Pengalaman Praktikum Gambar Teknik Autocad

Pengalaman Praktikum Gambar Teknik Autocad
February 19, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : RISTIA NINGSIH

NIM     : 14150121

KELAS : REGULER  MALAM

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1. KATA PENGANTAR

Alhamdulillah tak lupa saya panjatkan kepada ALLAH.SWT  karena atas nikmat iman, sehat, serta rahmat dan karunianya lah pada akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas yang saya beri judul “ Kesan Pesan Praktikum “.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menepati tanggung jawab saya sebagai mahasiswa untuk membuat tugas yang membahas tentang pengalaman saya selama beberapa kali melakukan praktikum di Akademi Telkom Jakarta.Tak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Dosen saya yang sudah menjadi pembimbing dan pengarah selama kami melakukan praktikum.

Saya berharap semoga tulisan yang saya buat ini dapat diambil nilai positifnya bagi para pembaca. Dan bila ada kekurangan saya mohon kritik dan sarannya .

1.2 Latar Belakang

Dalam tugas kali ini yang berisikan kesan dan pesan saya dalam melakukan praktikum yang akan saya tuangkan pada tulisan ini bukan hanya sekedar untuk menepati kewajiban saya sebagai mahasiswa tapi juga untuk membagikan pengalaman positif saya kepada para pembaca .

1.3Tujuan

1. untuk berbagi kesan dan pesan saya dalam melakukan praktikum

 

BAB II

ISI

2.1 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Praktikum kami kali ini dilaksanakan hari sabtu pagi sekitar pukul 08:00 WIB . Ini memang bukan praktikum kami yang pertama tapi ini adalah praktikum yang pertama untuk kami bersama dosen praktikum kami yang baru . Hari ini kami akan mempraktikan menggambar menggunakan aplikasi yang bernama “Autocad”. AutoCAD adalah sebuah program aplikasi berbasis grafis yang dimaksudkan untuk membantu dan mempermudah pembuatan gambar 2D, 3D atau gambar arsitektur yang membutuhkan ketepatan dan ketelitian tinggi.

Pagi ini praktikum dilaksanakan diruang praktikum yang memang sudah disediakan di kampus kami . praktikum kami mulai dengan menginstal aplikasi dilaptop kami masing-masing , aplikasi itu memang sudah disediakan oleh dosen kami sebelumnya . Ternyata bukan hal mudah untuk menginstal aplikasi ini karena tidak semua laptop dikelas kami yang langsung bisa , tapi untunglah dosen kami membentu kami untuk menginstal aplikasi ini.

Setelah semua laptop sudah terinstal aplikasi Autocad ini dengan baik , barulah praktikum ini dimulai . pembelajaran gambar teknik ini kami mulai dengan perintah dasar yang ada dalam aplikasi Autocad ini seperti contohnya :

– Line

Digunakan untuk membuat garis.Anda dapat menentukan titik-titik garis dengan memasukkan nilai tertentu yang dibuat dengan menggunakan sistem koordinat  atau secara langsung dengan mengklik mouse di area kerja.

– Polyline

Polyline digunakan untuk membuat gambar yang terdiri dari rangkaian garis atau busur.

– Spline

Perintah Spline digunakan untuk menggambar kurva yang smooth (halus).

– Arc

Arc berfungsi menggambar busur lingkaran atau garis lengkung.

Dan masih banyak lagi contoh-contoh perintah seperti itu tentu dengan fungsinya masing-masing.

Lalu setelah pengenalan kami dengan perintah dasar yang ada diautocad ini selesai kami mendapat tugas untuk menggambar sekaligus mempraktikan dasar-dasar yang tadi kami pelajari. Dalam setiap modul terdapat 1 latihan dan 1 tugas ,hari ini kami mempraktikan 4 modul sekaligus .

Memang tidak mudah untuk menggambar dengan aplikasi autocad ini walaupun kelihatannya mudah tapi ketika mencoba sedikit rumit dan sulit karena perintah yang yang banyak dengan langkah yang harus detail. Tapi setelah mencoba semuanya terasa jadi lebih mudah , memang semuanya butuh latihan yang rutin.

Praktikum yang kami laksanakan dilantai 2 ini berjalan dengan baik walaupun sempat terpotong dengan jam istirahat tapi semua berjalan dengan lancar , semua latihan dan tugas kami kerjakan dengan baik dengan bimbingan dari dosen kami.

Praktikum kami kali ini memang pengalaman yang baru kalau praktikum yang kemarin-kemarin mengenai komputer, bagian-bagian komputer , dan cara penginstalan windows kali ini kami melakukan praktikum menggambar dengan aplikasi autocad. Aplikasi ini memang terbilang hal hal baru terutama untuk saya pelajari . tapi dengan kemauan  pasti semua bisa dilakukan termasuk untuk mempelajari  aplikasi ini. Untuk itu bagi saya praktikum kali ini membawa banyak pelajaran dan pengajaran yang mungkin nanti akan dapat saya terapkan dalam dunia kerja dan dapat menjadi manfaat dikemudian hari .

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

BAB III

PENUTUP

III.I Kesimpulan

Pengalaman dalam praktikum ini menjadikan saya lebih mengehtahui hal baru lagi karena sebelumnnya saya sama sekali tidak mengehtahui apa itu autocad dan setelah melakukan praktikum ini saya baru mengehtahui apa itu pengertian dari autocad fungsi autocad dan cara pengoperasiannya . AutoCAD adalah sebuah program aplikasi berbasis grafis yang dimaksudkan untuk membantu dan mempermudah pembuatan gambar 2D, 3D atau gambar arsitektur yang membutuhkan ketepatan dan ketelitian tinggi. Autocad ini pada awalnya yang memang terkesan sulit diawal tetapi mudah setelah saya mempelajarinya. Selain itu juga fungsi umum dari autocad ini sebagai aplikasi untuk menggambar desain teknik yang memiliki banyak manfaat ini menjadi awal dari langkah saya untuk berbekal didunia kerja nantinya.

III.II Saran

Dalam melakukan praktikum sebaiknya harus bersungguh-sungguh agar ilmu yang diberikan saat praktikum ini berlangsung dapat bermanfaat yang dapat diterapkan dalam dunia kerja. Dan bila mengalami kendala saat melakukan praktikum sebaiknya meminta bantuan dari teman ataupun dosen agar hal yang menjadi kendala tadi dapat terselesaikan dan kita pun bisa jadi mengehtahui cara untuk menyelesaikannya . karena setiap hal sekecil apapun apabila kita melakukannya dengan benar maka bisa menjadi manfaat dikemudian hari.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *