Menceritakan Pengalaman Selama Melakukan Praktikum

Menceritakan Pengalaman Selama Melakukan Praktikum
January 20, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama      : M.Sholahuddin.A.Adhim

Kelas       : 14 tel 03

NIM        : 14150098

 

BAB 1
Pendahuluan

            Puji syukur kehadirat Allah SWT atas karunianya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, Terutama nikmat sehat sehingga saya dapat menyelesaikan tugas membuat artikel tentang praktikum Dasar Komputer ini.

Dalam kesempatan ini saya akan menceritakan sedikit tetang pengalaman saya selama melakukan praktikum di Kampus Akademi Telkom Jakarta. Dan terimakasih sebelumnya kepada Bapak Ma’ruf yang telah membimbing saya selama praktikum berlangsung.

Wasalamualaikum

 

 

BAB 2
Pembahasan

Assalamualaikum saya akan menceritakan pengalaman saya selama mengkuti praktikum dasar komputer. Pada saat awal belajar di kampus akatel, saya memang selalu menginginkan praktikum dibandingkan teori. walaupun ada pepatah bilang praktik tanpa teori itu buta.

Setelah berselang waktu akhirnya saya dapat memulai praktik daskom dengan materi perakitan PC. Awal kali masuk ke ruang praktek saya baru pertama kali melihat ruangan praktikum yang terbagi dari beberapa laboratorium. pada saat memulai praktikum ada rasa canggung karena memang baru pertama kali saya melakukan praktikum di kampus akatel ini. Pertama waktu itu praktek tentang sejarah dan perkembangan computer dari awal pertama kali dibuat. Kita dibagi atas beberapa kelompok pada setiap kelompok disiikan 4-5 orang anggota. Dan dibagi atas beberapa waktu(shift), ada yang mulai praktikum pada jam 8 pagi bahkan mulai praktikum pada siang hari.

Kita mengisi absen kita terlebih dahulu sebelum memulai praktikum. Dan biasanya sebelum memulai praktikum, kita membahas materi yang telah diberikan oleh pak ma’ruf dalam bentuk fotocopy. kita membacanya secara bergantian. Disitu kita juga diterangin bagian-bagian atau komponen dari komputer (hardware)  seprti motherboard, prosessor, memori (RAM), Power Supply, Harddisk, DLL. Pada praktikum perakitan PC kita memulainya dari motherboard, pak ma’ruf memberikan penjelasan dan kita mendengarkan. setelah itu kita mulai merakit komponen-komponen tersebut secara bertahap. setelah semuanya sudah dirakit maka kita akan mengetes CPU yang telah selesai kita rakit apakah dapat berjalan dengan baik.setelah selesai praktek perakitan PC pertemuan berikutnya bahasan tentang upgrade software menggunakan virtual box dan cara mengoperasikan bios. Seperti biasa kelompok saya kebagian datang siang lagi, masuk lab, mengisi absen dan tanda tangan daftar hadir.

Sama seperti pratikum sebelumnya Kita membaca bergantian satu persatu materinya, dan selebihnya dijelaskan oleh pak ma’ruf, disetiap langkah2nya kita diberikan penjelasan tentang virtualbox seperti apa. dari awal kita membuka softwre virtualbox mengikuti langkah-langkahnya klik next terus sampe selasai step2nya deh pokoknya.

praktek selanjutnya yaitu tantang BIOS yaitu bagaimana cara kerja bios,mereset password bios dan mereset seting pad bios, dll.Seperti biasa pak Ma’ruf menjelaskan setiap langkah-langkahnya, kita mendengarkan dan bertanya jika ada yang belom kita mengerti. Setelah itu kita mulai melakukan setting bios sesuai dengan yang ada di materi tersebut, setting password bios, mereset bios dengan cara mencopot batre CMOS, atau dengan melepas jumper clear CMOS. setelah berhasil maka telah selesai melakukan langkah2 praktikum tersebut. Setelah melakukan semua praktikum kita diberikan tuga lapoan praktikum yaitu berupa menulis laporan praktikum menggunakan tangan kosong, disinilah sebenarnya puncak dari semuanya haha, perjuangan kita dalam membuat laporan, keuletan tangan kita dalam menulis dengan cepat laporan tersbut… setelah melalui perjuangan yang membuat pegel itu kita telah menyelesaikan syarat keseluruhan praktikum.

 

BAB 3
Kesimpulan

        Kesimpulan dari semuanya yaitu dengan melakukan praktikum kita bisa mengethui perangkat-perangkat komputer dan bisa mendapat pengalaman baru tentang ilmu komputer. Dimana kita sebagai D3 wajib menguasai praktikum dibandingkan dengan teori. sehingga kita sebagai D3 wajib memiliki skill dasar komputer untuk bekal kita nanti kedepan.

           Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *