuma seminggu/sepuluh hari saja hehehe…..
– dan untuk praktikumnya waktunya diperpanjang biar saya dan yang lain cepat mengerti.

KATA PENUTUP

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.

Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

Jakarta, 18 Januari 2016

Mochamad Imam Santoso

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *