Pengalaman Praktikum Bengkel Gambar Teknik

Pengalaman Praktikum Bengkel Gambar Teknik
February 20, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : Wulandari
NIM : 14150020
Kelas : 14 Tel 01

Assalamu’alaikum wr. wb.
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya. Sehingga saya dapat menyelesaikan tugas “Praktikum Bengkel Gambar Teknik” dengan menggunakan aplikasi AutoCAD.
Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang AutoCAD. AutoCAD adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan sistem CAD. AutoCAD adalah software desain yang paling populer di dunia karena keunggulannya dalam mengembangkan produk-produknya. AutoCAD dikembangkan oleh Autodesk yang memiliki banyak versi, mulai dari versi pertama yang dikeluarkannya adalah 1.0 (tahun 1982) sampai dengan versi yang sekarang. AutoCAD terus berinovasi dengan mengeluarkan versi-versi terbarunya dan fitur-fitur yang lebih menarik.
Selanjutnya saya akan menceritakan pengalaman saya saat melakukan praktikum.
Sebelum saya praktikum, saya diceritakan oleh teman saya kalau praktiknya susah, soalnya butuh ketelitian dan ketepatan. Karena jika tidak teliti dan salah menulis di command-nya, maka gambar yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang dicontohkan oleh Pak Santo. Karena itu kita harus mulai gambar lagi dari awal. Dan jika kita tidak tepat menempatkan letak kursor yang akan kita gambar, gambar yang dihasilkan akan jelek dan tidak rapih. Kemudian kata teman saya praktikum dilaksanakan dari jam 9 sampai jam 3 sore. Disitu saya kaget, kenapa pelaksanaan praktikumnya sangat lama. Karena dipraktikum sebelumnya, seperti praktikum Komputer Dasar, Rangkaian Listrik dan Fisika Terapan pelaksanaan praktikum hanya sebentar antara setengah jam sampai 1 jam paling lama sekitar 2 jam.
Kemudian hari Jum’at, 19 Februari 2016 saya dan teman-teman melaksanakan praktik susulan dan pada saat itu hanya 5 orang yang praktik. Setelah masuk ruangan kami memulai praktik dan praktik saat itu langsung 4 modul (dalam hati saya bilang, “pantas saja kata teman saya praktiknya dari pagi sampai sore ternyata praktiknya langsung 4 modul”). Setelah itu saya melaksanakan praktik, awal praktik Pak Santo menjelaskan tool-tool yang ada di AutoCAD lalu Pak Santo mencontohkan caranya. Kemudian kita disuruh langsung mempraktikkannya. Saat itu saya sedikit mengalami kesulitan karena baru pertama kali mengoperasikan aplikasi AutoCAD dan hasilnya gambar pertama saya jelek tidak sesuai dengan yang diharapkan. Praktik selanjutnya karena saya sudah tahu cara mengoperasikannya, jadi hasil gambarnya sesuai dengan yang dicontohkan Pak Santo.
Setelah saya melakukan Praktikum Bengkel Teknik saya dapat mengetahui tool-tool yang ada didalam AutoCAD dan saya dapat mengaplikasikannya. Saat praktikum saya belajar banyak tentang AutoCAD. Diantanya saya belajar tentang cara membuat garis, lingkaran, oval, persegi panjang, awan, segitiga, poligon, sampai saya bisa buat gambar hirarki JARLOKAT. Saya juga diajarkan bagaimana caranya meng-copy gambar, memindahkan gambar dan masih banyak lagi yang tentunya semua itu sangat bermanfaat. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Santo yang sudah mengajarkan saya cara kerja aplikasi AutoCAD dengan detail, yang awalnya saya tidak bisa dan tidak tahu tentang aplikasi AutoCAD setelah saya melaksanakan praktik saya menjadi bisa.
Mungkin itu saja penjelasan pengalaman Praktikum Bengkel Gambar Teknik yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan dapat bermanfaat. Mohon ma’af apabila ada kesalahan dalam penulisan kata.
Wassalamu’alaikum wr. wb.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *