PENGALAMAN PRAKTIKUM

PENGALAMAN PRAKTIKUM
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Muhamad Iqbal Agryanus Utama
14150021
14 TEL 01

PENDAHULUAN
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Praktikum Daskom ini.

Dalam penyusunannya, saya mengucapkan terimakasih kepada Dosen saya yaitu Bapak Muhammad Maruf yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.

Meskipun saya berharap isi dari tugas pengalaman praktikum saya ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas praktikum daskom ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata saya mengucapkan terimakasih, semoga hasil pengalaman praktikum saya ini bermanfaat.

PENGALAMAN PRAKTIKUM

Pertama kali mendengar kata praktikum saya rada cemas soalnya saya belum pernah sama sekali praktikum yang berhubungan dengan komputer, kalau praktikum tentang mipa iya itu sangat rajin saya lakukan ketika di sma. Selama praktikum saya dan teman-teman saya di bimbing oleh Dosen Muhammad Maruf.
Praktikum daskom (dasar computer) yang pernah saya lakukan saat ini adalah mempelajari tentang perkembangan computer dari generasi ke generasi, cara mereset password, sejarah komputer, merakit komputer, mengenal komponen-komponen motherboard dan cara menginstall widows 7 pada pc dengan virtualbox .
Disini saya mengetahui banyak sekali tentang komponen-komponen computer dimulai dari; hardware, software, dan brainware. Sebelum praktikum, kami biasanya dibuat per kelompok dan kebetulan kelompok saya berjumlah 4 orang dan kebetulan juga 4 orang itu semuanya adalah kaum adam semua.
Keempat orang di kelompok saya adalah teman saya yang bernama abdu, ridho, dimas (pitak), dan saya sendiri tentunya. Selama praktikum kelompok saya berjalan lancar dan sukses meskipun ada sedikit kendala waktu praktek yaitu seperti kekurangan kabel untuk menghubungkan motherboard ke komputer.
Biasanya sebelum praktikum kami mahasiswa Akademi Telkom Jakarta dikasih modul untuk bahan referensi sebelum praktikum. Saat praktikum kami pun dianjurkan untuk memakai baju praktikum yang telah ditentukan oleh kebijakan kampus yaitu baju warna biru semua dan memiliki kerah baju. Awalnya saya kaget dengan baju praktikum untuk mahasiswa D3 Akatel, soalnya yang saya tahu baju praktikum itu biasanya warna putih polos panjang seperti pakaian seorang dokter.
Selama praktikum menurut saya sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan kami sebagai mahasiswa di bidang Teknik Telekomunikasi. Praktikumnya juga sangat bermanfaat tetapi masih ada kekurangan dalam praktikum di Akatel. Menurut saya praktikum lebih bagus untuk dilakukan atau di ujicoba satu persatu mahasiswa agar lebih cepat menangkap materi yang dikasih.
Kalau memberikan materi dengan cara per kelompok menurut saya kurang efisien. Soalnya bakal ada mahasiswa yang mengerti dan pasti ada juga yang tidak mengerti atau bahasa kerennya cuman menjadi “figuran” di dalam sebuah kelompok.
Setelah melakukan praktikum kami biasanya disuruh untuk membuat sebuah modul yang dimana cara membuatnya harus tulis tangan sendiri bukan melalui pengetikan komputer. Ini dilakukan untuk melatih kejujuran kami agar tidak melakukan copy paste jika disuruh dengan cara diketik. Banyaknya lembaran modul membuat leher dan tangan saya pegal-pegal pada melakukan penulisan modul, tetapi ini adalah usaha saya yang insya allah akan berbuah kesuksesan dimasa depan nanti.
Peralatan di Akatel menurut saya masih kurang untuk melakukan praktikum satu persatu untuk mahasiswa dalam waktu bersamaan tetapi menurut saya agar lebih efisien maka praktikumnya di ujicobakan berurutan satu persatu dari masing-masing kelompok tersebut.
Meskipun begitu praktikum ini tidak akan sia-sia kepada kami mahasiswa Akademi Telkom Jakarta karena ini akan sangat berguna untuk menambah ilmu tentang dasar komputer atau bahkan berguna untuk di dunia kerja nanti insya allah.
Saya selaku mahasiswa Akademi Telkom Jakarta sangat berterima kasih kepada Dosen saya untuk materi praktikum Daskom (Dasar Komputer) semoga ini bermanfaat aamiin ya rabbal alamin.

KESIMPULAN

Dari semua kata-kata yang saya tulis akan saya rangkum untuk sebuah kesimpulan yang sangat bermakna. Saya sangat mengharapkan agar selama praktikum di Akademi Telkom Jakarta dapat membuat kami mahasiswa agar mampu bersaing di dunia kerja dengan skill yang kami miliki sebagai mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi. Dan ini dapat terwujud jika usaha diiringi dengan do’a karena kita adalah makhluk ciptaan Allah swt yang memiliki kekurangan dan kelebihan maka dari itu usaha keras tidak akan berkah jika tidak diiringi dengan do’a. Wallahu’alam..

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *