SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
January 21, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Tugas praktikum Dasar Telekomunikasi
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DARI GENERASI PERTAMA HINGGA SEKARANG

NAMA : CAHAYA SIAHAAN
NIM : 14150092
KELAS : 14 Tel 03

BAB I
PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas). Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”

Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer. Awal mula kata komputer dipergunakan untuk memvisualisasikan orang yang mempunyai pekerjaan melakukan perhitungan aritmatika. Namun, sekarang ini komputer diartikan kepada sebuah perangkat mesin tersebut. Dalam pengertian yang paling mendasar, komputer adalah perangkat yang membantu manusia dalam melakukan berbagai macam perhitungan. Dalam hal ini, komputer pertama yaitu sempoa yang digunakan untuk melakukan operasi artimatika dasar. Dalam sejarah dan perkembangan komputer, Sempoa atau Abacus merupakan awal dari lahirnya komputer. Komputer dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat. Hingga saat ini komputer dapat memproses gambar, suara, teks dan bentuk non-numerik data lainnya. Yang perlu diingat semuanya itu tidak lepas dari perhitungan umeric dasar. Gambar, suara dan lainnya hanyalah sebuah abstaksi dari angka-angka yang berderak di dalam sebuah mesin. Dalam komputer angka-angka tersebut yaitu “1” dan “0” yang mewakili kombinasi listrik aktif dan non-aktif. Dengan kata lain setiap gambar, suara, teks dan lainnya di dalam komputer memiliki kode biner yang sesuai. Oleh karena itu, sebagai manusia yang hidup di zaman sekarang ini perlu adanya mengetahui dan memahami sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama hingga generasi sekarang ini.

BAB II
PEMBAHASAN

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DARI GENERASI PERTAMA HINGGA SEKARANG

1. KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1940 – 1950)

Komputer Generasi Pertama menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dancapacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt UNIVAC I. Komputer generasi pertama dikarakteristikan dengan keistimewaan yang sangat mencolok pada ENIAC – tabung hampa udara.Sampai tahun 1950, beberapa komputer lain menggunakan tabung tersebut, setiap komputer memberikan kemajuan yang berarti dalam pengembangan komputer. Pengembangan tersebut termasuk binary aritmetic, random access, dan konsep dari program yang tersimpan. 1951 The U.S. Bureau of Cencus pada tahun 1951 menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama Universal Automatic Computer – UNIVAC I. UNIVAC I dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.
IBM Memasuki Pasar Komputer Komputer elektromekanik pertama merupakan hasil dari penelitian yang disponsori IBM. Hasilnya, Mark I, rampung pada tahun 1944 oleh seorang profesor Universitas Harvard, Howard Aiken. Pada saat itu, IBM memonopoli peralatan pemroses data punched-card. Pimpinam IBM tidak merasa bahwa komputer tersebut (UNIVAC I) bisa menggantikan mesin punched-card, untuk itu mereka tidak mau memasuki pasar. Belum sempat UNIVAC I sukses, IBM membuat keputusan baru untuk mengembangkan dan memasuki Pasarkomputer. Produk IBM pertama yang di jual di pasaran adalah IBM 701 pada tahun 1953. Hebatnya, IBM 650 diperkenalkan pada tahun berikutnya yang mungkin dengan alasan IBM cukup meraih keuntungan yang besar pada tahun sebelumnya. Untuk menyingkirkan pesaingnya, IBM 650 dibuat supaya bisa meng-upgrade mesin-mesin punched-card yang ada. Itu karena IBM 650 memproses data dengan sebuah cara yang mirip dengan cara tradisional pada mesin punched-card.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language).Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.Ciri lainkomputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

2. KOMPUTER GENERASI KEDUA ( 1955 – 1960)
Setelah pada awal sejarah dari komputer generasi pertama diciptakan beberapa komputer dengan masih banyak kekurangan yang ada. Di tahun 1948 komputer terus berkembang karena telah ditemukannya transistor. Dengan penemuan transistor ini maka barang-barang seperti televisi, radio dan komputer mengalami perubahan yaitu ukuran alat-alat elektronik tersebut berkurang drastis. Karena tube vakum digantikan oleh transistor. Dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
Di tahun 1946 transstor mulai digunakan pada komputer. Pada saat itu ada penemuan lainnya diantaranya berupa pengembangan memori inti-magnetik yang membuat ukuran komputer pada generasi ini menjadi lebih kecil, cepat dan hemat energi dari ukuran generasi komputer sebelumnya. Superkomputer merupakan mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini. Stretch adalahnama komputer generasi kedua yang diciptakan oleh IBM dan LARC adalah komputer generasi kedua yang dibuat oleh Sprery-Rand. komputer komputer ini kemudian dikembangkan oleh laboratorium energi atom, dan dapat menangani sejumlah besar data. Mesin nya sangat mahal dan juga terlalu kompleks untuk kebutuhan bisnis, sehingga kepopulerannya terbatas.
Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan pertama di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang kedua di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer pada generasi ini menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Di awal tahun 1960-an, kemudain mulailah muncul komputer yang dapat digunakan dalam bidang bisnis, pemerintahan maupun di universitas. Komputer ini memiliki komponen-komponen yang dapat disamakan dengan komputer pada saat ini : printer, memory, sistem operasi, penyimpanan dalam disket, dan program. komputer ini juga merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Salahsatu contoh komputer nya adalah 1401 yang hampir digunakan di seluruh bisnis-bisnis besar di tahun 1965 dan digunakan untuk mengolah informasi keuangan. Bahasa pemrograman dan program yang ada dalam komputer ini memberikan kemudahan dan juga meningkatkan kinerja bagi para pengguna bisnis dengan harga yang seimbang.

Dengan adanya konsep ini komputer ini dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk selain itu bisa menghitung daftar gaji. Sehingga pada saat itu munculah bahasa-bahasa pemrograman, saat itu bahasa pemrograman yang mulai umum digunakan adalah Common Business-Oriented Language (COBOL) dan juga Formula Translator. (FORTRAN) sehingga bahasa pemrograman ini telah bisa menggantikan kode-kode sebelumnya yang rumit dengan kalimat dan juga rumus matematika yang dapat lebih mudah dipahami oleh para penggunanya. Tentunya dengan adanya hal ini maka seseorang dapat mengatur komputer dan juga mudah untuk memprogram. Saat itu kemudian mulailah bermunculan prefesi baru yakni : programmer, ahli sistem komputer, dan juga analis sistem. Selain itu di masa komputer generasi kedua ini mulailah bermunculan Usaha Piranti Lunak.

3. KOMPUTER GENERASI KETIGA (1964-1970)
Penemuan Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips, membuka jalan untuk komputer generasi ketiga atau yang kita kenal dengan komputer sekarang ini. Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal. Dalam tahap perkembangannya, komputer generasi kedua masih bertahan. Pertama munculnya minicomputer yang didasarkan pada kedua transistor dan microchips seperti IBM System/360. Komputer ini jauh lebih kecil dan lebih murah daripada generasi-generasi sebelumnya.

Komputer Generasi Ketigadikenal sebagai mainframe komputer. Minicomputer dapat dilihat sebagai jembatan antara mainframe dan microcomputer sebagai proliferasi dalam perkembangan komputer.
Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) danmonolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT. IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments danFairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah didesain prosesor dengan miliaran transistor. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah:
 Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
 Peningkatan dari sisi software.
 Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
 Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk ) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
 Penggunaan listrik lebih hemat.
 Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
 Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
 Harganya semakin murah.
 Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.

IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation) merupakan contoh-contoh komputer generasi ketiga.

4. KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1970-1980)
Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.
GordonMoore penemu Microprocessor Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik. Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama. Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar. Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (green color).
Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code). Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer (PC).
Contoh generasi ini adalah I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer. Disamping itu, kemudian muncul TRS Model 80 dengan processor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 menggunakan 64Kb RAM standard. IBM mulai mengeluarkan Personal Computer pada sekitar tahun 1981 seperti yang nampak pada gambar, dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit. Dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan komputer lainnya, disamping teknologinya jauh lebih baik serta nama besar dari IBM sendiri, maka dalam waktu yang sangat singkat komputer ini menjadi sangat popular.
Ciri komputer generasi keempat:
Menggunakan Microprocessor yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip.

5. KOMPUTER GENERASI KELIMA
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.

Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC.

Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia.
Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.
Kemajuan di generasi lima
Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, disamping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, disamping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat. Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium – 3.
Bell iXtreme 4140i merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB.
HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibanding dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar RDRAM 128 MB, Harddisk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inchi.

Ciri-ciri computer generasi kelima:
 Mengguakan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor
 Peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia.
 Fungsi komputer menjadi lebih cerdas dan memiliki kemampuan yang semakin canggih.
 Fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana.

BAB III
KESIMPULAN

1. Pada dasarnya perkembangan teknologi didunia ini adalah suatu perombakan dari generasi ke generasi yang diakibatkan oleh pemikiran manusia yang menginginkan metode yang diterapkan dalam tenologi agar lebih mudah digunakan untuk membantu pekerjaan manusia itu sendiri. Para ilmuwan berusaha keras agar teknologi tersebut mempunyai kemampuan besar dalam menalankan tugasnya secara spesifik.
2. Bukan hanya isi dan kemampun teknologi yang dikembangkan, pda kenyataannya bentuk dan rupa dari dari teknologi itu sendiri juga telah bermutasi dari waktu kewaktu berdasarkan kegunaan dan fungsi yang dimilikinya. Sebut saja ketika awal diluncurkannya komputer yang masih menggunakan ruangan hampa udara yang memakan ruang yang besar pada jamannya. Bandingkan dengan masa sekarang dimana dapat kita lihat adanya laptop/komputer jinjing yang sangat efisien untuk dibawa kemanapun bahkan dengan kemampuan yang melebihi komputer dengan kapasitas hampa udara yang telah diluncurkan pertama kali.
3. Melihat ari perkembangan teknologi didunia dimana para manusianya tidk pernah berhenti untuk berinovasiuntuk mengembangkan karyanya maka tidak menutup kemungkinan jika dimasa mendatang nanti akan ada komputer lainnya dengan desain efisien dan kemampuan super canggih yang akan diluncurkan.

Daftar Pustaka

https://www.academia.edu/8803728/PERKEMBANGAN_KOMPUTER_DARI_GENERASI_PERTAMA_HINGGA_SEKARANG

PENGALAMAN SELAMA PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER
BAB I
PENDAHULUAN

Kata Pengantar
Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa , yang telah melimpahkan rahmatNya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas membuat artikel tentang pengalaman selama praktikum Dasar Komputer ini.
Dalam kesempatan ini saya akan menceritakan sedikit tetang pengalaman saya selama melakukan praktikum di Kampus Akademi Telkom Jakarta. Dan terimakasih kepada Pak Ma’ruf yang telah membimbing saya selama praktikum berlangsung.
Dalam menyusun artikel ini, saya memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, khususnya Bapak Ma’ruf yang membimbing saya dalam membuat artikel ini dan serta teman-teman yang turut membantu.

BAB II
ISI
Pengalaman Selama Praktek Dasar Computer
Saat saya kuliah di akademi Telkom jakarata saya dikenalkan dengan adanya praktikum. Wahh saya mulai senang saat tau bahwa adanya praktikum. Kalau ada praktikum pasti ada laboratiumnya dong ada baju praktikumnya juga. Mulai gak sabar nihh pakai baju prakteknya biar keliatan saya dikenalkan dengan yang namanya praktikum dasar computer atau yang biasa disebut DASKOM.
Tapi saya mulai bingung, saya jurusan telekomunikasi tapi praktikumnya tentang computer. Saya rasa tidak nyambung dengan jurusan saya tetapi tidak mengapa mungkin nanti ada manfaatnya bagi saya.
Saya lupa hari tanggal berapa saya pertama kali praktikum. Tapi seingat saya saya sangat cocok menggunakan baju praktikum berwarna biru dengan adanya anak-anak telkomnya hahaiii.. tapi wait.. praktikum apa ya ? Dan ternyata lampang Telkom dilengan saya. Saya satu kelompok dengan 3 teman saya yaitu Wilis, Hani dan Salma.
Awal masuk ke laboratorium saya tidak percaya apa ini lababoratorium yang akan digunakan untuk praktikum? Tapi tidak apa-apa jangan lihat dari luarnya tapi dari kelengkapan alat-alat praktikumnya karena semua sudah cukup memadai untuk satu kampus yang hanya memiliki satu jurusan.
Setelah masuk kami dibimbing oleh dosen yang bernama pak ma’aruf. Beliau adalah kepala bagian laboratorium di kampus. Sebelum mengawali praktikum kami di absen terlebih dahulu dan diminta untuk menandatangani absen kehadiran.
Awal dari praktikun adalah beliau menjelaskan sejarah perkembangan computer dari generasi pertama sampai sekarang. Beliau juga mengenalkan apa-apa saja yang membuat sebuah computer itu bisa menyala.
Kami dihadapkan langsung dengan yang namanya CPU sebuah perangkat keras dalam computer yang memiliki banyak perangkat keras didalamnya, ada processor, memori (RAM) motherboard, VGA On Board atau Card, Power Suply, kipas processor, lan Card dan Sound Card. Setelah mengenal bagian-bagian yang ada dalam CPU itu kami diajarkan bagai mana cara membongkar dan merangkai kembali CPU dan akhirnya bisa disambungkan ke computer. Saat kelompok saya berhasil membongkar dan memasang kempali CPU dengan benar saya merasa sangat bangga. (Serasa saya seorang teknisi handal hahaha..)
Setelah selesai praktikum kamipun prepare untuk pulang. Tetapi sebelem kami pulang kami ditugaskan untu menulis sebuah laporan tentang apa yang sudah kami praktekkan melalui modul.
Awalnya saya hanya tenang-tenang saja karena saya pikir membuat laporan itu tinggal di ketik ulang, tapi ternyata kami ditugaskan membuat laporan dengan cara tulis tangan.. (oh.. my God) itu sebuah pekerjaan baru bagi saya.
Meskipun awalnya saya agak malas membuat laporan dengan cara tulis tangan, saya tetap menerjakannya demi sebuah nilai A.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Mata kuliah praktikum dasar komputer ini sangat bermanfaat bagi saya. Dari yang dulunya saya tidak tahu menjadi tahu, dari yang dulunya saya tidak bisa menjadi bisa. Dan semoga untuk praktikum selanjutnya saya dapat mengikuti dengan baik dan pastinya nanti akan bermanfaat bagi masa depan saya.

KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmatNya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan tepat pada waktunya.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *