Pengalaman saya pada saat praktikum

Pengalaman saya pada saat praktikum
January 21, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama        : Mohammad Ramdhan Dwijaya

NIM   : 14150032

Kelas : 14-TEL-01

BAB 1

Pendahuluan

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas karunianya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, Terutama nikmat sehat sehingga saya dapat menyelesaikan tugas membuat artikel tentang praktikum Dasar Komputer ini.

Dalam kesempatan ini saya ingin menceritakan pengalaman saya pada saat praktikum dasar komputer, saya berkata, makin kita jauh melangkah, makin tahu apa yang harus jadi tujuan kita, makin banyak pengetahuan yang diberikan, makin banyak pula ilmu yang saya dapat, itu sih kata-kata buatan saya sendiri.

BAB 2

Pembahasan (Pengalaman saya pada saat praktikum)

Assalamu’alaikum wr.wb

Saya Mohammad Ramdhan Dwijaya dari kelas 14-TEL-01, disini saya akan menceritakan pengalaman saya saat saya praktik DASKOM (dasar komputer), dosen yang membimbing saya bernama bapak Muhammad Ma’ruf. Kelompok saya ada Xena, Kiki, dan Sri.

Saat pertama kali saya praktik dasar komputer, saya awalnya gatau apa yang harus saya lakukan, setelah mendapatkan modul 1 dan 2, saya membacanya, dan saya memahaminya dan mempelajari, supaya disaat saya praktik saya sudah tau apa yang harus saya lakukan.

Pertama kali yang dipraktikan adalah modul 1 yang berjudul Sejarah Perkembangan komputer, pada saat praktik,  bapak Ma’ruf menjelaskan dan menerangkan sejarah perkembangan komputer, saya mendengarkannya, di modul 1(perkembangan komputer) itu ada yang saya ingin tahu tentang komputer generasi ke generasi, ada generasi pertama, generasi kedua, generasi ketiga, generasi keempat, generasi kelima sampai sekarang.

Dan setelah modul 1 selesai, langsung melanjutkan ke modul 2 yang berjudul Prakitan Komputer, pada saat praktik prakitan komputer saya baru pertama kalinya benar” membongkar komputer, selama ini saya taunya hanya basic awalnya saja, dan Cuma sedikit yang saya ketahui, setelah dipraktikan saya bertambah ilmu yang diberikan oleh pak Ma’ruf, ternyata sangat bermanfaat sekali saya praktik prakitan komputer. Pak Ma’ruf menjelaskan sangat detail sehingga saya dan kelompok saya mengerti .

Setelah praktik dasar komputer modul 1 dan modul 2 selesai, saya dikasih tugas oleh pak Ma’ruf, untuk menjadikan makalah modul 1 dan modul 2, beserta mengerjakan soal-soal yang ada di modul 1 dan 2.

Next praktik daskom , praktik daskom modul 3 dan 4, saya mendapatkan modul 3 dan 4 dari pak Ma’ruf , modul 3 berjudul “mereset password”, dan modul 4 berjudul “menginstall windows 7 pada virtual box”.

Selanjutnya praktik modul 3 terlebih dahulu, modul 3 itu berjudul mereset password, di modul ini ada 2 cara mereset password, yang pertama mereset dengan cara dikomputer, saya lupa namanya apa, yang ke 2 melepaskan battery c-mos selama 5 menit .

Setelah modul 3 selesai, langsung melanjutkan ke modul 4, modul 4 berjudul menginstall windows 7 di virtual box. Pada saat sebelum praktik di modul 4 ini, pak Ma’ruf menjelaskan terlebih dahulu, saya mendengarkannya dan memperhatikannya, di modul ini menginstallnya ada urutannya, modul tersebut sangat lengkap urutan cara installnya. Dan pak Ma’ruf menjelaskan bener-bener supaya kita tau saat menginstallnya.

Setelah praktikum modul 3 dan 4 selesai, diberilah tugas oleh Pak Ma’ruf, cara mengerjakan sama dengan modul 1 dan 2 , dengan membuat makalah, dan mengerjakan soal-soalnya yang ada di modul.

Praktikum ini sangat bermanfaat bagi saya, terimakasih untuk pak Ma’ruf, pelajaran praktikum ini membuat saya bertambah ilmu, mohon maaf juga kalau saat praktikum, pada bercanda, biar nggak boring aja pak haha.

 

BAB 3

KESIMPULAN

        Praktikum ini sangat menambah waawasan saya untuk dasar komputer, yang tadinya saya tidak tahu, menjadi tahu, tadinya yang saya tidak bisa, menjadi bisa, pengalaman dasar komputer ini sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman, kesimpulan yang saya ambil adalah jangan melupakan hal kecil apapun kalau sedang melakukan praktikum, karena hal kecil itu sangat besar masalahnya jika kita tidak tahu apa-apa, makanya harus mengikuti praktikum ini, karena praktikum ini  bisa membuat kita menjadi tahu banyak  hal yang kecil tersebut, terima kasih untuk pak Ma’ruf sudah membimbing praktikum Dasar Komputer.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *