Sejarah Perkembangan Komputer Dari Masa Ke Masa

Sejarah Perkembangan Komputer Dari Masa Ke Masa
January 23, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : ENDAH KURNIAWATI
NIM : 14150038
KELAS : 14 TEL 01

BAB I
PENDAHULUAN
Pada masa sebelum masehi, penggunaan atau Computare ditujukan sebagai panggilan untuk orang-orang yang berprofesi sebagai ahli dalam perhitungan aritmatika (baik dengan maupun tanpa menggunakan alat bantu hitung konvensional). tahun 1897, barulah kata computer digunakan sebagai sebutan untuk ‘alat hitung mekanis’. Dilihat dari asal-usul dan penggunaannya, dapat disimpulkan bahwa ‘computer‘ awalnya bukan sebutan umum yang ditujukan pada perangkat elektronik seperti yang kita ketahui saat ini, melainkan lebih ditujukan sebagai sebutan untuk ‘manusia’.

TUJUAN
Untuk memahami sejarah perkembangan computer dari masa ke masa

BAB II
PEMBAHASAN

Generasi Pertama
Komputer generasi pertama masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaanya. Komputer generasi pertama belum dapat memperoses masalah-masalah yang rumit. Ukuran komputer generasi pertama sangat besar dan prosesnya pun masih lambat. Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum (vacuum tube) untuk memproses dan menyimpan data. Tabung vakum berukuran seperti lampu kecil. Tabung vakum cepat panas dan mudah terbakar. Ribuan tabung vakum diperlukan untuk mengoperasi komputer generasi pertama. Komputer generasi pertama murni peralatan elektronik yang berfungsi untuk membantu ilmuwan menyelesaikan masalah perhitungan matematika secaracepat dan tepat. Ukurannya yang besar mirip komputer induk atau komputer utama. Contohnya :
• ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer)
• Harvard Mark I
• Harvard Mark II
• Harvard Mark III (ADEC)
• UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)
• Harvard Mark IV
• IBM 650
• RAMAC C 305

Generasi Kedua
Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum walaupun keduanya juga mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua, diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Penyimpanan secara magnetik menggunakan besi-besi lunak yang dililit oleh kawat. Kecepatan proses komputer generasi kedua lebih cepat dibandingkan generasi pertama. Awalnya, komputer generasi kedua menggunakan bahasa program tingkat tinggi, seperti Foltran (1954) dan COBOL (1959). Kedua bahasa program itu menggantikan bahasa mesin. Pada generasi in, ukuran komputer lebih kecil. Komputer generasi ini digunakan untuk proses data di bidang perniagaan, universitas, dan militer. Contoh :
• IBM Stretch
• Sprery-Rand LARC
• IBM 1401

Generasi ketiga
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam satu tempat. tampilan dari komputer juga disempurnakan. Selain itu, komputer generasi ketiga penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan diluar (eksternal). Penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya. Ukuran fisiknya menjadi lebih kecil sehingga lebih menghemat ruang. komputer generasi ketiga juga mulai menggunakan komponen IC atau disebut chip. Dapat digunakan untuk multiprogram. Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II.

Generasi Keempat
Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar. Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC (Personal Computer). Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super.

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Dari wacana diatas, dapat disimpulkan bahwa dari masa ke masa komputer memiliki perkembangan yang sangat pesat dan komputer mengalami beberapa kali perubahan pada komponennya, tetapi tujuannya tetap sama yaitu komputer untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu.

REFERENSI
perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang
http://teknodaily.com/pengertian-dan-sejarah-perkembangan-komputer/

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *