Menceritakan Pengalaman

Menceritakan Pengalaman
January 23, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : ENDAH KURNIAWATI
NIM : 14150038
KELAS : 14 TEL 01

BAB I
PENDAHULUAN

Praktek bukan hal sulit untuk dijalani. Praktek hanyalah sebuah aplikasi dalam teori yang sudah dipelajari, tanpa adanya praktek kita hanya bisa mengenali tanpa memahami ataupun mengetahui, dari hal kecil pun untuk memahaminya harus di praktekan terlebih dahulu. Karena fungsi praktek yaitu untuk memberi arahan kepada seseorang agar orang tersebut sudah mengetahui apa yang akan dikerjakannya.

TUJUAN
Untuk berbagi pengalaman saat praktek Dasar Komputer

BAB II
PEMBAHASAN

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Suatu hal yang mengejutkan bagi saya mendengar kata “Praktek” , karena bagi saya masih semester 1 saya belum mengerti sedikitpun tentang teknik tetapi saya harus menghadapi praktek Dasar Komputer, dalam benak saya berkata “apa yang harus saya kerjakan?”, “ bagaimana praktek Dasar Komputer itu?” dan “cara apa yang harus saya lakukan untuk praktek tersebut”. Setelah saya mendapatkan daftar nama kelompok untuk praktek ternyata saya kelompok terakhir dan pastinya dapat hari untuk praktek yang masih lama.
Praktikum pertama Dasar Komputer chapter 1 dan 2 itu pengenalan komputer dari generasi ke generasi dan perakitan komputer, saat itu kelompok saya menuju ke ruang lab, saya pikir lab nya besar ya ternyata ala kadarnya hehe , saya masuk ternyata ada seorang dosen yang bernama Bapak Ma’ruf , seketika saya dan teman saya teringat ketua kelas yang bernama Ma’ruf juga hehe, Praktek pun dimulai jengjengjeng Pak Ma’ruf membacakan artikel yang sudah dibagikan ke kelompok saya, di artikel itu dijelaskan tahap – tahap berkembangnya komputer dari generasi ke generasi. Ternyata banyak sekali yang saya tidak ketahui dari asal mula nya sampai di tahun sekarang ini, dan dari bentuk komputer pada jaman dahulu yang super besar hingga sekarang tidak besar bahkan bisa menjadi laptop, notebook yang mudah dibawa pergi kemana pun.
Setelah Pak Ma’ruf menjelaskan semuanya dan tidak ada pertanyaan untuk chapter 1 beralih pada chapter 2 selesai membacakan artikel saya dan teman saya diperintahkan untuk merakit motherboard yang didalamnya seperti kabel, kipas, vga card, dan banyak lagi harus dipasang sesuai tempatnya dan harus bisa hidup, untungnya kelompok saya bisa menghidupkan dari merakit motherboard itu. Setelah selesai semua, kami diberi tugas membuat makalah dengan menulis ulang kembali pembahasan yang ada diartikel dan menjawab pertanyaan yang ada dihalaman paling belakang pada artikel dan tidak lupa untuk menempelkan foto yang sama persis seperti gambar yang ada di artikel tersebut.
Beberapa minggu selanjutnya praktikum kedua chapter 3 dan 4 tentang menginstall windows 7 pada virtualbox dan me reset password BIOS dan pengenalan CMOS, awalnya saya tidak mengerti bagaimana cara meng install windows 7, saya hanya bisa menggunakan pada notebook saya, tanpa saya sadari bahwa penginstallan itu penting, setelah materi dibacakan langsung di praktekan cara meng install tersebut. Detik menit jam berlalu penginstallan belum juga selesai pak Ma’ruf pun meninggalkan kelompok saya dan anehnya lagi saya dan kelompok saya berfoto ria dalam ruang lab untuk menunggu selesainya penginstallan, dan jengjeng selesai sudah penginstallan dan ganti ke chapter 4 seperti biasa setelah di bacakan materi tersebut lalu memilih menu pada bios untuk membuat password dan kami bongkar motherboard dalam keadaan listrik menyala dan taraaa ternyata kelompok saya diperintahkan untuk mencari tulisan kecil bernama “CMOS” lirik sana lirik sini tengok sana tengok sini kepala pun saling beradu sulit sekali mencarinya dan ternyata saya bisa menemukannya, itu dia tulisannya dan kami pun berhasil lagi untuk me reset password.
Cukup sekian pengalaman yang dapat saya ceritakan, terima kasih untuk Dosen yang telah membimbing saya selama praktikum berlangsung dan juga terima kasih untuk teman-teman yang telah memberikan saran kepada saya. Mohon maaf jika ada tutur kata saya yang kurang berkenan di hati, kurang dan lebihnya saya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Dari wacana diatas, dapat disimpulkan bahwa sesuatu yang anda ingin ketahui haruslah anda perhatikan dengan seksama, apa yang anda dengarkan belum tentu sama seperti yang anda rasakan. Dengan praktikum yang telah di jalani di Akademi Telkom Jakarta sangat membantu mahasiswa untuk mempermudah memahami teori – teori yang akan dipraktekan saat di lapangan nanti. Semoga apa yang telah dipelajari bermanfaat untuk kita semua.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *