Cerita Pengalaman Selama Praktikum

Cerita Pengalaman Selama Praktikum
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama   : ADI KUNCORO

KELAS : 14 TEL 02

NIM     : 14150042

BAB I
KATA PENGANTAR

                      Segala puji bagi Allah SWT yang telah menganugerahkan kepada kita semua nikmat dan sehatnya, dengan akal dan pikiran, sehingga kita sebagai makhluk yg sempurna di bumi ini, merupakan makhluk yang paling mulia derajatnya dari sebaik-baik dari semua makhluk yang diciptakan Allah. Tidak banyak kata yang dapat disampaikan, mengingat manusia adalah tempatnya salah, oleh sebab itu saya sadar bahwa artikel ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Sehingga kritik dan saran dari pembaca sangat di harapkan.

BAB II

PENGALAMAN PRAKTIKUM

            Nama saya Adi Kuncoro pertama kali praktek di lab mengenai ilmu telekomunikasi. ini merupakan pengalaman pertama dan cukup membingungkan karena masih baru bagi saya. Sempat berfikir apa yang nantinya akan di praktikumkan, ternyata ya tidak jauh dari ilmu telekomunikasi.

                     Dimulai dari saya masuk lab akatel, terkesan bahwa termasuk lab yang kecil nanum fasilitasnya masih terjangkau dan nyaman. Fasilitas yang disediakan adalah alat-alat yang berkaitan dengan praktikum dan AC. Dengan ruangan yang dingin, jujur saya suka terasa ngantuk dan bosan disaat praktikum berlangsung.

                    Praktek yang berkesan menurut saya adalah saat praktek tentang komputer. disana kami praktek untuk mempelajari cara membongkar pasang dan melihat bagian fungsi setiap komputer. Mungkin karna saya yg kurang ingin tahu jadi yang saya tahu tentang komputer adalah hanya games. Namun setelah dosen menerangkan bagian dan fungsi setiap komputer dan akhirnya saya mengerti itu semua.

                      Pada saat praktikum bagian yang seru adalah saat membongkar pasang CPU. disana kita harus belajar memasang bagian komponen dari CPU yang teraliri listrik. Walapun bukan saya yang memasang, namun melihat rekan saya yang sudah ahli memasang komponen-komponen tersebut, dia tersengat listrik dan itu menyenangkan untuk tertawakan. Setelah semua terpasang, kemudian kami mencoba menyalakan komputer dan berhasil tanpa kesalahan.

                          Setelah praktikum selesai, kami diberi tugas untuk mengerjakan laporan dan ini adalah hal yang tidak menyenangkan bagi saya, karena apa? karena laporan tersebut harus ditulis tangan. Yang membuat hal itu menyebalkan adalah banyaknya lembaran dari laporan tersebut. Mau tidak mau karena memang sudah tugas, saya terpaksa mengerjakannya dengan sabar.

                           Dengan kerja keras ini, saya berterimakasih kepada dosen pembimbing yang telah memberi ilmunya kepada kami, rekan kelompok saya yang sudah bekerja sama untuk saling membantu. Dari mengajarkan sejarahnya, fungsinya, sampai dengan membongkar pasang komputer. Dengan ini saya bisa tahu lebih banyak tentang komputer bukan hanya bermain gamesnya saja.

BAB III

KESIMPULAN

  1. Hasil dari pembelajaran bahwa yang saya alami praktek lebih mudah untuk dimengerti daripada teori. dengan praktek saya bisa mendapat pengalaman pribadi yang berkesan baru.
  2. Pembuatan laporan praktikum dengan tulis tangan membuat saya harus lebih rajin untuk mengerjakannya dan untuk sedikit bekal nanti disaat mengerjakan tugas akhir kuliah.
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *