PENGALAMAN PRAKTEK BENGKEL GAMBAR TEKNIK

PENGALAMAN PRAKTEK BENGKEL GAMBAR TEKNIK
February 15, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : Wiranata kusuma

NIM    : 14150097

KELAS : 14 tel-03

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Kata Pengantar                                                   

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah, Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga saya dapat menyelesaikan tulisan “Menceritakan Kesan dan Kesimpulan selama Praktikum Bengkel Gambar Teknik”.

Dalam penyusunannya, saya memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: dosen khususnya Bapak Santo yang membimbing saya dalam menyelesaikan Praktikum Bengkel Gambar Teknik dan serta teman-teman yang turut membantu. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.

Meskipun saya berharap isi dari tulisan ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar tulisan ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata saya berharap agar tulisan ini bermanfaat bagi semua pembaca.

1.2 Tujuan

Memenuhi kewajiban mengerjakan tugas dan memenuhi nilai tugas Praktikum Bengkel Gambar Teknik.

 

 

BAB II

ISI

2.1 Kesan Praktikum

Waktu itu libur semester 1 telah tiba, seneng dong bisa maen ama temen lama dan jauh dari tugas kampus, tapi tiba-tiba muncul dari chat group line bahwa akan diadakan praktik gambar teknik sementara kan harusnya liburan, nah udah dari situ saya mencoba mengihklaskan waktu liburan saya untuk praktek.

Selang beberapa hari saya pergi kekampus untuk mengikuti praktek, disana keadaan kampus Nampak sepi wajar lah yak kan lagi libur, saya kira praktik ngga jadi ternyata dikampus saya bertemu teman kelasan ngga banyak sih cumin beberapa kita janji jam praktek jam 8 tapi ngaret jadi jam 9 kita baru mulai.

Diruang praktek kita masing-masing mendapat Pc satu-satu yang tidak kebagian bawa laptop sendiri,kita belajar tentang menggunakan software autocad kaya software untuk membuat gambar 2D dan 3D tapi lebih akurat dan spesifik

Kita mendapatkan 4 modul dalam praktek yang setiap modulnya kita diberi latihan dan tugas untuk membuat gambar asal menggunakan autocad, yang sebelumnya kita sudah diberi tahu cara jalannya terlebih dahulu oleh dosen yang bernama, Pak santo.

Cara menggunakan autocad teerbilang susah susah gampang karena saya baru pertama kali menggunakan dank arena kita juga membuat gambar asal dengan prosedur yang telah ditentukan disetiap modul jadi ngga sembarangan juga buatnya berikut ini perintah yang terdapat pada autocad Cara mengoperasikan aplikasi ini yaitu dengan cara kita harus memberi perintah yang berupa singkatan” dari perintah tersebut, misalnya :

  1. COPY (meng-Copy/menggandakan obyek)

Command: CO

  1. ERASE (menghapus obyek)

Command: E

  1. LINE (membuag garis linear)

Command: L

  1. POLYLINE (membuat garis secara integritas)

Command: PL

  1. MOVE (memindah dan menggeser obyek)

Command: M

  1. FILLET (memotong garis 2 arah sehingga membentuk sudut/radius)

Command: F

  1. ROTATE (memutar obyek dengan sudut radius tertentu)

Command: RO

  1. MIRROR (menduplikat obyek sehingga obyek berlawanan arah)

Command: MI

  1. ARRAY (menggandakan obyek sejajar baris vertikal atau horisontal atau radius)

Command: AR

  1. TRIM (memotong garis secara parsial dalam)

Command: TR

  1. OFFSET (membuat garis konsentrik sejajar obyek secara paralel)

Command: O

  1. JOIN (menyambung 2 garis sejajar)

Command: J

  1. EXTEND (memanjangkan garis hingga ke tepi entiti lainnya)

Command: EX

  1. EXPLODE (memecah obyek block/polygon menjadi per garis entiti)

Command: X

Perintah – perintah diatas merupakan dasar yang Bapak Santo ajarkan dalam menggunakan software AutoCAD dan membuat gambar teknik dengan menggunakan software AutoCAD.

Nah sekian pengalaman dari saya kurang lebihnya mohon maaf wassalamualikum warahmatullohiwabarokatuh.

 

 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

3.1 Kesimpulan

menggunakan software AutoCAD tersebut.  AutoCAD merupakan salah satu cabang dari ilmu komputer grafis yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan Dalam dunia teknik, kita diharapkan untuk bisa merancang sendiri sebuah jaringan/konstruksi sistem CAD dengan tingkat yang akan kita realisasikan di dunia nyata. Dan untuk media pembelajarannya kita bisa akurasi yang sangat tinggi.

3.2 Saran

Sebaiknya komputer yang ada di lab diperbaiki semua agar mahasiswa tidak direpotkan untuk memebawa laptop dan harus mengisntal software yang akan digunakan karna akan membuang banyak waktu praktik yang harusnya dipergunakan secara maksimal.

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *