Tugas Pengalaman selama Praktikum ‘Gambar Teknik’

Tugas Pengalaman selama Praktikum ‘Gambar Teknik’
February 12, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : Yohana Sinaga
Nim : 14150111
Kelas : 14 TEL 03

A. Menceritakan Pengalaman Praktikum

1. Pendahuluan

Rasa syukur yang kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Esa, Karena berkatnya makalah ini dapat diselesaikan sesuai yang diharapkan . Keterampilan menulis mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dalam proses pendalaman materi praktikum yang sangat penting bagi kami, tentunya kami mendapatkan bimbingan,arahan dan pengetahuan dari praktikum tersebut.

2. Rumusan Masalah :
o Menceritakan Pengalaman Praktikum
o Kesimpulan dan saran-saran

Setelah sehabis uas dan libur dipertengahan minggu, kembali kami mengadakan praktikum yaitu “ Praktikum Gambar Teknik” nah awalnya saya bingung, dibenak pikiran saya penuh dengan tanda Tanya. Setelah itu kami mau memulai praktek tersebut, nah ketika ingin mulai computer yang saya gunakan ngehank, lalu saya menggunakan laptop saya sendiri tapi tak kunjung bisa juga, untungnya ada penyelamat wkwkwk, yaitu dosen kami, lalu ia menyarankan menggunakan computer yang lain

Dimulainya Praktikum, kami diajarkan modul 1 sampai modul 4 dengan menggunakan aplikasi AutoCAD.
AutoCAD adalah sebuah perangkat lunak CAD yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan sistem CAD. AutoCAD adalah software desain yang paling populer di dunia karena keunggulannya dalam mengembangkan produk-produknya. AutoCAD dikembngkan oleh Autodesk yang memiliki banyak versi mulai dari versi pertama yang dikeluarkannya adalah 1.0 (tahun 1982) sampai dengan versi yang sekarang. AutoCAD terus berinovasi dengan mengeluarkan versi-versi terbarunya dan fitur-fitur yang lebih menarik tentunya.
Fungsi dari AutoCAD
Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam bidang desain grafis, arsitektur, teknik sipil, mekanikal engineering dan berbagai bidang lainnya yang berhubungan dengan penciptaan gambar tertentu. Dengan perangkat lunak ini, maka lebih mudah dalam menghasilkan model yang tepat, guna memenuhi kebutuhan khusus. Karena gambar bisa dibuat menyerupai bentuk aslinya, dengan ukuran yang disesuaikan.
Yang mengenai AutoCAD kita diajarkan seperti :
o Garis lengkung (Ars) berarti busur
o Polyline(pl) yang berarti Persegi panjang
o Spl atau kurva
o Polegon (pol) berarti segitiga
o Revcloud berarti yang membuat awan
o Circle © berarti lingkaran
o Elips (el) yang membentuk oval

Dan masih banyak lagi jenis-jenis gambar tehnik tersebut. Lalu kami diajarkan cara membuat gambar dengan baik. Saat kami mengikuti langkah-langkah atau step by step dari dosen ketika itu, kami mulai Kebingungan artinya Panik wkwkkw, apalagi saat mengerjakan tersebut tiba-tiba computer yang kami gunakan nge-hank .
Saat itu dosen menerangkan dengan baik dan jelas terhadap kami .

Bukan hanya diajarkan saja, tetapi kami pun diberikan tugas untuk mengerjakan latihan-latihan yang telah diajarkan, Adapun latihan-latihan tersebut ialah :
 Membuat Persegi panjang sesuai dengan soal yang diberikan
 Membuat Jaringan PSTN dengan mengunakan metode ‘Rec,Pol,c/lingkaran dsb
 Membuat arsitektur ADLS dsb.
Kami pun mengerjakannya sambil berkonsultasi dengan dosen, untuk memahami benar-benar dan penuh dengan ketelitian saat membuat gambar-gambar tersebut.

Disini kami membuat desain grafis bentuk teknik, Awalnya kami bingung namun sebagian dari kami sudah ada yang mengetahuinya tapi ketika itu dosen kami mengenalkan yang namanya aplikasi AutoCAD, Menjelaskan/menerangkan terhadap kami,dan kami pun mulai memahami nya , dan mencoba, mempelajarinya dengan baik.

Kesimpulan:
Dari hasil pembahasan tentang Praktikum Gambar Teknik ialah Perlu adanya setiap individu memiliki kemampuan yang lebih teliti dan belajar mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh dosen , maka yang Paling Terpenting untuk belajar adalah Niat, tapi kalo belajar tidak ada niat maka setiap yang dikerjakan tidak menghasilkan buah yang baik, dan Terima kasih untuk Bapak Santo selaku dosen kami, yang mengajarkan kami dan memberi banyak ilmu melalui Praktikum yang diadakan

Saran :
– Untuk mengoptimalkan pemahaman menggunakan AutoCAD maka diperlukan adanya praktikum setiap harinya dilakukan, supaya lebih optimal para mahasiswa/mahasiswi
– Selaku Dosen Bapak Santo supaya lebih Tegas untuk mengajarkan mahasiswa

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *