Menceritakan Pengalaman Praktikum

Menceritakan Pengalaman Praktikum
January 21, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : AGUNG PRAYOGA
Kelas : 14 TEL 01
NIM : 14150006

BAB I
PENDAHULUAN
1. Kata Pengantar
Assalamualaikum.Wr.Wb

Alhamdulilahhirrobilalamin, puji syukur kepada ALLAH S.W.T yang telah memberikan kesehatan serta hidayahnya sehingga saya dapat membuat sebuah artikel sederhana ini
Didalam artikel ini saya akan menceritakan pengalaman selama saya praktikum di Akademi Telkom Jakarta, dan berikut ini adalah ceritanya.

1.2 Tujuan Penulisan

1.2.1 Untuk memenuhi nilai salah satu praktikum dasar computer yang diberikan oleh dosen.
1.2.2 Untuk berbagi pengalaman selama saya praktikum.

BAB II
ISI

2.1 Menceritakan Pengalaman Selama Praktikum.
Ceritanya dimulai pada saat saya gagal mengikuti SNMPTN dan saya berfikir mungkin saya bisa meneruskan keahlian ayah, saya yaitu di bidang telekomunikasi. Itu karena ayah saya pernah bekerja di salah satu provider terkenal di Indonesia yang inisialnya itu depannya I belakangnya T.
Nah semenjak ayah saya mengundurkan diri dari INDOSAT saya bertekad untuk meneruskannya, dan pada akhirnya saya meneruskan pendidikan di Akademi Telkom Jakarta. Saya pikir ini salah satu langkah yang baik walaupun minimalis dan sangat sederhana tapi saya yakin disini saya akan dapat ilmu yang mempuni dalam hal telekomunikasi.
AKATEL, itulah julukan yang disegani atau lebih tepat dikenal oleh para mahasiswa/i. Mulai pertama kali masuk setelah ospec dan serangkaian proses administrasi yang begitu rumit dan mulai belajar beberapa saat kemudian saya dengar akan di adakan praktikum.
Dan disitulah akhirnya yang saya tunggu-tunggu hampir tiba dan semangat saya semakin bergejolak karena saya pikir D3 yang ada di AKATEL ini diprioritaskan agar lulusannya dapat bersaing serta siap dalam dunia bekerja. Hari itu entah tanggal berapa dan sedang mendung atau engga saya dengar dari seorang teman yang begitu dewasa tinggi semampai tidak terlalu tampan namun jauh dari kata putih, dia bilang “lu udah liat jadwal praktikum?” langsung dengan sigap menuju mading tanpa menjawab pertanyaan itu.
Setelahnya sampai di mading saya lihat lusa adalah jadwal saya praktikum DasKom (Dasar Komputer), wwwooooowww mantapss . Jreng jreng akhirnya hari praktikum pun tiba , sesampainya di lab dosen praktiknya sudah duduk manis orangnya baik dan lumayan tampan oh iya ternyata dia senang batu cincin juga hahaha. Setelah itu saya baru tahu namanya adalah Bpk.Ma’ruf namannya sama seperti ketua kelas saya haha.
Hari itu saya praktikum pertama yaitu belajar sejarah perkembangan computer serta belajar bongkar rakit computer dengan baik dan benar. Dihari itu ada dua kelompok yang praktikum yaitu kelompok saya yang terdiri dan kelompok teman saya yang masing masing terdiri dari empat orang.
Pada saat itu saya mengenal yang namanya harddisk, RAM, Mother Board, VGA, USB PORT, dan masih banyak lagi nama-nama binatang yang lain. Pertama kali saya praktikum saya kesetrum karna salah pegang di bagian CPU dari situ saya mencoba berhati hati lagi, lalu pada saat di test ternyata monitor tidak menyala. Setelah di periksa lagi ternyata ada kabel yang kurang pas yaitu kabel LED POWER tertukar pemasangannya, setelah diperbaiki lalu di test lagi dan alhamdulilah monitor menyala.
Dari praktikum itu saya jadi tahu bagaimana komponen computer itu apa saja ,sejarahnya bagaimana serta proses perakitanyapun saya menjadi paham. Ya jadinya sekarang saya jadi paham sedikit ilmu tentang computer karna saya yakin masih banyak lagi hal lain yang belum saya ketahui.
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bpk.Ma’ruf selaku dosen praktikum saya yang telah menuangkan ide kreatif serta ilmunya yang telah mengajarkan saya tentan bongkar rakit serta ilmu lain tentang computer.
Saya juga ucapkan banyak terima kasih kepada pihak kampus karena sudah memberi saya dosen praktikum yang sangat fleksibel serta baik terhadap mahasiswa/i sehingga menjadikan saya dan yang lain lebih nyaman dalam hal praktikum.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari sebagian kecil pengalaman ini saya dapat simpulkan bahwa Akademi Telkom Jakarta ituh memang menyiapkan lulusan Ahli Madya D3 yang lues dalam telekomunikasi serta siap bersain dengan didunia kerja.
Maka itu Akademi Telkom Jakarta lebih menekankan dalam hal praktik ketimbang teori ,dan saya senang mendapat dosen praktikum seperti Bpk.Maruf karena dia dosen yang baik tidak sombong gaul dan asik.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *