Menceritakan pengalaman praktikum

Menceritakan pengalaman praktikum
January 21, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Menceritakan Pengalaman Praktikum
NAMA : WILYS FITRIANA
KELAS : 14 TEL 03
NIM : 14150091
BAB I
PENDAHULUAN
A. KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya dapat menyelesaikan artikel ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Artikel ini dibuat digunakan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Dosen saya Bapak Ma’aruf. Semoga artikel ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam pendidikan.
B. LATAR BELAKANG
Pengalaman adalah kejadian yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung dsb) baik yang sudah lama atau baru saja terjadi. Dan semua orang pasti mempunyai pengalaman mereka masing-masing.
Dan disini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika saya melakukan praktikum di Akademi Telkom Jakarta.
C. TUJUAN
Tujuan saya membuat artikel ini Untuk memenuhi nilai tugas Praktikum Dasar Komputer di Akademi Telkom Jakarta.

BAB II
ISI

A. CERITA MENGENAI PENGALAMAN PRAKTIKUM
Pada awalnya saya tidak mengerti dengan jurusan atau prodi Teknik Telekomunikasi yang saya ambil di Akademi Telkom Sandhy Putra Jakarta, karena saya adalah lulusan SMA (IPS) yang basic nya tidak terlalu mempelajari tentang Teknik Telekomunikasi dan tiba tiba saya menjadi mahasiswi Teknik Telekomunikasi yang harus menjalankan Praktikum tentang Dasar Komputer.
Pada saat jadwal praktek Dasar Komputer di tempel di mading, dan saya sudah mengetahui kapan jadwal saya praktik lalu saya menemui teman-teman saya yang jadwal praktiknya sama dengan saya untuk memberi info. Setelah itu saya meminta materi yang sudah di fotocopy oleh teman saya Abigael.
Akhirnya tiba waktunya saya Praktikum Dasar Komputer untuk pertama kalinya, dan harus menggunakan seragam lab. Exicted banget buat praktek, pengen tau prakteknya gimana sih, kebetulan prakteknya 2 kelompok, terus kita semua udah kumpul di depan ruang praktek, dan Pak Ma’aruf bilang kalau sudah lengkap kelompoknya kita langsung pratek, dan kebetulan kelompok satu lagi masih belum lengkap, jadi harus menunggu dulu.
Akhirnya yang di tunggu datang juga, langsung masuk deh kita semua ke ruang praktek, disitu Pak Ma’aruf langsung menyuruh kita untuk baca modulnya, dan bodohnya saya tidak membawa modulnya, tapi untungnya satu kelompok dengan orang orang yang gak pelit hahaha, Salma meminjamkan modulnya.
Setelah selesai membaca Pak Ma’aruf langsung membaca nya juga sekaligus menjelaskanya kepada kami, Pak Ma’aruf menjelaskan dengan sangat mendetail, sehingga kami benar-benar paham dan mengerti tentang Sejarah Perkembangan Komputer.
Pak Ma’aruf juga menjelaskan tentang modul dengan cara nya dia, ada saat nya kita bercanda dan ada saatnya kita serius, jadi kita mahasiswa/i tidak bosan mendengarkan penjelasan beliau, dengan lelucon-luelucon yang beliau lontarkan itu sangat menghibur, dan mengubah suasana yang serius menjadi canda tawa.
Lalu kami melanjutkan ke modul yang ke dua tentang Perakitan Komputer, disini saya sempat bingung kami disuruh merakit CPU Komputer, saya memang sama sekali tidak mengerti karena basic saya adalah SMA dan jurusan IPS. Tapi Pak Ma’aruf menjelaskannya sangat mendetail, beliau menjelaskan nya satu persatu, beliau memperkenalkan benda-benda yang berhubungan dengan Perakitan CPU Komputer.
Tapi pada saat perakitan dimulai saya dan teman-teman saya tidak mengalami kesulitan, padahal di kelompok saya perempuan semua sedangkan dikelompok satu lagi laki-laki semua tapi CPU yang mereka rakit tidak membuat computer menyala dan mereka kebingungan. Akhirnya dibantu oleh pak Ma’ruf, pak Ma’ruf sambil tertawa melihat kebingungan mereka.
Dan setelah lama di otak atik oleh Pak Ma’aruf sambil melontarkan lelucon-lelucon , dan kami sambil tertawa karena mendengar leluconnya akhirnya Pak Ma’aruf menemukan masalahnya, dan masalahnya terdapat pada salah satu kabel yang tertukar. Mereka kelompok laki laki hanya tertawa dan kami kelompok perempuan juga ikut mentertawakan karena pak Ma’ruf heran masa kelompok perempuan bisa sedangkan yang laki-laki gak beres kerjanya hahaha.
Setelah kita semua sudah mengerti dan bisa merakit CPU komputer dan akhirnya komputer bisa menyala. Saya sangat senang karena ini adalah pengalaman pertama saya dalam merakit CPU komputer, tapi saya tidak terlalu mengalami kesulitan. Setelah praktek selesai pak Ma’ruf menyuruh kita untuk membuat laporan modul 1 dan 2.
Saya mempunyai pengalaman pahit dalam pengerjaan laporan modul 1 dan 2. Saya mendapat nilai minus untuk modul 1 dan 2 karena saya telat mengumpulkan, yang seharusnya hari Jumat saya mengumpulkan hari Senin. Saya telat mengumpulkan laporan karena sakit, jadi tidak bisa melanjutkan laporan yang belum selesai dan tidak bisa kekampus untuk mengumpulkan laporan. Tapia apa boleh buat saya cuma bisa gigit jari hahaha.
Setelah dua minggu berlalu. Kami lanjut praktik laporan untuk modul 3 dan 4 yaitu tentang Cara Menginstall Windows dan Mereset Password, seperti biasa di saat praktek, Pak Ma’aruf menyuruh kami membaca modulnya terlebih dahulu, lalu beliau menjelaskannya kepada kami, seperti biasa juga disela-sela praktek beliau bercanda dan mengeluarkan lelucon-leluconnya, walau terkadang saya tidak mengerti apa maksud leluconnya tapi saya ketawa aja supaya gak garing hahaha.
Hampir sama seperti praktik sebelumnya, saya dan kelompok saya tidak terlalu mengalami kesulitan yang berarti. Setelah praktik selesai pak Ma’ruf menyuruh kita membuat laporan modul 3 dan 4. Kali ini saya tepat waktu kok.
Dan menurut saya selama Praktikum Dasar Komputer bersama Pak Ma’aruf itu sangat meyenangkan, karena ada kalanya Pak Ma’aruf bersikap tegas dan serius dalam menjelaskan materi praktek dan ada kalanya Pak Ma’aruf bercanda dalam menjelskan materi praktek, dan itu tidak membuat kami merasa jenuh, karena praktek Dasar Komputer memang lama dan cukup memakan waktu ber jam jam.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN DAN SARAN
Kegiatan Praktikum ini sangat penting, dan Kegiatan Praktikum ini sangat berguna bagi kita yang menjalankan progam pendidikan D3 (Diploma III), Karena dengan adanya praktikum kita bisa memahami lebih jauh apa yang nantinya akan kita lakukan di lingkungan kerja, karena program pendidikan D3 (Diploma III) adalah calon Ahli Madya yang siap bekerja.
Maka dari itu kita mahasiswa/i harus lebih bersungguh-sungguh lagi dalam menimba atau menuntut ilmu agar kita dapat berguna di kemudian hari.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *