Pengalaman Praktikum Semester 1

Pengalaman Praktikum Semester 1
January 23, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : fauzi rofiq al-ahmad
NIM : 14150123
Kelas: karyawan

BAB I
PENDAHULUAN

Kata Pengantar
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan tentang pengalaman praktek semester 1

laporan ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan laporan ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan laporan ini.

Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki laporan ini.

Akhir kata kami berharap semoga laporan pengalaman praktek semester 1 ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.

Tujuan Penulisan

Untuk sharing tentang pengalaman praktikum selama semerter 1 di Akademi Telkom, dan menyelesaikan tugas laporan.

BAB II
PEMBAHASAN

Pengalaman Praktikum

Saya mahasiswa di kampus akatel (akademi telkom) jakarta, diperkuliahan saya ditugaskan untuk membuat laporan tentang pengalaman saya setelah praktikum dasar komunikasi, yang sebelumnya telah dibahas melalui teorinya.

Hanya sekedar info, Alhamdulilla Saya juga bekerja di telkom akses sebagai teknisi migrasi. dan Alhamdulilla pelajaran di kuliah saya menjurus dengan pekerjaan saya sekarang ini.

Sebelumnya saya bersekolah SMK jurusan Tkj (Teknik Komputer dan Jaringan), jadi saya sudah pernah membongkar pasang komputer di smk. Dan pelajaran yang di berikan tidak jauh beda dari pelajaran SMK saya hanya saja di tambahkan beberapa materi lain tentang praktikum komputer.

Pak Ma’ruf membagi kelompok yang berjumlah empat orang perkelompok, kita di berikan gambaran tentang sejarah komputer dari generasi pertama hingga generasi saat ini dan juga di jelas kan komponen komponen komputer . saya mendengarkan dengan baik apa yang di sampaikan beliau tentang sejarah dan komponen komponen komputer.

Setelah di jelaskan kitapun di beri arahan untuk merakit komponen komponen komputer sersebut dari memasan Power Supply, RAM, VGA, CDROM, Port Panel, DLL. dengan cara memasang satu persatu komponen komponen tersebut dengan benar dan tepat hingga komputer yang dirakit dapat menyala dengan normal dan dapat dikendalikan dengan benar.

salah satu ilmu baru yang saya depatkan adalah cara mengetahui port power dan power reset pada cpu, sebelumnya saya tidak mengetahui cara itu jujur saya terkadang sering mendapat kendala saat memasang port panel . Karena saya sering terbalik saat memasang port untuk reset dan port power. setelah pak Ma’ruf memberi tau caranya saya mendapatkan ilmu baru untuk lebih mudah mengetahui port reset dan port power. caranya dengan menggunakan sebuah obeng untuk menyatukan kawat port yang ada maka kita akan tau bahwa yang mana port untuk reset dan port power. terima kasih pak Ma’ruf ilmumu sangat bermanfaat untukku

ngomong ngomong pak maruf orangnya asik mudah berbaur dengan siswa/siswi dia pun ramah serta dekat dengan siswa/siswi nya. sampai kadang saya cemburu karna pak Ma’ruf pun dekat dengan si dia.

mungkin hanya ini yang dapat saya ceritakan tentang pengalaman saya setelah praktikum semester 1 . banyak pengalaman yang tidak saya dapat di SMK semoga pengalaman ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk saya dan kita, terimakasih juga untuk pak Ma’ruf atas bimbimannya sampai saya mengerti.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
praktikum ini sangat membantu saya dalam memahami pelajaran kuliah selain dari yang di pelajari materinya. saya djadi lebih paham setelah praktikum ini dan menambah wawasan saya. semoga skill yang dipelajari di praktikum ini bermanfaat di dunia kerja nantinya.

Saran
semoga kedepannya jadwab praktikum dapat di sesuai kan oleh siswa siswinya yang notabennya adalah karyawan . sehingga semua siswa/siswi dapat hadir saat praktikum. dan semoga prasarana untuk praktikum dapat dilengkapkan untuk memudahkan praktikum dalam melakukan praktikum

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *