Pengalaman Praktikum

Pengalaman Praktikum
January 23, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : Devi Prakarsa Ramadhan

NIM    : 14150054

Kelas   : 14 Tel 02

Pengalaman pertama saya saat mengikuti praktek di Akademi Telkom Jakarta ini bisa dibilang sedikit terkejut. Mungkin baru pertama kali prakek di kampus baru dengan teman baru dan dosen baru juga. Tempatnya enak karena ruangannya full AC membuat kami para mahasiswa merasa nyaman dan malah membuat kami menjadi sedikit ngantuk.

Namun dari semua itu saya mendapatkan tambahan ilmu yang saya dapat dalam mengikuti praktek, ilmu yang paling bermanfaat menurut saya adalah saat praktek merakit komputer. Disana kami diajarkan untuk teliti dan mempunyai kerja tim yang baik. Karena jika tidak maka komputer tidak akan bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

Bapak Maruf selaku dosen memberikan materi yang cukup baik dan bisa diterima oleh saya dan mahasiswa lainnya, dan praktek pun akan lebih mengasikan jika bapak bisa membuat suasana ruangan praktek menjadi sedikit bercanda dan tertawa.  Belilau juga dosen yang asyik di ajak bercanda, namun terkadang candaannya maksud (alias garing), tapi itu semua yang menjadi bumbu dalam praktek saya dan teman teman.

Di awal saya sempat berfikir bahwa Lab yamg dimiliki kampus saya adalah lab yang besar dan lengkap. Tetapi pada kenyataanya lab kampus memang tidak cukup besar namun memiliki fasililitas yang cukup memadai yang membuat mahasiswa menjadi mendapatkan tambahan ilmu dalam praktek yang mereka lakukan.

Tetapi ada saja kelakuan saya dan teman teman yang dilakukan saat sedang mengikuti praktek, seperti bercanda ngobrol asyik sendiri dan malah tidak memperhatikan bapak maruf yang sedang menerangkan jalannya praktek. Sayapun pernah disaat praktek melakukan hal tersebut, dan malah terkadang kurang mengerti apa yang dijelaskan oleh bapak Maruf.

Hal yang datang setelah praktek adalah mengerjakan modul, inilah hal yang paling malas untuk dilakukan oleh saya dan mungkin oleh teman mahasiswa yang lainnya. Modul tersebut dikerjaan menggunakan tulis tangan dan memakai kertas ukuean A4 kosong yang diberi garis tepi. Mau tidak mau suka tidak suka semua harus harus dikerjakan karena itulah kewajiban seorang mahasiswa.

 

Dan apa juga yang membuat saya pribadi sangat malas mengikuti praktek, saat praktek dilaksanakan disaat kelas saya sedang libur saya sangat malas datang kekampus, karena jarak rumah saya yang cukup jauh dari kampus dan banyak rintangan, halangan, yang menguji saya untuk pergi ke kampus seperti macet dijalan hujan atau pun sedang sangat malas.

 

 

Namun sebagai mahasiswa yang baik, saya pun mengalahkan rasa malas saya datang ke kampus untuk mengikuti praktek dan mendapatkan ilmu dari bapak maruf, saya juga senang senang saja jika praktek daskom bersama bapak maruf, karena bapak maruf dapat memberikan canda tawa saat praktek berlangsung dan juga tentu saja ilmu yang bermanfaat bagi saya dan teman teman.

Tolong juga buat bapak maruf dosen terganteng di akatel dosen yang baik hati dan tidak sombong memberikan waktu yang sedikit lebih lama kepada saya dan teman teman untuk mengerjakan modul, karena tugas mahasiswa yang banyak membuat kamu sering kali tidak bisa tepat waktu mengumpulkan tugas tersebut. Dan juga jangan dikurangin nilainya pak jika kami telat mengumpulkan modul.

Terlepas dari itu semua saya sangat senang dan antusias mengikuti praktek yang bapak pimpin. Ilmu dapat canda tawa pun dapat jika praktek dengan bapa. Pesan saya semoga bisa memberikan materi praktek yang lebih baik lagi dan (mungkin) labnya bisa di perbesar yah pak hehehe

Mohon maaf jika ada kata yang salah atau menyinggung bapak, saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan dosa. Saya juga tidak sabar menunggu praktek selanjutnya bersama bapak. Praktek dengan bapak adalah hiburan tersendiri bagi saya dan teman teman.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *