Pengalaman Praktikum “Gambar Bengkel Tekhnik”

Pengalaman Praktikum “Gambar Bengkel Tekhnik”
February 15, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : KIKI ADITIYA

Kelas : 14 TEL -01

NIM : 14150031

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Kata Pengantar

 

Assallamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Saya sampaikan ketakziman dengan penghormatan Islam, penghormatan yang indah serta penuh kebaikan, penghormatan dari ALLAH, dan penghormatan di antara para penghuni surga keabadian.

Ada kata berkah mengiringkan sallam dan rahmat yang di karuniakan-Nya. Ada kata berkah melengkapi keselamatan yang di anugerahkan-Nya. Ada kata berkah menyempurnakan kedamaian dan cinta yang dilimpahkan-Nya.

Alhamdulillah, banyak nikmat yang ALLAH berikan kepada saya dan kita semua tentunya, yang mana nikmat tersebut tak akan bisa ternilaikan harganya, sehat jasmani rohani dan segala nikmat yang kita terima. Sehingga rasa syukur beribu rasa syukur sangatlah pantas untuk kita ucapkan pada setiap saatnya. Dan kesehatan yang sangat luar biasa ini juga saya ingin gunakan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen “Bpk Santo” untuk menyelesaikan langkah langkah dalam proses perkuliahan ini, yaitu “Menceritakan Kesan dan pesan selama Praktikum Bengkel Gambar Tekhnik”.

 

 

 

1.2 Tujuan

Memenuhi salah satu tugas kuliah yaitu Bengkel Gambar Tekhnik dan dapat memenuhi nilai tugas tersebut.

 

 

BAB II

ISI

 

2.1 Kesan Praktikum

Pertama saya berterimakasih kepada dosen praktikum ini, yaitu Bpk Santo, karena dengan adanya praktikum ini saya menjadi lebih mengenal salah satu dari berjuta software dalam dunia design.

Yaa, ini adalah untuk kedua kalinya saya membuat artikel mengenai kesan dan pesan yang mana saya sebelumnya saya menulis artikel tentang “Praktikum dasar Komputer” dengan dosen Bpk Maruf. Dimulai saja dengan bahasa yang saya rangkai dengan se sopan mungkin, Bismillah..

Autocad, merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menggambar atau mendesain sebuah objek dua dimensi maupun tiga dimensi dengan sistem CAD. Itu adalah pengertian umum tentang Autocad, yang mana saya mengenal salah satu software tersebut sejak duduk dibangku SMK, namun saya belum berani berkenalan dengan software yang satu ini, mengapa ? Yaa pertama dari segi namanya saya saya sudah bayangkan “auto” berarti ndak asik karena auto pasti berjalan sendiri, mungkin kalo “manualCad” saya akan lebih tertarik karena manual yaitu sesuai kehendak saya, Ahhh absurd. Yang kedua dari covernya, cover Cdnya, saya sering melihat software software dalam bentuk CD pada toko toko penjual software. yaa covernya yang terlihat seperti rancangan rancangan bangunan atau jenis jenis awal mula bentuk mesin yang mana terlihatnya saja suda serumit itu, keinginan saya untuk mempelajari aplikasi tsb sejak smk menurun karena dua hal itu, alasan yang sangat tidak masuk akal untuk menurunnya ketertarikan pada salah satu aplikasi. Dan sempat berfikir juga aplikasi tsb tidak akan masuk pada dunia perkuliahan yang nantinya akan saya jalani. Namun, penilaian saya salah. Tepat pada tanggal 2 Februari 2016 praktikum “Gambar Bengkel Teknik” saya ikuti, dengan sangat percayanya bahwa praktikum ini tak akan memakai aplikasi aneh aneh dan sangat semangatnya karena sudah beberapa hari tak bertemu dengan teman, yaa teman di kampus bukan di SMK Telkom. Uhuk~

Berangkat dan sampai, langsung menuju ruang eksekusi yang sudah saya dapatkan informasinya sebelum praktikum tersebut, telat? Yaa pasti kalo perihal itu. Sampai di kampus langsung berjalan menuju ruang lab praktikum dengan senyum dan rasa bahagia, dan tibalah diruangan tsb dengan menunduk karena ternyata sudah banyak mahasiswa/i yang sudah menduduki setiap bangku di lab tsb.

Pertama saya bersyukur karena sudah sampai dengan selamat menuju kampus tercinta, yang kedua saya bersyukur juga bisa bertemu dengan teman satu angkatan ini, dan yang ketiga saya bersyukur juga bisa masuk kelas ruang berAC yang mana diluar panas kaya di jakarta, dan yang terakhir saya bisa di ampuni oleh dosen meskipun telat. Namun satu hal yang membuat saya tercengang beberapa detik yaitu nama aplikasi yang akan digunakan “Autocad”. Subhanallah, apakah ini mimpi buruk yang saya dapati ? atau ini nyata adanya? Istighfar dan berjalan menuju dosen tepat duduk di depan. “Pak, pake autocad ? ada file mentahnya pak?”. Tanya saya, “ada, ini Flasdisknya”. Ujar Bpk Santo. Saya kembali menuju kursi yang saya duduki dan mulai untuk menginstalnya dengan sangat gembira bercampur duka. Sedikit percakapan saya dengan dosen untuk menghilangkan rasa kagum saya dengan “Autocad”.

Software yang saya sudah lupakan ketertarikan saya dengan itu kini kembali muncul dalam dunia perkuliahan, masya Allah.

Setelah terisi penuh lab tersebut maka tiba saatnya untuk memulai proses praktikum tersebut. Semua sudah terinstal pada masing masing komputer dan siap untuk mengeksekusi.

Pertama, dosen memerintahkan untuk membuka aplikasi tersebut, ada beberapa macam versi autocad di lab tersebut namun intinya sama saja, yaitu mendesain dengan begitu detail hanya saja tools setiap versinya agak berbeda.

kedua, kami di tugaskan untuk mengetik pada perintah yang terdapat di kolom bagian bawah aplikasi tersebut. Seperti cmd dan seperti terminal pada linux. Yang mana perintah yang akan user inginkan hanya tinggal mengetiknya pada bagian yang sudah tersedia, sebenarnya ada dua teknik dalam aplikasi tsb, pertama ialah men-klik toolsnya atau mengetik secara manual pada kolom, kenapa dosen memilih untuk mengetik? Karena yang pertama agar kita paham jika ingin membuat garis atau bentuk apapun maka harus mengetikan kata sesuai apa yg kita inginkan, yang kedua kita tak perlu susah payah untuk mencari cari tools yang akan kita gunakan jadi mempersingkat waktu namun harus hafal dengan kode kodenya. Mungkin tujuan dosen seperti itu.

Praktikum berjalan dengan lancar, meskipun sesekali saya pun kebingungan dengan apa yang di jelaskan Bpk Santo karena dia terlalu cepat dalam menerangkannya, hanya terkagum dan tak bisa mengikutinya. Jika seperti itu tugas saya adalah memanggil teman yang terlihat lebih paham dari saya, dan minta tolong untuk menjelaskan secara ulang apa yang di katakan oleh bapak Santo.

Jika sudah bisa lanjut saya dengan mencatatnya pada note yang saya bawa dari rumah, mencatat apa ? perintah perintah yang di jelaskan oleh Bapak Santo. Mengingat dengan pengingatan saya yang kurang.

1 jam 2 jam sudah saya jalankan, dan selesai sudah materi praktikum yang bapak Santo ajarkan. Menikmati memang namun seperti tak percaya akan bertemu aplikasi tersebut.

Mungkin seperti itu kesan saya selama praktikum, senang dan bersyukur bisa menambah ilmu. Dan mohon maaf jika artikel yang saya tulis ini lebih ke dalam bentuk curhatan seorang mahasiswa yang doyan telat. Mohon maaf juga jika dalam teks di atas terdapat kata kata yang kurang berkenan di hati.

Alhamdulillah..

Wassallamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

 

 

 

 

BAB III

Kesimpulan dan saran

3.1 Kesimpulan

Autocad adalah salah satu software yang berperan penting dalam dunia Telekomunikasi. Software yang mana memiliki tingkat ketelitian yang sangat tinggi dan akurasi yang sangat detail. Dan dalam dunia telekomunikasi tersebut pasti kita akan memerlukan salah satu software autocad ini. Sebelum kita terjun dalam dunia kerja yang mengoperasikan autocad dengan lebih mahir, kita dapat melakukan pembelajaran itu pada dunia perkuliahan terlebih dulu.

3.2 Saran

Sedikit saran saya untuk Akatel ialah untuk memperbaiki sarana komputer yang ada di lab tersebut agar proses praktikum tidak terganggu dengan adanya sarana yang kurang memadai jika mahasiswa yang datang tak semua membawa laptop.

Saran untuk dosen agar lebih mengoreksi mahasiswanya yang belum bisa atau membutuhkan pertolongan, karena jika duduk saja di depan akan lancar proses praktikum tersebut. Untuk lebih aktif dalam mengecek mahasiswa/i sewaktu praktikum berlangsung.

Dan untuk seluruh mahasiswa/i Akademi Telkom Jakarta untuk lebih giat, lebih semangat dan tekun dalam segala proses Praktikum yang ada pada Akademi Telkom Jakarta. Sesulit apapun jalani dan syukuri saja. Semangat!!

Sukses dan gapai segala keinginan kita dengan rasa semangat. Lancar dalam segala praktikum dan selalu dalam Lindungan-Nya. Aamiin Yaa Robball’allamin…

Terimakasih..

Jazzakumullah kayr…

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *