Pengalaman Praktikum Gambar Teknik

Pengalaman Praktikum Gambar Teknik
February 24, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama  : Muhamad Iqbal Agryanus Utama
Kelas   : 14 TEL-01
NIM     : 14150021

Assalamu’alaikum wr.wb.

Alhamdulillah, Puji Syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan limpahan – Nya lah saya dapat menyelesaikan tugas “Praktikum Gambar Teknik” dengan menggunakan aplikasi AutoCAD.

Disini saya akan menjelaskan tentang pengalaman saya dalam melakukan praktikum gambar teknik dengan menggunakan aplikasi AutoCAD. AutoCAD sendiri memiliki arti sebagai berikut:

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.

AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.
Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.

AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine.

AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.

Selanjutnya saya akan menceritakan pengalaman saya selama praktikum, hari Jum’at, 19 Februari 2016. Pada hari ini saya dan 4 orang teman saya melaksanakan praktikum yang berjalan cukup lama karena praktikum dilakukan dengan 4 modul sekaligus. Selama mengerjakan tugas dan latihan praktikum, saya lumayan bisa menjalankan aplikasi AutoCAD karena saya memiliki jiwa desain grafis.

Pada modul 1 saya mengikuti instruksi apa saja yang disuruh oleh dosen saya yaitu Pak Santo, karena kalau tidak mengikuti prosedur maka akan salah dalam mengerjakan praktik. Dan begitu juga pada modul 2, 3 dan 4. Dalam praktek ini menurut saya sama dengan cara menjalankan aplikasi Photoshop tetapi AutoCAD memiliki keunggulan tersendiri.

Saya berharap dengan bertambahnya ilmu saya dalam menjalankan aplikasi AutoCAD semoga ini dapat berguna untuk saya pada waktu di dunia kerja saya nanti karena saya juga sangat menyukai dengan jiwa teknik sipil, arsitektur. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dosen saya Pak Santo.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *