Pengalaman Praktikum

Pengalaman Praktikum
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : RISTIA NINGSIH
NIM : 14150121
KELAS : REGULER MALAM

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulilah saya panjatkan puji syukur kehadiran Allah SWT yang memberikan nikmat iman , sehat , serta rahmat,karunia,serta taufik hidayahnya sehingga saya pada akhirnya dapat menyelesaikan tugas ini yang berjudul “Pengalaman Praktikum” .
Dalam kesempatan kali ini saya akan menepati tanggung jawab saya sebagai mahasiswa untuk membuat tugas yang membahas tentang pengalaman saya selama beberapa kali melakukan praktikum di Akademi Telkom Jakarta.Tak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Dosen saya pak Ma’ruf yang selama ini sudah menjadi pembimbing dan pengarah selama kami melakukan praktikum.
Saya berharap semoga tulisan yang saya buat ini dapat diambil nilai positifnya bagi para pembaca. Dan bila ada kekurangan saya mohon kritik dan sarannya .
1.2 Latar Belakang
Pengalaman yang sudah saya lewati selama ini merupakan sebuah pelajaran yang berharga dalam kehidupan saya . Termasuk pengalaman saya melakukan praktikum.
Pengalaman yang berharga dan penuh dengan pengajaran seperti ini alangkah sayangnya jika harus terlewatkan begitu saja . Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan menceritakan pengalaman saya selama beberapa kali melakukan praktikum.
1.3Tujuan
1. Untuk menepati tugas yang diberikan
2. Untuk membagikan pengalaman saya melakukan praktikum di Akademi Telkom Jakarta

BAB II
ISI

2.1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Pengalaman ini saya saya mulai ketika awal saya mulai masuk kuliah di Akademi Telkom Jakarta , tepatnya pada saat di mulainya praktikum yang pertama pada saat itu judul praktikum kami yang pertama adalah “ perkembangan sejarah komputer” dalam praktikum tersebut kami mendapatkan lagi satu ilmu yang menggugah wawasan saya karena memang sebelumnya bukanlah orang yang terlalu fanatik dengan dunia komputer namun setelah praktikum itu saya berpikir bahwa dunia komputer itu memang menarik terutama bagi saya yang merupakan orang awam terhadap dunia komputer .
Hari praktikum yang pertama ini merupakan hari pertama juga bagi saya bertemu dengan Dosen yang akan menjadi pembimbing dan sekaligus memberi ilmu baru bagi kami. Namanya adalah Pak Ma’ruf , ya dia lah Dosen kami yang akan menjadi pembimbing kami dalam melakukan praktikum. Awalnya saya kira Pak Ma’ruf adalah dosen yang killer tapi ternyata dugaan saya salah dia adalah orang sangat menyenangkan dan humoris , saya sangat beruntung karena pak Ma’ruf adalah orang yang menyenangkan.
Praktikum kami yang pertama berjudul “Sejarah Perkembangan Komputer” . Awal mula melakukan praktikum saya bingung harus melakukan apa karena memang saya mengehtahui banyak hal tentang komputer terutama bagian-bagian dalam dari komputer , untunglah pada praktikum yang pertama ini ternyata kami hanya membahas tentang sejarah awal mula komputer dari generasi yang pertama hingga generasi yang saat ini semaikin berkembang . Bukan hanya membahas tentang perkembangannya saja ternyata dalam praktikum yang pertama ini juga dijelaskan tentang bagian-bagian dari komputer , seperti prosessor,motherboard, dan memory(RAM).
Praktikum yang kedua berjudul “Perakitan Komputer” , sesuai dengan judulnya hari ini saya akan melakukan praktikum tentang bagaimana cara merakit komputer . Yang pertama kami membongkar CPU komputer semua bagian yang sudah terlepas tersebut harus kami pasang kembali , awalnya saya ragu apa saya bisa merakitnya kembali tapi untung Dosen kami selalu memberikan pengarahan .
Pengarahan yang dia berikan juga sangat detail dan jelas , dan yang terpenting saya jadi lebih mudah untuk mencerna apa yang telah dia jelaskan , ketimbang harus membaca modul . Dia juga orang yang sangat menyenangkan disetiap penjelasannya pasti selalu ada saja sisi humoris yang dia keluarkan sehingga membuat suasana praktikum menjadi lebih menyenangkan .
Pada praktikum yang pertama ini semua berjalan lancar , saya dan tim juga berhasil merakit kembali CPU yang telah dibongkar dan setelah di tes pun komputer bisa menyala dengan normal seperti biasa . Walaupun saya harus bersetrum ria saat merakit CPU tapi itulah titik serunya , walaupun daya listrik yang mengalir tidak terlalu besar tapi tetap saja yang namanya tersetrum listrik itu tidak enak. Praktikum pertama hari ini pun selesai dan seperti biasa disetiap praktikum pasti kami diminta untuk membuat tugas klaporan hasil praktikum yang kami lakukan.
Praktikum ketiga ini berjudul “Instal Windows 7 didalam Virtualbox” . sesuai dengan judul hari ini kami akan belajar bagaimana cara menginstal windows 7 di komputer. Di dalam lab sudah tersedia semua peralatan seperti komputer dan software yang akan digunakan untuk menginstal windows .
Seperti biasa Dosen kami Pak Ma’ruf memberikan pengarahan tentang prosedur yang harus kami terapkan , bukan hanya itu saja dalam praktikum ini juga dijelaskan tentang sejarah perkembangan dan perjalanan sistem operasi dari DOS,MAC, hingga Windows. Ternyata menginstal windows tidak terlalu sulit sepertia apa yang saya bayangkan , asal mengehtahui prosedur yang benar dan harus tetap berhatii-hati dalam melakukannya pasti semua bisa berjalan lancar .
Praktikum yang keempat paraktikum yang selanjutnya ini berjudul tentang “Cara Reset Password” . Dalam praktikum kali ini kami akan mempraktikan bagaimana cara mereset password dengan melepas baterai motherboard atau dengan melepas jumper CMOS/jumper BIOS. Hal ini memang terlihat mudah tapi tetap saja kita harus tetap berhati-hati dalam melakukannya.
Praktikum yang sudah saya jalani beberapa kali ini memberikan pelajaran dan ilmu baru dalam hidup saya , yang akan dapat saya terapkan dalam kehidupan saya nantinya . Kebersamaan dan kekompakan dalam tim juga dapat saya rasakan disini kami saling bekerja sama untuk menyelesaikan setiap prosedur praktikum yang diberikan dan alhamdulilah kami selalu dapat menyelesaikan tugas praktikum ini dengan baik. Semua canda ria yang selalu memberi warna tersendiri dalam setiap praktikum juga menjadi sebuah hiburan yang memberi semangat baru dalam setiap praktikum. Semoga semua ilmu dan pengajaran yang telah diberikan oleh dosen kami ini akan menjadi ilmu yang bermanfaat dikemidian hari saya juga berharap agar praktikum yang selanjutnya dapat jauh lebih baik dari sebelumnya . Sekian cerita saya untuk berbagi pengalaman saya dalam melakukan praktikum semoga bagi pembaca saya berharap agar dapat mengambil sisi baik dari cerita yang saya bagikan ini . Terima kasih atas perhatian pembaca bila ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan.
Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

BAB III
PENUTUP

3.1.Kesimpulan
Praktikum merupakan hal yang mendasar untuk menerapkan setiap teori yang sudah kita pelajari . praktikum menjadi sangat penting terutama bagi kami mahasiswa D3 (Akademi Telkom Jakarta) , karena praktikum dapat membuka wawasan kami agar nantinya dapat bersaing di dunia kerja . Dalam praktikum dapat kita terapkan setiap ilmu yang sudah kita dapatkan dan dapat menjadi tolak ukur untuk mengukur kemampuan kita . Praktikum bukan hanya soal mengukur kemampuan kita tapi juga menjadi penguji seberapa luas pengehtahuan kita .
3.2.Saran
Dalam setiap melakukan praktikum baiknya kita benar-benar bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk mendapat ilmu baru . Dan jangan menganggap sepele dalam melakukan setiap komputer karena pasti dalam dunia kerja akan lebih dipentingkan pratik dari pada teori , untuk itu seharusnya kita harus lebih bisa lagi menyeimbangkan antara teori dengan praktik , agar keduanya bisa berjalan selaras dan dapat bermanfaat dikemudian hari.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *