Menceritakan Pengalaman Praktek

Menceritakan Pengalaman Praktek
January 16, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama  : Wiranata kusuma

Nim     :14150097

Kelas   :14 tel-03

 

Menceritakan pengalaman praktikum

BAB I

PENDAHULUAN

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, saya  panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas membuat artikel Dasar Komputer ini.

Dalam kesempatan ini saya akan menceritakan sedikit tetang pengalaman saya selama melakukan praktikum di Kampus Akademi Telkom Jakarta. Dan terimakasih sebelumnya kepada Bapak Ma’ruf yang telah membimbing saya selama praktikum berlangsung.

Wasalam-

BAB II

ISI

Assalamualaikum pak ma’ruf saya akan menceritakan pengalaman saya praktek dengan bapak, pertama sekali saya masuk akatel saya anak SMA dengan jurusan ips saya ngga yakin bisa ngikutin pelajaran karna basic saya anak ekonom seharusnya.

Setelah berjalan beberapa bulan saya ngampus diakatel saya dapet feel dengan jurusan telekomunikasi yang menurut saya anti mainstream banget.

Awal kali praktek dengan bapak saya kira bapak orangnya ngga asik, ternyata bapak enak orangnya diajak becanda.

Pertama waktu itu praktek tentang sejarah dan perkembangan computer dari awal pertama kali dibuat.

Kelompok dibagi menjadi 2 yang dibagi tiap kelompoknya ada yg 5 dan 6 saya waktu itu kebagian shift 2 yaitu waktunya siang hari,setelah itu kami masuk ruangan lab akatel tercinta dengan penuh kemewahan didalalmnya.

Kita diabsen dengan bapak satu per satu dan menandatangani daftar kehadiran setlah itu kita baca satu persatu modul yg telah dikasih oleh bapak dosen dan setelah membaca pak dosen bergantian menerangkan detailnya lebih signifikan.

Disitu kita juga diterangin bagian dari motherboard dari yang type ATA sampai SATA, saya dulu anak ips jadi ngga terlalu paham tentang itu, mungkin kalo saya jadi anak ekonom paling saya menjual motherboard bukan memahami tentang motherboard.

Selanjutnya praktek pertemuan bahasan tentang upgrade software menggunakan virtual box dan cara mengoprek bios.

Seperti biasa kelompok saya kebagian datang siang lagi,kita masuk lab,absen dan tanda tangan daftar hadir.

Kita membaca satu persatu lagi, dan sisanya bapak menjelaskan, disana kita setiap kelompok diberi computer satu-satu untuk mempraktekan menggunakan os lebih dari satu menggunakan software virtualbox, dan itu mudah banget caranya.

Kedua kami praktek tantang BIOS yaitu bagaimana cara menggunakan bios,mereset password bios dan dll tentang bios, dosen memberikan cara mereset password bios pertma menggunakan software biasanya itu digunakan untuk laptop, tapi kalo menggunakan pc biasanya kita hanya mencabut kabel jumper dan mencabut batre CMOS, satu lagi kalian tau bagaimana cara mengecheck batre cmos masih ada daya atau tidak? Iya dengan cara menjilat batre itu, dan saya menjilatnya kalo batre cmos masih ada dayanya itu rasanya kaya ada nyetrum-nyetrum enak, tapi kalo ngga ada setrum berarti batrenya udh abis dayanya, dan jangan sekali-kali anda diluar sana menjilat batre cmos saat praktek, karna apa? Pasti kalian tidak tau siapa penjilat batre pertama cmos itu waspadalah.

BAB III

KESIMPULAN

Bahwa praktek itu sangat penting dalam dunia kuliah khusunya D3 karna kita merupakan jalur vokasi yang dimana skill yang dibutuhkan bukan hanya pendapat dan logika saja,maka prakteklah dengan serius tapi jangan serius banget karna praktek itu bekal kita didunia kerja yooo

Wassalamualikum warhmatullohi wabarakatuh.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *