PENGALAMAN PRAKTEK BENGKEL GAMBAR TEKNIK

PENGALAMAN PRAKTEK BENGKEL GAMBAR TEKNIK
February 15, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama   : Muhamad Ridho Rahmatio

Kelas   : 14 Tel 01

NIM       : 14150023

 

BAB I

Kata Pengantar

Assallamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah atas ke Esa an Allah SWT saya dapat menyelesaikan praktek Bengkel Gambar Teknik ini dengan mudah dan baik, selain itu praktikum ini menambah lagi wawasan khususnya saya sendiri dan juga teman-teman saya.

Big Thanks to Pak Santo telah menuntun saya dan juga teman-teman untuk mengerjakan praktikum Bengkel Gambar Teknik, beliau telah menuntun kami dengan sabar, dan juga sangat baik.

Tujuan

Menyelesaikan tugas Praktikum Bengkel Gambar Teknik,

BAB II

Kesan Praktikum

Yang saya rasakan saat menjalankan praktikum ini adalah “mendadak” ya benar, sesaat setelah UAS kami selesai saya mendengar bahwa saat liburan akan diadakan liburan. Mendengar itu saya dan juga teman-teman akhirnya bertanya pada pihak kampus dan benar memang ada. Saya sendiri meminta untuk praktikum di undur sedikit. Kenapa ? karena beberapa teman kami yang berasal dari luar Jakarta khususnya Pulau Jawa sudah mempersiapkan tiket untuk pulang kekampung halamannya. Dengan alasan itu saya mencoba berbicara dengan pihak kampus dan ditanggapi dengan bagus, Alhamdullilah praktikum diundur beberapa hari terimakasih untuk ingin mendengarkan aspirasi kami Akademi Telkom Jakarta.

Pada hari Senin, saya dan teman-teman mengikuti praktikum Bengkel Gambar Teknik, yang pada awalnya dijadwalkan jam 8 pagi. Tapi karena kurang tepat waktunya teman-teman, kami baru mulai praktikum jam 9 pagi. Praktikum ini dilakukan dengan software “AutoCad”. Pak santo pun menjelaskan apa yang akan saya lakukan dengan AutoCad ini.

Dimulai dengan kode-kode yang kami pelajari seperti :

  • L Line             (membuat garis)
  • Co Copy            (mengcopy)
  • M Move            (memindahkan posisi objek)
  • RO Rotate         (memutar gambar)
  • O Offset                   (menciptakan suatu gambar yang sejajar)
  • PL Pline            (membuat garis menyatu)
  • POL Polygon       (membuat gambar segi banyak)
  • A ARC             (membuat garis melingkar)
  • C Circle           (membuat lingkaran)
  • SPL Spline          (membuat garis melengkung)
  • EL Elipse          (membuat elipse)
  • REC Rectangle    (membuat kotak persegi)

Masih banyak lagi yang saya pelajari dengan AutoCad ini, dan saya juga melakukan beberapa latihan dan juga tugas yang diberikan oleh Pak Santo. Beberapa modul saya kerjakan dengan mudah, dan saya juga membantu apabila ada beberapa teman yang tidak mengerti. Kuncinya hanya satu dengarkan dan lakukan, pasti akan mudah.

Praktikum yang saya lakukan kurang lebih 5 jam, dengan jeda 1 jam untuk isoma, membuahkan hasil yang baik. Saya lebih mengerti kode-kode yang ada di AutoCad, dan bias lebih cepat mengerjakannya dibandingkan teman-teman yang lain.

BAB III

Kesimpulan

Saya menyimpulkan bahwa praktikum ini menambah wawasan saya, seperti praktikum sebelumnya yaitu dasar computer. Praktikum ini sangat berguna, mungkin belum untuk sekarang, tapi saya yakin untuk nanti pasti akan berguna. Apalagi dalam dunia pekerjaan.

Saran

Jangan melakukan praktikum mendadak lagi, apalagi jika liburan dan kalau bias lakukan transparansi jadwal untuk praktikum agar kedepannya kami nanti dapat melakukan praktikum tanpa rasa was-was.

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *