Pengalaman dalam Melakukan Praktikum

Pengalaman dalam Melakukan Praktikum
January 21, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : Muhamad Ridho Rahmatio
Nim : 14150023
Kelas : 14 TEL 01

Pengalaman dalam Melakukan Praktikum

Kata Penghantar

Puji dan syukur kita ucapkan kepada Allah SWT karena-Nya kita masih dapat hidup di dunia ini. Shalawat serta salam senantiasa kita panjatkan kepada Nabi Muhammad SWT, yang telah menuntun kita dari zaman kegelapan hingga ke zaman yang terang benderang akan kenikmatan-kenikmatan Allah SWT.
Dalam kesemmpatan ini saya sebagai penulis ingin membagikan sedikit ilmu yang In Shaa Allah bermanfaat bagi para pembaca, tentang pengalaman saya yang telah melakukan praktek Dasar Komputer selama menjadi mahasiswa di Akademi Telkom Jakarta.
Apabila ada salah kata mohon dimaafkan karena penulis hanya layaknya manusia yang dapat membuat kesalahan.

1. Pendahuluan
Komputer awalnya diciptakan untuk memudahkan dalam menghitung, kita sebagai user/brainware lah yang menjadi otak dalam komputer. Tanpa adanya koneksi antara software-hardware-brainware komputer tidak akan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

2. Pengalaman Praktikum
Dalam semester 1(ganjil) di Akademi Telkom ini, kami mahasiswa diberikan tugas oleh pak Maruf untuk melakukan praktek Dasar Komputer. Pada awal nya pak Maruf menjelaskan tentang dasar komputer dan juga generasi-generasi komputer, saya yang belum terlalu paham pun bisa paham setelah mendengar penjelasan pak Maruf.
Saya dan kelompok pun dituntut agar dapat memasang perangkat-perangkat dalam komputer (hardware), seperti menyambungkan kabel power supply, harddisk, optical drive, tombol power, dan juga tombol restart. Dan komputer pun harus dapat menyala atau masuk tampilan boot, Alhamdulillah saya dan kelompok dapat menyelesaikannya dengan mudah, tanpa masalah.
Praktikum dilakukan kali, dan dalam satu praktikum terdapat dua modul dan total menjadi 4 modul yang sudah kami selesaikan. Praktikum pertama membahas tentang dasar dan definisi komputer, dan juga membahas cara menyambung perangkat-perangkat dalam komputer. Dan dalam praktikum kedua membahas tentang software-software komputer dari dahulu hingga sekarang, dan juga cara menginstal windows 7 dalam virtual box, dan juga mereset password bios.
Dalam praktikum kedua saya dan kelompok diberi tugas untuk dapat menginstal windows 7 dalam virtual box dan juga cara mereset bios dengan cara mencabut baterai cmos, dan dengan menggunakan jumper. Dan Alhamdulillah saya dan kelompok dapat menyelesaikan tanpa ada troubleshoot.
Selain hal-hal tadi pak Maruf pun memberikan tambahan ilmu, seperti ciri harddisk yang sudah mau rusak, ciri-ciri baterai cmos mau habis, cara mensetting komputer dalam bios, dll.

3. Kesimpulan dan Saran
Praktikum ini sangat membantu sekali karena saya menjadi lebih mengerti komputer serta komponen-komponennya, lebih dari sebelumnya. Saya menjadi dapat membongkar pasang komponen komputer sendiri. Dan untuk kedepannya saya berharap praktikum seperti ini diperinci lagi karena dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *