Pengalaman pertama kalinya praktikum

Pengalaman pertama kalinya praktikum
January 21, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : Ma’ruf Aji Santoso

NIM : 14150015

Kelas : 14 Tel-01

     Assalamualaikum. Kali ini saya akan menuliskan pengalaman saya selama praktikum di Kampus Akademi Telkom Sandhy Putra Jakarta, yang beralamat di Jalan Daan Mogot KM. 11 Jakarta. Dengan kampus yang minimalis tetapi dapat menghasilkan sumber daya manusia yang dapat bersaing di dunia telekomunikasi Indonesia

     Saya pertama kali menjalani praktikum di semester pertama ini adalah praktikum Dasar Komputer yang sering disebut Daskom.. Serta masih banyak lagi mata kuliah yang ada praktiknya. Saat ini saya masuk angkatan ke 14 kelas 14 Tel-01. Sebenarnya waktu itu saya belum begitu faham tentang komputer.

     Setiap ingin praktikum pasti dosen pembimbing akan memberikan modul yang akan dipraktekkan dan disetiap praktikum saya dan kelompok saya mendokumentasikannya sebagai lampiran laporan yang akan kami tulis tangan nanti. Semua modul berisikan tujuan praktikum, peralatan dan bahan, dasar teori yang panjang, dan terdapat juga tugas praktikum yang terkadang bisa membuat kami bingung.

     Setelah praktikum kita membuat laporan yang dengan menyalin modul-modul yang telah di berikan dengan menulisnya dengan tangan. Sering kali setelah laporan selesai tangan saya pun teraa pegal.pegal. Namun dengan kita menulis laporan dengan tangan itu bagus, yang dosen pembimbing takutkan jika kita menulis dengan diketik takutnya yang malas membuat laporan mereka hanya tinggal mengcopy paste saja milik mahasiswa lain yang sudah capek-capek ngetik.

    Banyak dapat saya dapatkan dengan adanya praktikum dasar komputer dan mata kuliah yang lain. Seperti, mengerti dan memahami sejarah komputer dari generasi ke generasi, tahu bagian-bagian morherboard, cara menginstal windows ke komputer dan merakit komputer.

     Seteah saya praktikum menginstal windows ke komputer, sehingga saya sekarang dapat menginstal dan mengupgrade komputer saya sendiri. Siapa tahu saya bisa membuka jasa instal dan upgrade windows di rumah. Hehe.

     Mungkin kegiatan praktikum ini sangatlah penting, sebab kita dapat memahami lebih apa yang ada di dalam lingkungan kerja. Sebab mahasiswa lulusan Program Pendidikan D3 (Diploma III) di siapkan sebagai calon Ahli Madya yang siap untuk berkerja.

     Demikian pengalaman dan manfaat saya praktikum di Akademi Telkom Jakarta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua. Sekian dan Terima Kasih

     Saya mengucapkan terma kasih kepada dosen-dosen pembimbing yang telah membimbing saya. Sehingga kita bisa menjalan kaan praktikum yang luar biasa ini.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *