pengalaman saya saat praktikum autocad

NAMA : MUHAMAD ZENI RAMDANI
KELAS : 14 TEL 03
NIM : 14150113

Alhamdulillah, Puji Syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan limpahan – Nya lah saya dapat menyelesaikan tugas “Praktikum Gambar Teknik” dengan menggunakan aplikasi AutoCAD.

Disini saya akan menjelaskan tentang pengalaman saya dalam melakukan praktikum gambar teknik dengan menggunakan aplikasi AutoCAD. AutoCAD sendiri memiliki arti sebagai berikut:

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.

AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.
Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.

AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine.

AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.

Selanjutnya saya akan menceritakan pengalaman saya selama praktikum, hari Jum’at, 19 Februari 2016. Pada hari ini saya dan 4 orang teman saya melaksanakan praktikum yang berjalan cukup lama karena praktikum dilakukan dengan 4 modul sekaligus. Selama mengerjakan tugas dan latihan praktikum, saya lumayan bisa menjalankan aplikasi AutoCAD karena saya memiliki jiwa desain grafis.

Pada modul 1 saya mengikuti instruksi apa saja yang disuruh oleh dosen saya yaitu Pak Santo, karena kalau tidak mengikuti prosedur maka akan salah dalam mengerjakan praktik. Dan begitu juga pada modul 2, 3 dan 4. Dalam praktek ini menurut saya sama dengan cara menjalankan aplikasi Photoshop tetapi AutoCAD memiliki keunggulan tersendiri.

Saya berharap dengan bertambahnya ilmu saya dalam menjalankan aplikasi AutoCAD semoga ini dapat berguna untuk saya pada waktu di dunia kerja saya nanti karena saya juga sangat menyukai dengan jiwa teknik sipil, arsitektur. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dosen saya Pak Santo.

Pengalaman saya ketika mengikuti praktikum tentang mendesain gambar melalui autocad. Sebelumnya saya males banget untuk mengikuti praktek tersebut. Karena praktikumnya dilaksanakan disaat liburan semester. Tetapi, mau gimana lagi saya harus tetap mengikuti praktikum ini agar saya bisa menambah pengetahuan.

Praktikum kali ini sangat berbeda dari sebelum-belumnya. Bedanya dari praktikum yang lain. Praktikum ini menggunakan software yang bernama autocad. Dan juga praktikumnya tidak disuruh membuat makalah ataupun tulis tangan. Rasanya senang sekali bisa mainin komputer juga, hehe. 😀

Autocad ini adalah aplikasi yang berfungsi untuk mendesain sebuah objek. Dan juga tersebut mempunyai dimensi yaitu, dua dimensi dan tiga dimensi dengan berbagai bidang. Seperti; desain grafis, arsitektur, teknik sipil dan sebagainya. Dengan perangkat lunak ini mengahasilkan sebuah desain yang tepat. Karena gambarnya sangat bisa menyerupai bentuk aslinya.

Cara mengoperasikannya aplikasi ini dengan cara kita harus memberi perintah atau rumus yang berupa singkatan dari perintah tersebut. Misalnya ; erase (menghapus objek) command :E sedangkan copy (mengandakan objek) command : co, dan sebagainya. Sangat mudah kan kalau dipahaminya asalkan tau rumus-rumusnya saja pasti sangat mudah.

Tetapi setelah melihat asal dari autocad tersebut. Awalnya saya heran dengan gambarnya yang terlalu abstrak. Apa karena saya baru pertama kali mengikuti praktikum tersebut. Namun saya puas dan senang bisa mengkuti praktikum tersebut. Dan saya juga bisa menambah pengalaman dari praktikum itu.

 

 

3.1 Kesimpulan

Saya bisa mengenal dan memahami praktikum tentang autocad. Dan juga saya bisa menambah pengalaman ataupun pengetahuan. Autocad ini berfungsi untuk menggambarkan atau mendesain dari seebuah objek. Dan objek tersebut mempunyai dimensi yaitu, dua dimensi dan tiga dimensi.

3.2 Saran

Menurut saya, kalau mengadakan sebuah praktikum kalau bisa jangan disaat liburan semester kasian yang pada liburan dikampung. Dan seharusnya praktek ini juga harus berjalan dengan kondusif.


Posted in Uncategorized by with no comments yet.

MENCERITA PENGENALAN PRAKTIKUM AUTOCAD

NAMA               : MOCHAMAD IMAM SANTOSO

KELAS                 : 14 TEL – 03

TUGAS               : PENGALAMAN SAAT PRAKTIKUM AUTOCAD

FAKULTAS        : TEKNIK TELEKOMUNIKASI

PERGURUAN   : AKADEMI TELKOM JAKARTA

 

Awalnya saya tidak tahu kalau ada schedule buat praktikum gambar teknik atau praktikum mengenai autocad. Karna saat itu khusus kelas saya dijadwalkan pada saat liburan akhir semester satu. Saya kurang info karna maklum saya sudah tidak memiliki handpone lagi. Jadi, info yang biasa saya dapatkan pada saat memiliki handpone kini saya tidak mendapatkan info yang apa yang sedang terjadi ataupun yang akan terjadi. Saat saya baru tahu dan baru mendapatkan info itu bahwa ada praktikum tersebut saya baru tahu saat saya datang menyetorkan uang SPP untuk membayar kuliah semester baru. Kalau tidak salah waktu itu saat libur lewat 4 hari ataulima hari dan saat itu kelas teman saya lagi praktikum tersebut yaitu kelas 14 Tel – 01. Awalnya saya terkejut, loh koq anak kelas itu memakai baju khusus praktikum yah ? saya disitu bertanya-tanya bingung. Dan untung sajalah ada teman sekelas saya yaitu abigael dan dwi. Saya Tanya saja mereka.
“ Gael itu koq anak tel – 01 pada praktek sih ?? “. Saya bertanya.
“ lah lu tem !!! kemana aja lu kemaren tel – 03 juga praktek oon, lagi lu kemana deh bukannya datang lu praktik ?? “. Abigael menjawab.
“ lah gue gak tau oon, gue gak dapet info kan hehe… “. Saya menjawab.
“ ah lu mah tem alasan ajalah bilang aja mager kali hehe… orang udeh diinfoin dari grup line “. Dwi memotong pembicaraan.
“ yeh wi sumpah dah gue soalnya sekarang kaga megang hape wi hape gue gue gade hehe…. Makanya gue kaga tau infonya “. Saya menjawab.
“ yah alasan aja lu lah tem, lah kenapa lu gade hape lu oon ? entar apa-apa susah lu !!! “. Dwi menjawab.
“ ett dah bujug disangka banyak alasan gue haha… iya hape gue gade gara-gara butuh duit gue orang hape gue dari terakhir pas UAS itu gue buat ongkos kuliah “. Saya menjawab.
“ ah tem lu mah ada-ada aja sih parah lu, terus lo ngapain datang hari ini ?? “. Dwi menjawab.
“ bayaran sama ngisi KRS “. Saya menjawab.
“ lah percuma lo datang oon orang sekarang diwajibin bayarnya via ATM bego, gimana sih lu itu udeh diinfoin sama bang arip lewat line oon “. Dwi menjawab.
“ yaelah percuma dong yah mendingan gue tidur kalo tau begini mah enakan mana belom molor gue dari semalam “. Saya menjawab.
“ yaudahlah gue kekantin dulu “. Dwi menjawab.
“ eh tar dulu wi, ini ngisi KRS gimana ?? “. Saya menjawab
“ ini orang mau gue maki-maki kali yah hehe… kalo ngisi KRS lo bayar dulu baru bisa lo ngisi tuh KRS “. Dwi menjawab.
“ oh yaudah deh, tapi gue mau Tanya ama lu lu katanya lu gak kudet alias  gak kurang apdet tentang kampus kan ?? “. Saya menjawab.
“ iya dong gue gitu cewe paling cakep diangkatan 14 “. Dwi berlelucon.
“ yeh pede sih kampret, lu mah gak cakep tapi gesrekkkkk haha…. “. Saya menjawab.
“ lah kenapa emang lu gue orangnya up to date“. Dwi menjawab.
“ yah kurang update lo wi bukannya gue !!! bu min tutup kali jadi kalo bu min gak ada kantin tutup dan akatel pun gak ada kehidupan tau haha “. Saya menjawab.
“ ah gapercaya gue ama lo “. Dwi menjawab.
“ yaudah sana liat deh yang waras ngalah deeehhhh “. Saya menjawab.
Sayapun sudah dapatkan info tersebut setelah bertanya kepada mereka berdua. sebenarnya niat saya datang hari ini ingin melunasi pembayaran semester yang akan datang namun sia-sia datang ternyata saya harus membayarnya Via ATM. Dan sayapun bergegas untuk menanyakan kekantor staf kampus ini untuk memastikan apakah benar harus Via ATM, sembari tanya soal praktikum susulan. Setelah saya sampai diruang kantor staff kampus ini saya bertanya kepada ibu mala.
“ assalamualaikum, bu bayar ini gimana dah ? “. Bertanyalah saya.
“ walaikumsalam, lewat ATM mam “. Ujar Ibu Mala.
“ waduh, sia-sia saya dong bu saya datang, tapi emang gak bisa langsung bu saya bawa ini uangnya “. Saya menjawab.
“ gak bisa mam, saya kan udah nyuruh arip suruh kasih tau soal in imam “. Ujar Ibu Mala.
“ iya saya kaga tau bu saya kan udeh kaga megang hape bu, tapi bu biar saya gak datang sia-sia hari ini bisa kali bu saya ngisi KRS mah “. Saya menjawab.
“ gabisalah imam, soalnya bukan saya yang megang soal itu. yang megang ibu ending mam “. Ujar Ibu Mala.
“ yah ibu tolongin saya dong bu saya bayar koq 2 hari paling telat dari sekarang “. Saya menjawab.
“ iya mam ntar saya coba bicara yah, linknya kamu tau kan mam buat ngisi itu “. Ujar Ibu Mala.
“ iya ibu saya tau koq, makasih yah bu hehe… oh iya bu saya kan gatau kemaren kelas saya gatau kalo ada praktikum autocad itu gimana ? bisa susulan gak bu ? “. Bertanyalah saya.
“ bisa mam kamu ngomong aja sama pak santo “. Ujar Ibu Mala.
“ nah pak sapto yang mana tuh bu saya kurang tau orang gimana ?? “. Saya menjawab.
“ tuh dia baru lewat “. Ujar ibu mala.
“ oh itu bu yaudah saya kejar dia dulu yah hehe… makasih bu atas bantuanya permisa saya “. Saya pamit kepada ibu mala.

Akhirnya saya permisi dan pergi keluar ruang tersebut setelah bertanya tentang info yang saya belum tau. Kebetulan saat saya bertanya pak sapto sang pembimbing autocad tersebut lewat saat saya sedang mengobrol dengan ibu mala. Tidak perlu basa basi lagi saya langsung mengejar dan bertanya dengan beliau apakah saya boleh untuk mengikuti praktikum susulan ??. akhirnya saya sampai didekat beliau tidak menunggu lama saya langsung bertanya karna saya takut kalau tidak mengikuti praktikum saya harus bayar Rp. 200.000.00 , dari pada saya bayar lebih saya mengikuti karna keadaan ekonomi saya saja tidak memungkinkan sama sekali. saya saja kalau berangkat kuliah terkadang Cuma bekal uang buat membeli bahan kendaraan motor saya. Terkadang juga saya tidak masuk kuliah juga karna factor tersebut kalau misalkan tidak punya uang dan bahan bakar kendaraan saya pasti tidak masuk maklum saya dulu bekerja jadi kalau minta uang saku kepada orang tua saya malu, lagi juga terkadang bapak saya juga jarang pulang sibuk mencari uang buat makan sehari-hari. Mungkin banyak yang bertanya kan kenapa tidak minta sama orang tua saya saja ?? pasti saya jawab begitu karna kenyataanya. Terus banyak yang bertanya kepada saya terus yang membiayai kuliah saya siapa ?? kalau soal administrasi uang perkuliahan saya itu adalah kakak laki-laki saya dia dari jaman saya kenal dunia kelam sampai terjerat dunia yang tak semestinya kakak saya berikut keluarga saya yang lain banyak bantu maka dari itu saya mengikuti saya kemauannya saat ini. Sebenarnya saya gamau kuliah saya cukup hidup dengan yang dulu saya bekerja saya mempunyai penghasilan sendiri dan tak ada kekangan bebas kemana saja. namun fikiran saya itu tertantang karna semua yang dilakukan keluarga saya itu benar demi kebaikan saya sendiri. Loh !!! maaf saya jadi curhat pak hehe…. Yah supaya makin kenal aja yah pak hehe…

akhirnya saya pun bertanya dengan pak santo setelah saya mengejar dia secara terburu-buru dan tergesa-gesa untuk menanyakan apakah saya bisa mengikuti praktikum susulan ??
“ pak mohon maaf ganggu nih saya mochamad imam santoso angkatan 14 dari kelas Tel – 03 pak, maaf yah pak saya ingin bertanya pak. Saya kan waktu itu gak tau bahwa kelas saya ada jadwal praktikum autocad yang dibimbing oleh bapak nih, kira-kira boleh tidak pak saya ikut susulan ?? sumpah saya gak tau pak soalnya saya gak tau infonya pak ?? “. saya bertanya.
“ oh gak apa-apa yang terpenting kamu ada temen-temen kamu yang lain yang sama belum ikut dipratikum saya yah kamu cari aja siapa temen kamu yang belum ikut. Kalau memang kamu mau cepet besok temen kamu dari kelas 14 Tel – 02 juga ada koq satu kelas besok baru mulai kalo mau kamu datang besok jam delapan pagi yah “. Ujar pak santo.
“ oh ya sudah pak oke pak tenang besok insyallah saya datang pak, terimakasih yah pak saya permisi dulu  “. Saya menjawab.

saya sangat senang setelah saya bertanya dan mendapatkan respon dari pak santo selaku pembimbing dosen praktikum saya ternyata masih bisa mengikuti praktikum walaupun susulan dengan ruangan kelas lain yaitu 14 Tel – 02. Setelah mendapatkan respon saya mengisi KRS online untuk memenuh syarat agar bisa mengikuti mata kuliah dikampus ini. saya pun kembali belakang kampus tepatnya belakang perpustakaan. Saat saya ingin membuka laptop saya melihat senior angkatan 12 yaitu bang hendro mantan ketua senat mahasiswa kampus ini. saya pun mendekatinya dan bertanya soal praktikum Autocad.
“ weh bang koq lu datang sih bukanya masih libur yah ?? “. Saya bertanya.
“ eh lu tem !!! iya tem biasa mahasiswa semester akhir gini tem hhehe…. “. Ujar bang hendro.
“ lah emang ngapain dah lu datang rajin amat lu bang datang digaji kaga hehe… “. Saya menjawab.
“ iya tem gue ngerjain TA nih bareng kawan-kawan yang lain. Pusing tem nih bantuin gue haha… “. Ujar bang hendro.
“ jiahhh mana ngarti gue bang gokil amat lu haha… oh iya bang lu waktu dulu pernah praktek Autocad gak dah ?? “. Saya bertanya
“ praktek gambar teknik yah, iya bukan ?? “. Ujar bang hendro.
“ gue iya kali gue aja belom pernah bang makanya nanya ama lo oon hehe… “. Saya menjawab.
“ iya berarti itu botem ganteng, emang ngapa deh ?? “. Ujar bang hendro.
“ kaga bang gue mau nanya itu prakteknya ngapain sih ?? terus penting gak buat jurusan kita gitu deh bang ?? “. Saya bertanya.
“ pentinglah penting banget ntar lo akan dijelasin deh semuanya dan maksudnya, kalo seinget gue nih yang bullet untuk apa, yang segitiga untuk apa dan sebagainya deh pokonya lo ikutin aja deh. Udehlah gue pergi dulu yah gue mau kekoperasi mau ngeprint TA nih “. Pamitlah bang hendro.
“ yaudah bang thanks yah “. Saya menjawab.
Sementara bang hendro sibuk dan permisi dari hadapan untuk menyelesaikan tugasnya. Sementara saya masih sibuk depan laptop untuk mengisi KRS online. Selang 15 menit saya selesai mengisi KRS Online. Saya baca-baca artikel tentang autocad dari media internet yang ada mumpung gratis dikampus saya internetan. Ternyata setelah saya baca bahwa autocad itu ternyata buat bidang pembangunan dan biasa dipakai oleh para-para arsitektur ternama dimanapun berada untuk mendesain pola bangunan seperti gedung-gedung, rumah, jalanan, dan bidang furniture lainnya. Sayapun aneh koq dijurusan atau fakultas yang saya ambil ada memakai autocad dan sangat penting pula ini. saya pun bingung kenapa koq penting yah ?? saya bertanya-tanya jadinya makin penasaran. Tak terasa waktu sudah menunjukan sore hari sayapun bergegas untuk pulang kembali kerumah.

 

Keesokan harinya saya pun kesiangan yang seharusnya bangun pagi jam 06.00 pagi, saya malah terbangun jam 10 pagi. Saya pun jadi bingung saya telat dan tidak bisa mngikuti praktikum lagi.  Yah tidak apa-apalah mungkin bukan nasib saya hari ini saya mengikuti praktikumanya. Mungkin lain waktu kali saya bisa mengikuti praktikumnya.

Selang beberapa minggu kemudian saya mulai masuk kuliah seusai libur tiga pekan lamanya. Sayapun menyempatkan waktu untuk menanyakan kekantor dan bertemu pak santo siapa saja dari kelas saya yang belum mengikuti praktikum ini. setelah saya liat ada 5 atau 7 orang yang belum mengikuti praktikum ini. dan saya masuk kelas setelah menanyakan itu semua dan menanyakan siapa saja yang belum mengikuti praktikum kepada teman-teman sekelas saya. Pas saya Tanya benar ada 7 orang namun ada 3 orang yang masih dikampungnya medan. Nah saya bingungh tuh saya harus gimana nunggu mereka yang masih dikampung atau  lanjutkan saja yang ada disini.  Namun banyak orang yang setuju lebih baik menunggu saja yang masih dikampung. Ya sudah mau gak mau saya bersifat solidaritas menunggu yang ada.

Selang satu pekan akhirnya teman saya yang masih dikampung sudah pulang kejakarta. Dan sayapun langsung menanyakan kapan mau mengikuti praktikum tersebut. Mereka menjawab sabtu saja. saya pun melaporkan ini kepada pak santo namun pak santo bisanya sabtu minggu depannya lagi. Akhirnya saya sepakati saja. yasudah akhirnya saya kabari kepada yang lainnya. Dan yang lainnyapun setuju.
sabtu depan pun tiba namun kali ini saya tidak bisa hadir dikarnakan ada acara keluarga yang mendadak yang memaksakan saya untuk hadir diacara keluarga ini. keesokan harinya saya bertanya ternyata masih ada yang belum mengikuti prktikum ini masih ada 3 orang. dan disusul hari kamis saat saya libur. Hari kamis pun tiba saya akhirnya mengikuti praktikum ini saat pagi hari namun saya telat datangnya hehe…. Akhirnya saya ikut sampai habis walaupun kaga mengerti praktikum ini saya mnegikuti dan saya pun mengikuti alur aja deh dari pada tidak mengikutinya bisa bayar duaratus ribu rupiah. Namun selama saya mengikuti saya aneh dengan komputernya selalu ngeblank dan saya sekali gota ganti mouse untuk mengarahan kursornya. Jam 4 sore saya selesai akhirnya dan saya pun tenang bisa ikut praktikum ini.
KESIMPULAN SAYA DAPAT DARI PRAKTIKUM INI :
selama saya mengikuti pratikum ini saya dapat pelajaran yang berarti yaitu jangan mensia-siakan lagi dan harus peka apa yang terjadi dan jangan meremehkan yang ada dan harus lebih banyak belajar lagi tentang auto cad.

saran :
saran saya kalo ada jadwal praktikum seperti ini tolong jangan disaat liburan semester pak.

 


Posted in Uncategorized by with no comments yet.

Pengalaman Praktikum Bengkel Gambar Teknik

Nama : Septi Ayu Putri D

Nim    : 14150104

Kelas  : 14 Tel 03

Assalamualaikum wr.wb

 

Puji Syukur kehadirat Tuhan YME atas diberikan nikmat dengan mampu mempelajari hal-hal pengetahuan yang sebelum nya tidak saya ketahui. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya selama praktikum “Bengkel Gambar Teknik” dengan menggunakan aplikasi software yaitu AUTOCAD.

Sebelum nya saya kurang tahu apa fungsi dan kegunaan aplikasi itu sendiri. Akhirnya saya mulai penasaran dan ingin tahu apa fungsi dan kegunaan aplikasi tersebut. Setelah itu saya mulai searching di internet dan menemukan beberapa jawaban nya.

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD. AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine. AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.

Menurut info yang saya dapat Software CAD adalah paket program yang menyediakan fasilitas-fasilitas untuk mendesain, sedangkan hardware adalah perangkat yang diperlukan untuk menjalankan software tersebut. Hardware bisa terdiri dari: CPU, monitor, keyboard, mouse, tablet, plotter, dan lain-lain. Software CAD tersedia banyak di pasaran, salah satunya adalah AutoCAD.

Disini kami memulai praktek kami dengan dosen yang bernama Pak SANTO.

Saya adalah salah satu termasuk murid yang tertinggal untuk mengikuti praktek dikarenakan sedang berada dikampung halaman saya. Pada hari senin bertepat dengan libur jadwal mata kuliah saya, disini saya datang ke kampus untuk mengikuti praktek dari jam 09.00 sampai dengan jam 12.00 dengan terlaksana nya 2 modul. Praktek yang di lakukan terdiri dari 4 modul dan sisanya modul 3 dan 4 dilakukan dari jam 12.00 sampai jam 15.00. Di praktek ini terdiri dari 4 tugas dan 4 latihan. Pembelajaran asyik dan mudah dimengerti tapi sedikit saran agar tidak mengulur ulur waktu ketika praktek sedang berlangsung.

Sedikit cerita bahwa menggunakan AUTOCAD haruslah benar-benar paham dan mengerti akan rumus dan input code yang akan kita masukkan. Terlebih untuk Bapak Dosen terima kasih atas ilmu yang telah diberikan kepada kami. Semoga dapat membimbing kami untuk terus maju kedepan. Jangan bosan untuk terus memberikan ilmu kepada kami pak. Sedikit ilmu yang diberikan semoga dapat berguna dimasa depan kami. Sekian cerita pengalaman dari saya, maaf jika ada salah-salah kata dalam penulisan. Mohon maaf atas segala kekurangan saya dan kepada Allah.SWT saya mohon ampun.

Wassallamualaikum.wr.wb

 


Posted in Uncategorized by with no comments yet.

PENGALAMAN PRAKTEK BENGKEL TEHNIK DIGITAL

PENGALAMAN PRAKTEK BENGKEL  TEHNIK DIGITAL

NAMA: NUR MUHAMMAD ISHAK

NIM: 14150102

KELAS : 14 TEL 3

 

Disni saya akan menceritakan pengalaman praktek saya yakni praktek gambar tehnik autocad sedikit saya akan menjelaskan apa itu autocad , Autocad adalah sebuah aplikasi yang digunakaan untuk  mendisain gambar dalam bentuk 2D atau 3D aplikasi ini biasanya disebut juga sebagai aplikasi disain grafis yang banyak digunakan akhir-akhir ini dan itulah sedikit ulasan tentang autocad

Untuk pertama kalinya saya  melakukan praktek aplikasi komputer yang bernama autocad ini dan saya baru melakukanya di jenjang bangku perkuliahan ini ,pada awalnyasya tidakmengerti sama sekali apa itu autocad dan saya sangat bersyukur karena saya bisa merasakan praktek tersebut dan praktek tersebut jatuh pada hari libur , tetapi saya tidak melakukanya pada hari libur karena saya masih berada di kampung halaman yakni kota bandung.

Dan saya mengikuti praktek susulanyakni setelah masa libur saya habis , dan untuk melakukan praktek saya masih merasa bigung karena sebelum-sebelumnya saya tidak tahu apa itu autocad maklum lah agak gaptek karena saya berasal dari boarding school namun apa salahnya untuk mencoba dan melakukanya demi masa depan.

Dan pada saat melakukan praktek saya mengikuti printah kata-kata pak santo dan didalam proses praktek saya banyak belajar dan banyak dapat pegetahuan atau ilmu tentang aplikasi ini dan diantaranya saya pas praktek membuat gambar segitiga ,persegi,persegi panjang,lingkaran, dan masih bnyak lagi ilmu yg saya dapat dari praktek itu

Untuk membuat gambar-gambar seperti segitiga,persegi,lingkaran dll itu ada kode-kode command  tersendiri dan jikalau kita ingin membuat gambar-gambar tersebut kita harus mengetik command dengan kode-kode tesendiri, saya merasa puas dengan praktek ini karna mendapatkan banyak ilmu yg belum saya ketahui tentang aplikasi autocad ini , danmungkin hanya ini yg bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf  wasalamualikum wr, wb

BERIKUT DIBAWAH INI ADALAH GAMBAR HASIL PRAKTEK AUOTOCAD

14150007 FIVETEEN M M H14150007 FIVETEEN M M G14150007 FIVETEEN M M E14150007 FIVETEEN M M D14150007 FIVETEEN M M C14150007 FIVETEEN M M B14150007 fiveteen m m A


Posted in Uncategorized by with no comments yet.
indonesian porn