PENGALAMAN PRAKTIKUM

PENGALAMAN PRAKTIKUM
January 18, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : ADRI PUTRA PRADANA

NIM : 14150016

 

PENDAHULUAN :

BAB I

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, pertama-tama saya ingin mengucapkan puji dan syukur kepada tuhan kita Allah SWT sang pencipta alam atas segala nikmatnya. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagi cerita ataupun pengalaman saya tentang praktikum di kampus Akademi Telkom Jakarta ini.

BAB II

Cerita Pengalaman Praktikum :

Berawal dari pengalaman pahit saya yaitu ketika saya harus terlempar dari persaingan penerimaan calon mahasiswa baru di universitas negeri. Dan ketika itulah saya bingung dan sedikit patah arah karena sulit memilih universitas swasta yang bagus dan baik pula prospek kerjanya untuk kedepannya nanti ketika saya lulus.

Setelah lama saya memilih dan menyeleksi berbagai universitas suasta yang baik , akhirnya saya memilih AKADEMI TELKOM JAKARTA sebagai kampus saya untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Disini saya ingin menceritakan pengalaman saya tentang praktikum yang ada di kampus ini dan lebih tepatnya yang saya pernah alami sampai saat ini. Pertama saya praktikum saya diperkenalkan terlebih dahulu oleh dosen-dosen yang bersangkutan di mata kuliahnya , tempat praktikumnya , alat dan bahan praktikum serta fungsi dan kegunaanya.

Diawal saya praktik , saya belajar dan diajarkan praktik tentang DASAR PERAKITAN KOMPUTEr , SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI GENERASI KE GENERASI dan Cara memakai VIRTUAL BOX Oleh bapak Maruf sebagai dosennya. Pertama-tama bapak maruf membagi kelompok menjadi 4 orang/kelas. Setelah itu bapak maruf menetapkan jadwal praktikum dan memfotocoy-kan saya dan kelompok saya modulnya yaitu tentang dasar perakitan komputer dan sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi untuk kami pelajari dan pahami.

Ketika hari praktik tiba , saya dan kelompok saya bersiap-siap untuk melaksananakan praktikum pertama. Dan kami pun menuju ruang praktik dengan membawa modul dan kertas folio untuk mencatat apa saja yang dijelaskan dan di peraktikkan oleh bapak maruf tentang materi yang sedang dipelajari saat itu.

Bapak maruf memulai praktikum dengan menjelaskan awal mula komputer dari dulu sampai saat ini . saya dan kelompok saya hanya menyimak , memperhatikan sambil membaca modul dan terkadang sedikit bertanya-tanya.

Ketika saya dan kelompok saya paham dengan apa yang tadi dijelaskan , akhirnya bapak maruf melanjutkan penjelasannya tentang dasar perakitan komputer. Sebelum kami lebih jauh terjun untuk praktik, pak maruf menjelaskan terlebih dahulu bagian-bagian / bahan-bahan perakitan komputer. Seperti CPU, processor , motherboard , Heatsink dan kipas , RAM , VGA Card , Powersuplly , Harddisk , DVD/CD Room , Keyboard dan mouse , Monitor dan speaker Dan alat memasang / kerjanya seperti obeng , skrup dan baut.

Ketika sudah jelas pak maruf menjelaskan satu persatu alat untuk merakit komputer termasuk sejarah , kegunaan dan cara merakitnya di CPU. Setelah saya dan kelompok saya paham , akhirnya kami diperintah untuk merakit Komputer. Dan disinilah awal mula saya merakit komputer , Disini pula lah saya mengerti semua bahan dan alat untuk perakitan komputer.

Ketika kami merakit pun kami tidak menemukan kesulitan karena kami memperhatikan dengan serius ketika Bapak Maruf menjelaskan dan sedikit memperatikkan tadi.

Dan Peraktik selanjutnya adalah cara memaki virtualbox dalam 1 komputer. Dan kembali saat awal peraktik pak maruf menjelaskan / membaca modul terlebih dahulu tentang cara pemakian virtualbox. ketika Pak maruf menjelaskan kami diperintah untuk mengikutinya dengan cara memperaktikannya di komputer. Pak maruf memperakktikan dan menjelaskan cara memakai virtualbox dari awal hingga akhir dengan pelan – pelan dan sangat detail. Tak lupa Pak maruf menyarankan kami untuk memakai windows 7 dan xp karna di kedua windows itulah yang sering orang ataupun teknisi banyak pakai. Bahkan pak maruf pun sendiri memakainya. Karena kedua windows itu ringan dan simple di semua jenis komputer dan paling bagus dipakai / cocok dipakai ketika kita menggunakan virtualbox. Walupun windows 8 bahkan 10 pun yang terlihat lebih canggih ataupun elegan , tetapi yang lebih sering dipakai oleh banyak orang ataupun para teknisi lebih cenderung menyukai windows 7 dan windows xp dalam menggunakan virtualbox.

Dan ketika kami paham dengan segala praktik yang diberikan pak maruf dihari itu , kami pun diberi tugas untuk menyalin modul ( laporan ) yang pak maruf berikan atau kami peraktikan tadi. Dan diberi batas waktu untuk mengerjakan dan mengumpulkan tugas ( laporan ) sekitar 2 minggu.

BAB III

KESIMPULAN :

Dari semua praktik yang saya jalani dan peraktikan saya lebih mengerti dan sadar untuk bisa dan harus meningkatkan diri dan pengetahuan di era globalisasi dan era teknologi ini yang semakin hari bahkan tahun semakin maju. Dan saya juga bangga dengan segala kekurangan dan kelebihan menuntut ilmu ( kuliah ) di kampus ini. Disamping prospek kerjanya baik , di kampus ini pula saya dituntut untuk menjadi orang atau mahasiswa yang mandiri , tidak GAPTEK ( gagap teknologi ) dan modern tentang teknologi dan pekermbangan zaman. Karena sesuai dengan program studinya yakni TEKNIK TELEKOMUNIKASI.

Dan seperti pepatah : kebanyakan teori daripada peraktik sama saja bohong tetapi jika terlalu banyak praktik tanpa teori sama juga bohong. Jado kesimpulannya teori dan praktik itu perlu dan harus bahkan harus seimbang.

Wasalamualikum warahmatullahi wabarakatuh.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *