Pengalaman Praktikum Dasar Komputer

Pengalaman Praktikum Dasar Komputer
January 20, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : XENA AINUNNISA. R
KELAS : 14-TEL-01
NIM : 14150029

BAB I
PENDAHULUAN

         Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari yang namanya  komputer. Banyak program-program yang didesain khusus untuk membantu pekerjaan kita, mulai dari tulis-menulis, membuat atau merancang suatu bentuk, juga menghitung.
Berdasarakan uraian diatas maka dilakukanlah praktikum ini, agar kita dapat memanfaatkan dan megexplore fungsi-fungsi yang ada pada komputer tersebut, tentunya hal tersbut juga akan membantu dan memudahkan pekerjaan kita yang berhubungan dengan hitung-menghitung dengan waktu yang seefisien mungkin.

BAB II
ISI

        Diawal praktek, saya merasa gugup. Karena jujur itu perdana praktek setelah masuk dunia perkuliahan. Sebelumnya juga saya sempat sharing dengan kakak tingkat, beliau bilang “prakteknya gampang kok, asal kamu ngikutin, kamu belajar modul yang dikasih sebelumnya, terus jawab kalo dosennya nanya”. Mulai dari situ saya mulai percaya diri.

Masuk ke hari pertama praktek, perasaan udah biasa aja karena udah ada bayagan bakal ngapain aja. Begitu dijelasin dari awal modul 1 sampe akhir modul 2, baru paham sejarah komputer dari komputer genersi pertama sampai generasi terakhir. Dan dari praktek pertama ini juga saya paham  mana yang nama nya motherboard, kabel power supply, baterai CMOS, soundcard, RAM, fan, dll (dan lupa lagi maksudnya) hahaha.

Setelah itu, baru membongkar CPU, dengan tujuan dapat menghidupkan, mematikan, dan merestart komputer tanpa harus menekan tombol di CPU. Satu lagi pengetahuan yang saya dapat hari itu.

Hari itu, praktek untuk modul 1 dan 2 selesai. Tinggal menyusun laporan nya. Awal nya saya senang dikasih laporan. Yang ada dipikiran saya “asik laporan. Ini baru namanya udah jadi mahasiswa sejati. Udah mulai disibukin sama laporan laporan yang……….. ah gitu pokoknya”

Mulai ada jadwal praktek modul 3 dan 4, saya kaget ini modul tebal sekali. Saya mencoba pasrah dan jalani saja. Begitu masuk ruang praktek, seperti biasanya dosen menjelaskan modul 3 terlebih dahulu, baru praktek nya. Modul 3 kali ini adalah bagaimana cara menginstall windows 7 pada virtualbox. Mengistall windows 7 pada virtualbox kali ini benar benar membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi harus sabar. Karena agak bosan, dan waktu itu hujan juga, iseng deh ada pikiran buat ngeledekin sri rejeki amalia teman sekelompok saya. Kebetulan waktu itu sri sedang chat an dengan (yang katanya) gebetan bule nya itu. Terjadilah, yang kalo kata anak anak gawl sekarang itu istilahnya “bully”. Dengan ciri khas nya sri yang agak……… ya gitu deh bapak taulaahh wkwk

Sri yang di bully ini merasa sikapnya wajar. Oke itu cuma selingan sambil menunggu windows 7 terinstall. Sempat ada trouble di komputer yang saya gunakan. Selain proses yang memang lebih lambat dari komputer lainnya, entah sri apakan kabelnya sehingga komputer yang kami gunakan tiba tiba mati. Alangkah kasiannya, sudah menunggu lama, mati sebelum selesai terinstall. Ini yang dinamakan “rela menunggu demi yang tidak pasti” padahal saya gak cinta sama ini komputer -___-.

Modul ke 4 ini menjelaskan cara mereset password melalui baterai CMOS. Bongkar CPU, dan cari letak baterai CMOS. Disini, di waktu ini, sri masih berbuat ulah. Pengalaman yang di dapat dari 2 kali petemuan praktek 4 modul ini terselesaikan. Tinggal menyusun tugasnya anak kuliahan; LAPORAN. Ini beneran sampe mabok laporan gara gara seminggu ini harus nyelesain 6 laporan sekaligus. Ampun pak ampunnn.

Setelah saya berjuang menyelesaikan ke 6 laporan itu sampai tangan saya berotot, mata beler, selesai lah itu laporan. Maafkan saya ya pak kalo keliatan gak ikhlas tulisannya di lembar lembar akhir 😀

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan:

        Petik sebuah pengetahuan baru dari manapun selagi bisa. Saya yang masih muda juga butuh lebih banyak pengetahuan baru. Bahkan orang yang sudah tua pun senang bila mendapatkan pengetahuan baru. Apalagi pengetahuan yang berbasis teknologi. Berharap pengetahuan yang saya dapat selama ini dengan bapak dosen menjadi pengetahuan yang berguna (aamiin). Dengan pengetahuan yang saya dapat dari praktek ini, semoga bisa saya terapkan di dunia nyata dan di lingkungan sehari hari. Sehingga, pengetahuan saya ini tidak hanya berguna untuk saya tetapi juga untuk banyak orang.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *