SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DAN PENGALAMAN PRAKTIKUM

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DAN PENGALAMAN PRAKTIKUM
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama         : Adinda Putri Rachmadany

NIM           : 14150100

Kelas          : 14 TEL 03

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1         Latar Belakang Masalah

Pengertian Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Komputer sering kali di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari baik di gunakan untuk meringankan pekerjaan, sebagai hiburan maupun untuk bekerja. Komputer telah merambah ke berbagai sektor dalam kehidupan kita, tidak saja digunakan oleh orang kantoran, akademisi, mahasiswa, anak-anakpun sudah terbiasa dengan alat elektronik ini. Karena perkembangan teknologi yang semakin maju maka dapat mengoprasikan sebuah komputer merupakan salah satu tuntutan yang wajib untuk kita agar nantinya kita tidak gaptek dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berbicara mengenai computer, tidak lepas dari sejarah perkembangan computer dari generasi ke generasi itu sendiri. Banyaknya para pakar yang berusaha untuk menghadirkan computer terbaik yang dapat digunakan manusia selama bartahun-tahun sehingga terciptalah computer yang praktis dan minimalis sehingga dapat memudahkan kerja manusia.

1.2         Rumusan Masalah

Dari latar belakang masalah tersebut maka penyusun dapat merumuskan suatu masalah, yaitu :

  1. Bagaimana sejarah perkembangan computer dari generasi ke generasi?
  2. Jelaskan perkembangan computer dari masing-masing generasi.

1.3         Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Dasar Komputer.

 

Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Pengertian Komputer

Komputer adalah sistem elektronik buat memanipulasi data yang cepat beserta tepat serta dirancang bersama di organisasikan supaya secara otomatis mendapat dan menyimpan data input, memprosesnya, beserta menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Komputer sering kali di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari baik di gunakan untuk meringankan pekerjaan, selaku hiburan maupun untuk berdinas. Komputer telah merambah ke berbagai sektor dalam kehidupan kita, tidak saja digunakan oleh orang kantoran, akademisi, mahasiswa, anak-anakpun sudah terbiasa dengan alat elektronik ini. Karena perkembangan teknologi yang semakin maju maka bisa mengoprasikan sebuah komputer merupakan salah satu tuntutan yang wajib untuk kita agar nantinya kita tidak gaptek dalam ilmu pengetahuan beserta teknologi.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama

Tahun 1941, seorang insinyur asal Jerman yang bernama Konrad Zuse membuat sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang bersama pun peluru kendali. Komputer pada Generasi pertama ini dapat dikarakteristikan dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai program kode-biner yang berbeda yang disebut dengan “bahasa mesin” dalam bahasa inggrisnya adalah “machine language”. Hal ini menjadikan komputer sulit buat diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah pemakaian tube vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu terlihat berukuran amat besar) dan silinder magnetik yang berfungi buat sebagai penyimpan data.

Ciri-ciri komputer generasi pertama :

Silinder magnetik buat menyimpan data

Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.

Kapasitas penyimpanan kecil.

Program cuma dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.

Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.

Cepat panas.

Proses kurang cepat.

Memerlukan dya listrik yang besar.

Orientasi pada aplikasi usaha.

Sejarah Komputer Generasi Kedua

Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, bersama komputer. Sampai jadi berdampak pada perubahan ukuran mesin-mesin elektrik yang pada awalnya memiliki ukuran yang besar menjadi ukuran yang lebih kecil.

Ciri-ciri komputer Generasi kedua :

Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage

Berorientasi pada bisnis dan teknik.

Tidak terlalu lebih dari satu mengeluarkan panas.

Program mampu di buat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), contohnya FORTRAN, COBOL, ALGOL.

Proses operasi sudah cepat, yaitu bisa mengerjakan jutaan operasi per detik.

Memerlukan lebih sedikit daya listrik.

Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)

Sejarah Komputer Pada Generasi ketiga

Perkembangan komputer pada generasi ketiga terjadi sekitar tahun 1964-1970 dengan ditemukanya teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada satu buah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) beserta monolithyc (MST). SLT merupakan transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan dan dalam satu chip. MST lebih kesil namun mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT.

Ciri-ciri Komputer Generasi ketiga:

Ditemukannya IC sampai jadi merombak arsitektur komputer secara keseluruhan

Sudah menggunakan terminal visual display dan mampu mengeluarkan suara.

Kinerja komputer menjadi lebih cepat bersama tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.

Peningkatan dari sisi software.

Kapasitas memori sudah lebih besar dari pada versi sebelumnya, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter.

Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).

Pemakaian listrik lebih hemat bersama lebih efisien.

Kemampuan mengerjakan multiprocessing dan multitasking.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi keempat

Komputer generasi ini merupakan kelanjutan dari generasi III bersama perbedaanya merupakan IC pada generasi empat lebih kompleks bersama terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang di anggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut pun dengan panggilan Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang di jadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang mampu menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.

Ciri-ciri komputer Generasi keempat :

Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip buat memori komputer

Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan ribuan IC menjadi satu buah chip

 

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi kelima

Pada masa ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor yang ditanam pada sebuah microprocesor, serta munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membikin micro-processor merupakan: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Komputer Pentium-4 merupakan produksi terkini dari Intel Corporation yang diharapkan mampu menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan bersama kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Potret-foto yang ditampilkan menjadi lebih halus bersama lebih tajam bersama keunggulan lainya adalah kecepatan memproses, mengirim ataupun mendapat potret pula menjadi semakin cepat.

Ciri ciri komputer generasi kelima adalh sebagai berikut :

  • Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang
  • Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI
  • Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor)
  • Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.

 

Kesimpulan

 

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa, komputer memiliki    beberapa fase sebelum mencapai bentuk yang canggih seperti sekarang. Yang bertujuan untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaan kantor, tugas kuliah, tugas sekolah dan semacamnya dengan aplikasi dan program yang ada didalamnya.

 

http://www.info-teknolo.cf/2015/03/sejarah-perkembangan-komputer.html

 

 

Pengalaman Pribadi

BAB I

PENDAHULUAN

Alhamdulillah segala puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena telah memberikan nikmat islam sehingga saya dapat menyelesaikan tugas dasar komputer yaitu tentang pengalaman selama saya praktikum. Dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing saya yaitu Pak. Ma’ruf karena telah membantu dan membimbing saya selama praktikum.

BAB II

ISI

Sebenarnya saat awal diumumkan akan ada praktikum dasar komputer, yang terpikir oleh saya ya kita akan belajar aplikasi komputer seperti Microsoft word, Microsoft excel, Microsoft power point, dll. Tetapi ternyata benar-benar dasar komputer yang sesungguhnya. Maksudnya adalah kita benar-benar belajar jeroan komputer, kata jeroan berasal dari dosen saya Pak Hary di mata kuliah Dasar Telekomunikasi. Oh ya, dosen yang mengajar praktikum adalah Pak Ma’ruf selaku dosen Dasar Komputer juga merangkap sebagai kepala bagian Lab.

Awal saya praktikum, ternyata perkelompok. Satu kelompok berisi 4 orang. Pertama kali masuk keruang praktek saya kira labnya besar, ternyata kecil. Kalau digambarkan seperti satu ruangan tapi dibagi menjadi beberapa ruangan lagi. Tetapi walaupun kecil dan hanya menampung 2 kelompok, alat dan bahan praktek lumayan lengkap.

Pertama praktikum kita membahas dua modul karena satu kali pertemuan berarti dua modul. Modul pertama membahas tentang perkembangan komputer dari masa ke masa. Di modul 1 kita diberitahu generasi-generasi komputer dari dulu hingga sekarang. Mulai dari generasi pertama hingga kelima. Mulai dari tube vakum sampai LSI. Dari komputer masih berukuran sangat besar sampai komputer berukuran sedang.

Di modul 2, kita membahas komponen-komponen CPU. Kenapa kita membahas komponen CPU ? karena kita akan memulai praktikum dengan memasang komponen-komponen CPU dari awal. Mulai dari motherboard, processor, sampai power supply. Bahan yang diperlukan hanya CPU dan komputer, tetapi CPU yang digunakan harus dibongkar supaya kita bisa merakitnya kembali. Disini kita benar-benar merakit CPU dari awal, ya tidak semuanya dibongkar juga kalau semuanya bisa-bisa kita merakitnya mebutuhkan waktu yang lama.

Setelah selesai merakitnya dan komputer berhasil menyala, maka praktikum pertemuan pertama selesai. Tapi bukan berarti selesai sepenuhnya, karena ternyata kita diberi tugas untuk menulis laporan. Dan laporan yang dimaksud disini berarti menulis kembali modul yang sudah diberikan sebelumnya. Jadi, kita harus menyalin 2 modul dan menjawab pertanyaan yang ada dibagian terakhir modul. Satu modul saja sudah 10 lembar lebih bagaimana dua ? tangan keritingan semua kali tuh. Tetapi kita diberi waktu kurang lebih 2 minggu untuk mengumpulkannya.

Pertemuan kedua dan masih dikelompok yang sama. Seperti sebelumnya, kita akan membahas dua modul yaitu modul 3 dan modul 4. Dimodul 3 kita membahas tentang Instal Windows 7 didalam Virtual Box. Pertama yang kita butuhkan adalah komputer, CD Rom, dan CPU, kedua adalah cd yang berisi aplikasi Windows 7, dan yang terakhir aplikasi Virtual Box. Jika kita tidak mempunyai Virtual Box kita bisa menginstalnya terlebih dahulu.

Saat menginstal Windows 7 membutuhkan waktu yang lama sekitar 15 menit. Selagi menunggu proses installing, kita diperbolehkan keluar lab, boleh kekantin atau kestudent center. Tetapi kelompok kami memiih didalam lab dan berinovasi dilab. Maksudnya adalah kita membuat video lucu selagi menunggu. Teman saya menggunakan helm dan pipa paralon untuk alatnya, dan ternyata dia sedang menirukan adegan salah satu diacara televisi yaitu uji nyali.

Proses installing akhirnya selesai. Kita mencobanya untuk mengetahui apakah installing berhasil atau tidak. Kita juga melihat apa perbedaan sebelum memakai Windows 7 dan sesudah memakai Windows 7. Setelah berhasil dan mengamati perbedaannya, kita melanjutkan ke modul selanjutnya yaitu modul 4.

Modul 4 berjudul Cara Mereset Password BIOS. Sebelumnya kita sudah mensetting password BIOS dengan nama “ular”. Kenapa ular ? karena kita suka ular hahaha oke garing tolong abaikan. Cara mereset passwordnya dengan mencopot baterai CMOS lalu memasangnya kembali setelah 3 menit dilepas. Untuk mengetahui apakah baterai CMOS masih bisa digunakan atau tidak dengan cara menjilatnya.

Kata Pak Ma’ruf kalau baterai CMOS masih bisa digunakan maka saat dijilat akan ada sensasi seperti tersetrum. Teman saya dengan rasa penasaran menjilat baterainya, sudah seperti lelaki ular saja suka menjilat-jilat. Katanya memang benar seperti tersetrum dan berarti baterainya masih bisa digunakan. Setelah 3 menit baru baterai dipasang kembali. Setelah itu kita nyalakan kembali komputer dan mencari menu BIOS dengan tekan F1 setelah tombol power.

Saat dicek kembali passwordnya, ternyata passwordnya berhasil dihilangkan. Dan dengan begitu pertemuan kedua selesai. Tetapi seperti pertemuan sebelumnya, tugas laporan sudah menanti. Siap-siap tangan keriting. Tapi untungnya tenggang waktunya lumayan lama sekitar 2 minggu kurang.

Dan saat menjelang UAS adalah pertemuan ketiga yang mendadak. Kita diberi tugas ke 5 dan 6. Dan tugasnya adalah menulis blog. Dan yang saya tulis ini merupakan tugas yang saya kerjakan untuk memenuhi tugas 5 dan 6. Sekian pengalaman yang bisa saya tulis kali ini, semoga tugas selanjutnya bisa diselesaikan dengan lebih baik lagi.

BAB III

KESIMPULAN

Kegiatan praktikum ini sangatlah penting dan bermanfaat bagi kita, apalagi bagi saya yang mengambil jurusan D3. Itu sangat membantu bagi saya yang nantinya di dunia kerja mengandalkan kemampuan di dalam dunia kerja nanti.

Jadi ikutilah segala praktikum dengan serius tapi santai dan ambil serta terapkan manfaat dari praktikum yang kita lakukan.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *