Pengalaman selama Praktikum “Bengkel Teknik”

Pengalaman selama Praktikum “Bengkel Teknik”
February 13, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : Erfan Ardhiansyah

Kelas : 14 TEL 2

NIM   : 14150076

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkatnya makalah ini dapat diselesaikan sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu, dalam proses pendalaman materi praktikum yang sangat penting bagi kami, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan dan pengetahuan dari praktikum tersebut.

Praktikum kali ini merupakan praktikum yang beda dari biasanya, karena praktikum kali ini dilaksanakan pada saat gue lagi liburan semester. Jujur sebenarnya lagi pas liburan terus disuruh dateng ke kampus itu rasanya geregetan campur aduk. Tapi ya mau gimana lagi coba, itulah tuntutan mahasiswa walaupun dihari libur tetep rajin ke kampus ya misalnya kyk gue ini lah hahaha..

Tapi di praktikum kali ini juga ada yang beda lagi, dan itu adalah kali ini kita gak disuruh bikin makalah tulis tangan hahaha.. jujur itu sangat melegakan banget rasanya, soalnya kalo dihari libur terus bikin makalah tuh rasanya gak cocok banget kan? dan pasti mahasiswa/i yang lain setuju banget kan sama pendapat gue?

Praktikum kali ini menggunakan software yang bernama “AutoCAD”. AutoCAD sendiri merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan sistem CAD. Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam bidang desain grafis, arsitektur, teknik sipil, mekanikal engineering dan berbagai bidang lainnya yang berhubungan dengan penciptaan gambar tertentu. Dengan perangkat lunak ini, maka lebih mudah dalam menghasilkan model yang tepat, guna memenuhi kebutuhan khusus. Karena gambar bisa dibuat menyerupai bentuk aslinya, dengan ukuran yang disesuaikan.

Cara mengoperasikan aplikasi ini yaitu dengan cara kita harus memberi perintah yang berupa singkatan” dari perintah tersebut, misalnya :

1. COPY (meng-Copy/menggandakan obyek)
Command: CO
2. ERASE (menghapus obyek)
Command: E
3. LINE (membuag garis linear)
Command: L
4. POLYLINE (membuat garis secara integritas)
Command: PL
5. MOVE (memindah dan menggeser obyek)
Command: M
6. FILLET (memotong garis 2 arah sehingga membentuk sudut/radius)
Command: F
7. ROTATE (memutar obyek dengan sudut radius tertentu)
Command: RO
8. MIRROR (menduplikat obyek sehingga obyek berlawanan arah)
Command: MI
9. ARRAY (menggandakan obyek sejajar baris vertikal atau horisontal atau radius)
Command: AR
10. TRIM (memotong garis secara parsial dalam)
Command: TR
11. OFFSET (membuat garis konsentrik sejajar obyek secara paralel)
Command: O
12. JOIN (menyambung 2 garis sejajar)
Command: J
13. EXTEND (memanjangkan garis hingga ke tepi entiti lainnya)
Command: EX
14. EXPLODE (memecah obyek block/polygon menjadi per garis entiti)
Command: X

Itu semua merupakan perintah dasar yang gue pelajarin saat praktikum kemaren dan masih banyak perintah” lain yang bisa digunakan untuk menggunakan/mengoperasikan AutoCAD tersebut.

Kesimpulan :
AutoCAD merupakan salah satu cabang dari ilmu komputer grafis yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan sistem CAD dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi.

Saran :
Sebaiknya praktek ini harus berjalan secara kondusif dan tidak rusuh, jadi gunakanlah waktu sebaik-baiknya agar paham dan mengerti makna cara belajar AutoCAD yang benar tidak asal-asalan, dalam membuat grafik butuh ketelitian dan kesabaran lebih agar menghasilkan hasil yang maksimal.

Singkat cerita saya mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen yang sudah mau membimbing saya pada praktek kali ini, dan semoga pembelajaran kali ini dapat bermanfaat bagi saya dan mahasiswa/i baru akademi telkom jakarta.
Wassalamualaikum wr.wb

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *