Cerita Pengalaman Selama Praktikum

Cerita Pengalaman Selama Praktikum
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

 

Nama : Elsy Anjelina Siregar

NIM     : 14150010

Kelas  : 14 TEL 01

KATA PENGHANTAR

Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Nya mungkin blog sederhana ini tidak akan sanggup tampil dengan baik.

Blog ini dibuat agar pengunjung dapat Kemudahan Berkreasi Pada Blog, yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Blog ini saya buat dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri saya maupun yang datang dari PC dan Network. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya blog ini dapat dibuat.

Blog ini memuat tentang “Cerita Pengalaman Selama Praktikum” mudah-mudahan yang sangat membantu sobat blogger sekalian. Walaupun blog ini mungkin kurang sempurna tapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pengunjung.

Saya mengucapkan terima kasih kepada sobat blogger yang menjadi inspirasi saya yang telah membantu saya dapat mengerti tentang bagaimana cara saya membuat blog ini.

Semoga blog ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pengunjungnya. Walaupun blog ini tidak memiliki kelebihan dan banyak kekurangan.

 

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang
    Pengalaman adalah kejadian yang pernah dialami (dijalani, dirasa, ditanggung, dan sebagainya) baik yang sudah lama atau baru saja terjadi. Tanpa pengalaman kita tidak akan mempunyai wawasan yang luas maka itu disini saya akan menceritakan pengalaman saya saat kegiatan praktikum dasar komputer.
  • Rumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang pembahasan artikel ini, saya akhirnya berinisiatif membahas persoalan tentang:
    Pengalaman apa yang didapat selama praktikum dasar komunikasi?
  • Tujuan Penulisan
    Untuk memenuhi tugas praktikum dasar komunikasi.

 

MENCERITAKAN PENGALAMAN PRAKTIKUM

Pertama-tama saya ingin Berterimakasih kepada Dosen saya Bapak Muhamad Maruf yang telah mengajarkan saya dari modul ke modul dan mau berbagi pengetahuan kepada saya. Mulai dari sejarah perkembangan komputer, cara merakit komputer, cara meng-instal windows 7 dengan virtualbox dan cara reset password.
Disini saya akan menceritakan pengalaman saya saat melakukan kegiatan praktikum.

Sebelum praktikum Modul 1 dan 2 saya diberikan catatan yang berisi tentang Sejarah perjembangan komputer, karna saya melihatnya saja sudah pusing yang isinya seperti soal soal cerita sehingga saya tidak membacanya. Dan pada waktunya tiba Praktikum saya datang ke kampus  AKATEL dengan pecaya diri dan pengetahuan yang kosong tentang komputer. Disana kampus bertemu teman-teman saya yang sudah berkumpul sesuai kelompok, saya dan kelompok saya pun bergegas keruangan praktikum yang saya kira dan teman teman saya tidak ada orang didalamnya tak lama dosen Bapak yusuf berkata “Masuk aja kedalam” kelompok saya pun bergegas kedalam dan menemui pak maruf yang sudah menunggu di meja panasnya yang awalnya saya mengira dosennya galak, dengan seiring berjalannya pelajaran praktikum saya mengerti dengan mudah karna cara mengajar pak maruf yang mau membahas satu persatu isi catatan dan mempraktikannya dengan jelas. Yang tadinya saya tidak tau isi catatan itu karna malas membacanya sampai saya mengerti semua yang apa bapak maruf ajarkan. Selesai Praktikum pun pak maruf memberikan tugas untuk membuat Laporan dari catatan dan praktikum yang telah di pelajari. Dan disitu saya dapat memahami tentang sejarah komputer dan spesifikasi standar unit komputer. Yang awalnya saya tidak bisa merakit komputer dan setelah praktik sayapun jadi bisa.

Praktikum Modul 2 dan 3 seperti biasa sebelumnya diberikan catatan yang akan di pelajari yang berisi tentang entang instal windows 7 didalam virtualbox dan cara reset password. Pada waktu itu saya sebenarnya tidak bisa ikut praktikum karna akan ada acara keluar, sayapun harus ikut sekeluarga. Awalnya saya berfikir tidak ingin masuk tetapi karna ibu saya menyuruh saya untuk datang dan meminta izin saya pun datang untuk meminta izin pak maruf tetapi waktu itu pak maruf agak telat sehingga pertemuan untuk praktikum menjadi semakin lambat, awalnya pak maruf datang saya sudah meminta izin untuk tidak mengikuti praktikum karna pak maruf menyuruh saya untuk mengikuti setengah dari praktikum saya pun tidak bisa menolak, awal praktik berjalan saya pun konsentrasi agar bisa masuk sepenuhnya apa yang di ajarkan pak maruf setelah 1 jam berlalu saya pun menjadi bimbang ingin meminta izin kembali untuk pulang karna takut keluarga saya sudah pergi, karna saya tidak ada keberanian saya diam dan memikirkannya sehingga pelajaranpun terabaikan oleh saya, Tetapi ajaib sekali tidak lama ruangan praktikum pun mati lampu padahal saya sudah pasrah disitu, kelompok sayapun tertawa karna pak maruf berkata “ Mungkin ini doa Elsy ya biar bisa pergi “. dan tak lama pak maruf bertanya apa ingin menunggu sampai menyalah atau ingin langsung mengerjakan laporan, kelompok saya pun memilih untuk mengerjakan laporan disitu saya hanya senyum senyum karna kejadian itu. Sesampai keluar pas sekali ibu saya menghubungi saya untuk menyuruh pulang. Saya bergegas pulang dan memikirkan kejadian tadi. walau hanya setengah praktikum yang di pelajarin saya mengerti apa yang selanjutnya akan di lakukan karna menurut saya pak maruf sudah cukup jelas untuk menjelaskan apa yang telah di ajarkan.

 

KESIMPULAN

Praktikum dalam pelajaran sangatlah berguna karna kita akan mengerti sepenuhnya dari pada hanya mempelajarinya tanpa mempraktekannya. Sehingga kita bisa lebih paham tentang materi yang di pelajari.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *