Menceritakan Pengalaman Praktikum

Menceritakan Pengalaman Praktikum
January 23, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : MUHAMMAD RAFI INDRAWAN
KELAS : 14 TEL 02
NIM : 14150043

PENDAHULUAN
BAB 1

KATA PENGANTAR
Puji serta syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan sampai saat ini sehingga saya dapat menyelesaikan membuat artikel dalam rangka memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen saya Bapak Ma’ruf. Semoga semua ini bias bermanfaat untuk kalian semua. apabila dari artikel ini banyak kekuranan atau kesalahan saya meminta maaf sebesar – besarnya. demikian artikel ini saya buat terimakasih

Latar Belakang
Sudah sepantasnya khususnya mahasiswa D3 akan mengalami masa-masa praktikum yang dimana memang di tujuankan untuk bisa langsung bekerja setelah wisuda. Mahasiswa D3 memang seharusnya selalu mengikuti kegiatan praktikum dalam program studinya. Pada akhirnya semua mahasiswa yang mengikuti praktikum pastinya akan mengalami pengalaman yang menyenangkan maupun menyedihkan.

Tujuan
Tujuan dari artikel ini untuk membertahukan pengalaman saya pada saat melaksanakan praktikum

Bab 2
Pembahasan
pada awalnya saya masuk akademi Telkom Jakarta ini memang kemauan saya karena saya disini diterima dalam jurusan yang saya inginkan yaitu Teknik Telekomunikasi. Pada saat saya baru masuk sini saya diberitahukan bahwa saya akan mengikuti beberapa praktikum praktikum dalam bidang jurusan ini. Salah satu praktikumnya adalah Dasar Komputer.
Praktikum ini memang saya tunggu-tunggu karena saya sangat menyukai pelajaran yang berubungan dengan computer karena saya ingin mempelajari lebih dalam tentang dunia komputer. Dosen yang mengajar praktikum disini bernama Pak Ma’ruf.
pengalaman pertama saya adalah praktek tentang dasar-dasar komputer cara memasang hardware pada komputer dan mempelajari tentang bagaimana caranya menginstal windows pada leptop maupun komuter. disetiap praktek sangat menyenangkan dan saya selalu memperhatikan.
Disetiap praktek terbagi dari beberapa kelompok dalam beberapa kelompok tersebut saya selalu kebagian kelompok pertama yang jadwal praktiknya itu selalu pagi dan tidak pernah siang. Saya kadang ingin tukeran ke kelompok yang jam prakteknya siang biar ga selalu pagi.
Praktek disini sering kali dadakan atau 2 hari sebelum hari H, yang jadwal praktek selalu di hari dimana yang sebenernya hari libur dipakai untuk praktek dan kabar itu sangat tidak menyenangkan. tetapi semua itu wajib di laksanakan bagi semua mahasiswa akademi Telkom Jakarta
Disetiap Praktek yang mau dilaksanakan pasti sebelumnya akan dikasih modul praktikum. dimana modul tersebut bermuat apa yang ingin kita praktikan nantinya. disitulah mahasiswa yang ingin mengikuti praktek diwajibkan untuk mempelajarinya terlebih dahulu sebelum praktek.
Modul tersebut sebagai acuan atau panduan praktek yang akan dilaksanakan. Setiap selesai praktek pasti akan mendapatkan tugas dari dosen dalam setiap materi praktek yang baru saja dilaksanakan
Disuruh untuk membuat laporan praktikum yang bersangutan dengan praktek yang baru saja dilaksanakan. dan modul tersebut dijadikan sebagai bahan laporan dimana mahasiswa yang ingin menyelesaikan laporannya di harapkan untuk menyalin dari modul tersebut secara lengkap
Saya merasa bingung kenapa modul yang baru saja dipelajari pada saat praktek harus dikerjakan sebagai laporan praktikum. modul tersebut harus disalin semua beserta gambar yang harus berwarna. kenapa isi laporan praktikum itu semua berasal dari modul yang sudah dipelajari.
Dan waktu penyeselaian laporan praktikum ditentukan oleh dosennya. apabila mahasiswa tidak mengerjakan laporan maka dianggap mahasiswa itu tidak mengikuti kegiatan praktikum. tetapi dari semua kejadian itu bagi saya itu sangat menyenangkan dan saya memahaminya.
Kesimpulan
terimakasih sekian pengalaman praktikum yang saya jalani sampai saat ini dalam praktek dasar komputer dalam jurusan Teknik Telekomunikasi di Akademi Telkom Jakarta.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *