Pengalaman Praktikum Dasar Komputer

Pengalaman Praktikum Dasar Komputer
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : Dian Permata Putri
NIM : 14150001
Kelas :14 TEL 01

Pada blog kali ini, saya akan menceritakan tentang pengalaman Praktikum Dasar Komputer saya di kampus kita tercinta, Akademi Telkom Jakarta
Pertama kali saya praktikum tanggal… ketika itu kelas saya sedang tidak ada jadwal mata kuliah. Lalu saya masuk ke laboraterium yang terletak di lantai 2 bersama teman kelompok saya Indah, Nurul, Dony. Kami tergabung dalam kelompok 1. Kami praktikum bersama 1 kelompok lainnya yang merupakan kelompok 2 yang terdiri dari Ray, Fiveteen, Bagoes, dan Agung.
Pertama kali saya masuk laboraterium, lab tersebut dibagi menjadi beberapa sekat untuk tempat praktek beberapa mata kuliah. Lalu kami masuk ke tempat yang terleak di paling pojok kanan. Di sana kami bertemu dosen pembimbing kami yaitu Bp. Maruf. Lalu kami di absen satu persatu.
Praktikum dibagi menjadi dua modul. Modul yang pertama adalah tentang Perkembangan Komputer dari awal hingga sekarang. Modul yang kedua adalah tentang mengenali komponen-komponen apa saja yang ada di dalam PC serta cara pemasangannya.
Lalu kami dijelaskan tentang perkembangan komputer dari awal hinggal sekarang dan komponen-komponen apa saja yang ada di dalam PC. Setiap kelompok di beri 1 PC untuk di bongkar agar kita mengetahui bentuk nyata dari komponen komponen tersebut serta cara pemasangannya.
Setelah praktikum selesai, kami di perintahkan untuk membuat dua laporan praktikum yang berisi modul dan hasil praktek serta menjawab beberapa pertanyaan. Dan di tulis tangan. Kami diberi waktu satu minggu untuk mengerjakan laporan tersebut
Praktikum yang kedua yaitu pada tanggal… ketika itu praktikum sudah di jadwalkan, tetapi ada satu jam mata kuliah yang mendadak. Alhasil kami meminta izin kepada dosen yang terkait untuk izin praktek dan untungnya dosen itu mengizinkan kami. Lalu kami keluar dan pergi menuju laboraterium.
Kali ini merupakan praktikum modul ketiga dan keempat. Modul ketiga berisi tentang cara menginstal Windows 7 dengan menggunakan aplikasi Virtualbox. Dan modul keempat berisi tentang cara mereset password dengan settingan BIOS dan melepas baterai CMOS.
Pertama kami diberi penjelasan tentang Virtualbox yang merupakan aplikasi untuk menginstal dua OS dalam satu PC. Lalu kami diberi tahu cara penginstalannya step by step. Setelah dijelaskan, kami diperintahkan untuk menginstallnya sendiri perkelompok. Seperti biasa, sekali praktek ada dua kelompok. Dan masing-masing kelompok diberi satu buah PC. Setelah praktek modul ketiga selesai, kami langsung praktek untuk modul yang keempat.
Di praktek modul keempat kami dijelasakan apa itu settingan BIOS dan cara masuk ke settingan BIOS. Tak lupa tentang baterai CMOS dan cara membongkar serta pemasangannya. Setelah dijelaskan, kami langsung praktek mereset password dengan settingan BIOS dan melepas baterai CMOS.
Demikian blog kali ini. Itu merupakan pengalaman praktikum saya di Semester I selama berkuliah di Akademi Telkom Jakarta. Dari praktikum ini saya jadi lebih mengenal tentang komputer dan kawan-kawannya.
Semoga pembaca puas dengan blog saya 
Terima kasih!

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *