PENGALAMAN BENGKEL GAMBAR TEKNIK

PENGALAMAN BENGKEL GAMBAR TEKNIK
February 18, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : SEPTIANI PUTRI FATMAWATI

KELAS : 14 TEL 02

NIM : 14150056

BAB 1. Pendahuluan

Assalammualaikum wr.wr…

Segala puji bagi Allah SWT saya panjatkan ke khadirat Allah SWT atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan artikel dengan judul “ PENGALAMAN PRAKTIKUM BENGKEL GAMBAR TEKNIK “. Artikel ini disusun guna memenuhi tugas dari pengajar mata kuliah Bengkel Gambar Teknik. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan.

Wassalammualaikum …

 

BAB 2. Pengalaman Praktikum Bengkel Gambar Teknik

Ini adalah kali pertama saya melakukan praktikum Bengkel Gambar Teknik. Awalnya saya bingung kok teknik telekomunikasi ada praktikum Bengkel Teknik? Bengkelkan identik sama oli, kok teknik telekomunikasi mainannya oli? Kan ga nyambung. Ehh gataunya design/gambar jaringan.Jujur saat praktikum saya bete soalnya praktikum dilakukan saat liburan, tapi gapapalah demi ilmu dan kampus tercinta saya rela mengorbankan waktu liburan saya.

Di praktikum pertama ini saya belajar cara menggambar di aplikasi AutoCad. Apa itu autoCad? Autocada adalah software atau perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menggambar, baik itu 2 dimensi ataupun 3 dimensi. CAD sendiri memiliki arti Computer Aided Design. Program ini dikembangkan oleh Autodesk.Inc yaitu sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di MillValley, California.

AutoCAD paling sering digunakan untuk menggambar sipil, bangunan, mesin, design interior, pemetaan, piping diagram dan masih banyak lagi. Secara garis besar, AutoCAD sering digunakan oleh arsitek, engineer, maupun para designer lainnya.

Cara mengoperasikan aplikasi ini yaitu dengan cara kita harus memberi perintah yang berupa singkatan” dari perintah tersebut, misalnya

  1. COPY (meng-Copy/menggandakan obyek)
    Command: CO
  2. ERASE (menghapus obyek)
    Command: E3.
  3. LINE (membuang garis linear)
    Command: L
  4. POLYLINE (membuat garis secara integritas)
    Command: PL
  5. MOVE (memindah dan menggeser obyek)
    Command: M
  6. ROTATE (memutar obyek dengan sudut radius tertentu)
    Command: RO
  7. MIRROR (menduplikat obyek sehingga obyek berlawanan arah)
    Command: MI
  8. ARRAY (menggandakan obyek sejajar baris vertikal atau horisontal atau radius)
    Command: AR

Praktikumnya sangat menyenangkan, saya belajar menggambar jaringan-jaringan. Agak kesel juga sih saat saya bikin line , linenya ga lurus malah bengkok-bengkok. Sampe saya diledekin sama temen saya.
Masih banyak pengalaman saya selama menjalani praktikum Gambar Bengkel Teknik tapi hanya itu saja yang bisa saya ceritakan.

BAB 3. Kesimpulan dan Saran

 

3.1 Kesimpulan

AutoCad adalah aplikasi yang sering digunakan oleh arsutek, engineer atau yang lainnya untuk menggambar, misalnya menggambar bangunan, mesin, design interior, pemetaan dan sebagainya.
Dalam jurusan Teknik Telekomunikasi menguasai aplikasi AutoCad sangatlah penting. Oleh karena itu kita harus belajar yang benar agar dapat menguasai aplikasi AutoCad tersebut.

3.2 Saran

Lain kali kalau ada kegiatan praktikum jangan mendadak dan jangan saat mahasiswa sedang liburan. Kasihan kalau ada yang pulang kampung. Dan juga fasilitas komputer yang ada di lab harus diperbaiki.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *