tugas daskom

tugas daskom
January 23, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA  : TIA HASTA RINI

KELAS : 14 TEL 2

NIM : 14150050

 

 

BAB 1

PENDAHULUAN

Dizaman modern seperti saat ini computer bukan lagi barang yang aneh . Komputer begitu penting terutama sebagai penunjang kegiatan . Dengan menggunakan kompuiter seseorang dapat memudahkan dalam pekerjaan. Semua orang mungkin tau apa itu computer namun tidak perkembangannya dari awal computer tersebut . Oleh karena itu saya membuat pembahasan tentang “SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER”.

 

 

    BAB 2

LANDASAN TEORI

Pengertian computer

komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan serta dirancang san di organisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input,memprosesnya,dan menghasilkan output berdasarkan intruksi-intruksi yang telah tersimpan di dalam memori .

proses perkembangan computer

  1. Generasi pertama

Karakteristik computer pada zaman ditandai dengan ukurannya yang hamper sebesar kamar tidur , menggunakan tube vakum dengan jumlah yang amat banyak untuk menyimpan dan memproses perintah atau intruksi, memakan tenaga listrik ribuan watt,menggunakan bahasa mesin dan hanya dapat digunakan oleh orang yang terlatih.

Cirri-ciri komputer generasi pertama : silinder magnetic untuk menyimpan data, komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa untuk sirkuitnya,kapasitas penyimpanan kecil,cepat panas,memerlukan daya listrik besar.proses kurang cepat.

  1. Generasi kedua

Computer generasi kedua ini muncul di era 1960an dan dulu computer ini banyak digunaka n di berbagai perusahaaan dibidang bisnis . pada era ini juga manusia telah mengenal printer,memori,disket ataupun sistem operasi.

Cirri-ciri computer generasi kedua : berorientasi pada bisnis dan teknik ,proses operasi sudah cepat , membutuhkan lebih sedikit daya listrik,mulai digunakan disk storage .

  1. Generasi ketiga

Era baru komunikasi computer mulai menapakkan kakinya pada momentum ini . sebagian besar perusahaan-perusahaan besar menerapkan sistem online dengan menggunakan terminal jarak jauh dalam pemakaian computer.

Cirri-ciri computer generasi ketiga :program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi , sudah menerapkan konsep multi processing , dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan computer.

  1. Generasi ke empat

komputer generasi ke empat merupakan computer yang kita temui pada saat ini . computer yang dalam komponen elektriknya masih menggunakan microchip walaupun ukurannya dan bahan yang digunakan berbdea. Ukurannya lebih kecil membuat ukuran komputerpun lebih sederhana.

Cirri-ciri computer generasi keempat : mulai dikembangkan suatu jaringan computer local yang menggunakan ARCNET , program dibuat dengan bahasa ( basic,fortran,cobol,pascal)

  1. Generasi kelima

Pada masa ini ditandai dengan munculnya LSI yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor yang ditanam pada sebuah microprocessor , serta munculnya semi konduktor .

Cirri-ciri computer generasi kelima ; computer ini masih tahap perkembangan , komponen elektroniknya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI.

 

KESIMPULAN

        Dari urutan diatas dapat disimpulkan bahwasanya computer memiliki beberapa fase sebelum mencapai bentuk yang canggih seperti sekarang . Tujuannya adalah untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaan tertentu.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *