sejarah komputer dari dahulu hingga sekarang

sejarah komputer dari dahulu hingga sekarang
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA         : ALVIAN DIMAS SUPRAPTO

KELAS        : 14 TEL 03

N I M         : 14150085

 

BAB 1

 

PENDAHULUAN

 

  1. LATAR BELAKANG

 

Menapaki kehidupan yang kian menggeliat akan kemajuan dan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi, tentu saja mengundang banyak cendikiawan untuk terus bereksplorasi dan berlomba lomba menciptakan teknologi terbaru kian mudah dan praktis. Pada dasrnya komputer yang kita gunakan saat ini, tidak serta merta datang begitu saja, melainkan melalui beberapa tahapan yang kompleks dalam evolusinya.

Kita bisa saja mengingat kembali mengenai sejarah Abacus, ditemukan di Babilonia irak. Sekitar 5000 tahun yang lalu. Sebagai alat manual hitungan yang pertama. Baik bagi kalangan sekolah atau pedagang pada saat itu. Lalu pada tahap selanjutnya, telah banyak ditemukan berbagai jenis alat hitung mekanikal, seperti pascaline, yang ditemukan oleh blaine pascal pada tahun 1642. Arithometer oleh charles xavier thomas  de colmar pada tahun 1820. Babbages folly oleh charles babbage, pada tahun 1822. Dan hollerith, oleh herman hollerith, pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya, tanpa tenaga listrik. Ukuran dan struktur komputernya masih berdasarkan tingkat kerumitan dan pola pengoperasian perhitungan yang dilakukan.

Sampai akhirnya, barulah pada tahun 1940, era komputer elektrik dimulai. Sejak ditemukannya penemuan komputer elektrik yang menerapkan sistem operasi aljabar boolean.

 

  1. TUJUAN

Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memberikan pemahaman konsep kepada pembaca terhadap perkembangan komputer dari generasi ke generasi.

 

  1. RUMUSAN MASALAH

   Berdasarkan gambaran dari latar belakang dan pendahuluan diatas, boleh jadi akan timbul beberapa pertanyaan seperti berikut, yakni :

  1. Bagaimana kronologi perkembangan komputer selengkapnya beserta manfaat diciptakannya beragam jenis komputer dari masa ke masa?

 

 

BAB 2

PEMBAHASAN

 

  1. Pengertian komputer

 

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

 

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata “komputer”, dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.

 

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

 

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

 

  1. Bagian-Bagian Komputer

 

Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

  1. Perangkat Keras

Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data

Memori RAM, tempat menyimpan data sementara

Hard drive, media penyimpanan semi permanen

Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet

Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer

  1. Perangkat Lunak

-Sistem operasi

Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardwarekomputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.

-Program komputer

Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya.

 

  1. Sejarah Perkembangan Komputer

Perkembangan teknologi komputer yang dijabarkan di bawah ini di bagi atas                 empat generasi berdasarkan atas komponen-komponen yang digunakannya, mulai dari yang berukuran “big” hingga mikro yang sejalan juga dengan kerumitan komponennya.

  • Perkembangan Komputer Generasi Pertama (1944-1959)

Komputer generasi pertama berawal dari tahun 1942 hingga tahun 1959. Saat ini merupakan zamannya komputer-komputer raksasa, seperti Z3, Colossus, ENIAC, EDVAC, EDSAC, UNIVAC I.

Karakteristik komputer pada zaman ini ditandai dengan ukurannya yang hampir sebesar kamar tidur, mengunakan tube vakum dengan jumlah yang amat banyak untuk menyimpan dan memproses perintah atau instruksi, memakan tenaga listrik ribuan watt, menggunakan bahasa mesin dan hanya dapat digunakan oleh orang yang terlatih.

Jadi, orang awam tidak akan dapat menggunakannya sehingga komputer jenis ini belum dikomersialisasikan ke khalayak ramai. Hanya perusahaan-perusahaan besar, institusi pendidikan dan instansi pemerintah yang menggunakannya.

Komputer genarasi pertama ini disebut juga sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya orang yang ahli sajalah yang dapat menggunakan komputer ini karena sangat sulit dan daya komputesinya sangatlah lambat.

Ciri-ciri komputer pada generasi pertama adalah sebagai berikut :

  1. Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa (Vacuum Tube)
  2. Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
  3. programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.

 

Komputer generasi pertama memiliki sifat-sifat sebagai berikut :

1)            Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas

2)            Banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas

3)            Prosesnya relatif lambat

4)            Memerlukan Kapasitas untuk menyimpan data kecil.

Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang dibuat oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert tahun 1946.

Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL• Contoh mesin; ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650, ADVAC.

  • Perkembangan Komputer Generasi Kedua

Zaman ini dimulai dengan pemakaian transistor dan dioda sebagai pengganti dari tube vakum sehingga sizenya lebih kecil dibandingkan generasi pendahulunya.

Penemuan lainnya yaitu penggunaan memori inti magnetik yang berfungsi menyimpan data, sehingga lebih cepat dalam pemrosesan data, serta bahasa mesin telah digantikan dengan bahasa assembly (Fortran dan Cobol) yang memudahkan dalam pengoperasiannya. Beberapa contoh komputer pada masa ini, yaitu Stretch, LARC, DEC PDP-8, IBM 1401, IBM 7090 dan IBM 7094.

Komputer generasi kedua ini muncul pada era 1960-1964 dan dulu komputer ini banyak di gunakan di berbagai perusahaan perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang komputer generasi pertama yaitu kira kira seukuran lemari saja. Pada era ini juga manusia telah mengenal printer, memori, disket ataupun sitem operasi.

Ciri ciri komputer generasi kedua adalah sebagai berikut :

1)            Komponen elektronikanya dari Transistor

 

2)            Program dibuat dengan Assembly Language, Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) dan ALGOL

Sifat-sifatnya:

1)            Ukurannya relatif kecil

2)            Tidak banyak mengeluarkan panas

3)            Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk

4)            Mulai mengenal Tele Processing (time sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai komputer secara bersama-sama)

5)            Proses relatif lebih cepat

6)            Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar.

Contoh: komputer pada generasi kedua adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094.

Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC (Control Data Corporation), NCR. Contoh mesin; IBM (IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080, IBM 7094), UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL 400, PDP 1 & 5.

Walaupun komputer ini telah menggunakan transistor yang mana menggantikan fungsi tabung hampa tetapi tetap saja mengeluarkan panas walaupun tidak sebanyak yang di keluarkan oleh komputer generasi

pertama dan itu dapat berpotensi untuk merusak komponen komponen yang ada pada komputer.

Pada generasi ini juga bermunculan banyak programmer, analyst dan ahli di bidang komputer serta juga bermunculan dan mulai berkembang industri piranti lunak atau softwere.

 

  • Perkembangan Komputer Generasi Ketiga

 Era baru komunikasi komputer mulai menapakkan kakinya pada momentum ini. Sebagian besar perusahaan-perusahaan besar menerapkan sistem on-line dengan menggunakan terminal jarak jauh dalam pemakaian komputer.

Teknologi ini tentunya didukung pula oleh kinerja komputer yang semakin baik dari segi penggunaan hardware maupun software. Penemuan baru di bidang hardware dilakoni dengan munculnya IC (Integrated Circuit) dalam komponen komputer.

Karena kelebihannya dalam menyatukan berbagai komponen-komponen dalam suatu chip tunggal sehingga komputer pada saat itu ukuran komputer menjadi semakin kecil tanpa menurunkan kinerja yang dihasilkan, bahkan semakin meningkatkan kinerjanya.

Pada bagian software, teknik-teknik pemrograman jamak (Multi Programming) mulai dikembangkan sehingga makin menambah koleksi berbagai bahasa pemrograman yang ada. Cray-1, UNIVAC 90/30 dan IBM 360adalah beberapa contoh komputer pada generasi ini.

Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an.

Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat manusia mencari solusi lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan

sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

Ciri ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :

  1. Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip
  2. Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
  3. Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan
  4. Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.

 

 

Sifat-sifatnya:

  1. Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua
  2. Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing
  3. Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi
  4. Prosesnya sangat cepat
  5. Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.

Contoh: komputer generasi ketiga adalah Apple II, PC, dan NEC PC.

Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR. Contoh mesin; IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.

Pada era ini juga mulai digunakannya sistem operasi (operation sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim.

 Perkembangan Komputer Generasi Keempat

Seiring dengan lajunya waktu perkembangan komputer sebagai alat pemrosesan data semakin meningkat pesat terutama pada generasi ini. Kecepatannya yang semakin bertambah berbanding terbalik dengan ukurannya yang semakin kecil dengan didukung oleh kemampuan memori yang lebih besar. Harganya pun semakin murah disebabkan oleh karena komponen-komponennya telah diproduksi dan dijual secara massal.

Pada periode ini berbagai IC disatukan menjadi satu kesatuan membentuk komponen yang disebut dengan VLSI (Very Large Scale IC). Penggunaan perangkat lunak yang semakin mudah dan berkembang mulai diterapkan pada komputer-komputer rumahan, seperti word processing dan spreadsheet.Jaringan internet pun makin luas yang dahulunya hanya dinikmati oleh kelompok-kelompok elite kini sudah bisa digunakan juga oleh masyarakat awam.Penggunaan mikroprosessor kini tidak mutlak lagi digunakan hanya pada komputer melainkan sudah diaplikasikan pada produk-produk elektronik lainnya, seperti televisi dan microwave.

Melihat perkembangan dunia komputer yang tingkat pertumbuhannya sangat tinggi mulai dari generasi awal hingga sekarang ini dapat kita prediksikan bagaimana karakteristik komputer pada generasi mendatang. Mungkin saja, komputer nantinya tidak harus terus didikte oleh manusia tetapi ia sudah dapat melakukan segala sesuatunya sendiri. Boleh dikata kemampuannya sudah menyerupai kepandaian manusia. Kemampuan seperti itu (Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelegence) kini aktif diteliti oleh negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat.

Contohnya: PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Core to Duo, Quad Core, Core i3, i5, i7, Ivy bridge (buatan Intel), dan ada juga AMD K6, Athlon dsb. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super.

Perkembangan Komputer Generasi Kelima (Sekarang)

Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.

Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu,kemampuan

dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium 3.

Packard Bell iXtreme 4140i merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processornya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu.

 

BAB 3

PENUTUP

  1. Kesimpulan

 

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasanya, komputer memiliki    beberapa fase sebelum mencapai bentuk yan g canggih seperti sekarang. Yang bertujuan untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaan kantor dan semacamnya dengan aplikasi dan program yang ada didalamnya.

DAFTAR PUSTAKA

 –          id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komputer

teknikmm.blogspot.com/2013/…/sejarah-perkembangan-komputer

http://www.scribd.com

–          Diknas.Kurikulum 2004 Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Budi Permana.2000.Sejarah Komputer.Jakarta : Exel Media Komputindo.

Puji Nugroho.1995.Kumpulan Soal – soal Ujian Negara Lotus.Jakarta : Fauzi,A., Johar Arifin,

dan M. Farikhudin.1999. Sejarah Komputer.Jakarta

 

 

 

sumber

Makalah Sejarah Perkembangan Komputer dari Awal Hingga Saat Ini ( Ariadi’s Duty )

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *